Kuliner di Kepulauan Riau

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kepulauan Riau

Table of Contents

Kepulauan Riau ialah salah satu wilayah yang mempunyai puluhan kuliner menarik di dalamnya. Cita rasa dari tiap kulinernya pula mempunyai bermacam rasa yang istimewa serta terkenal enak di golongan wisatawan.

Kamu pula bisa berangkat main ke bermacam destinasi alam sembari melaksanakan wisata kuliner di wilayah itu. Bermacam menu kuliner dihadirkan serta dicocokkan dengan rasa yang Kamu gemari baik itu pedas, enak, manis, sampai asam.

 

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kepulauan Riau

 

Sebagian hidangan khasnya pula berasal dari ikan yang menghasilkan bukti kalau Kepulauan Riau mempunyai hasil laut yang pantas diperhitungkan. Berikut adalah beberapa Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kepulauan Riau.

 

Mie Miskin

 

Kuliner ini jadi daya tarik tertentu untuk para turis yang penasaran sebab keunikan namanya. Julukan pada kuliner ini terbuat berdasarkan rasanya yang lezat dengan harga jual yang terkategori ekonomis. Bahan penting dari kuliner ini ialah mie kuning yang dilengkapi dengan rempah- rempah khas Riau.

Mie tradisional ini umumnya dihidangkan dengan sebagian bahan pelengkap yang lain semacam telur, cabai, lobak, tauge, dan kecap yang akan menambah keenakan rasanya. Kuliner ini mempunyai rasa pedas dalam kuahnya serta amat sesuai bila dihidangkan kala malam hari atau lagi hujan.

 

Sop Ikan Batam

 

Sesuai dengan namanya, santapan tradisional ini ialah suatu sop dengan aroma yang khas dari Kota Batam. Bahan utama sop ini ialah beberapa irisan dari ikan tenggiri yang dicampur dengan berbagai bumbu pada kuahnya yang bening.

Buat mempercantik bentuk dari santapan ini bisa ditambahkan dengan irisan selada dan tomat di dalamnya. Santapan ini biasa dinikmati dengan nasi atau cuma dimakan begitu saja. Santapan ini pula terkenal bisa mengembalikan tenaga sehabis letih beraktifitas.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Tengah

 

Selais Asap

 

Kuliner tradisional asal Kepulauan Riau yang satu ini mempunyai bahan utama ikan selais yang khas. Ikan selais sendiri cuma hidup di perairan wilayah itu yang dimasak dengan metode pengasapan.

Ikan wajib diasap pada waktu yang lumayan lama sampai kering. Sehabis itu, ikan itu dimasak kembali dengan bumbu khusus yang mempunyai wujud semacam sambal berwarna merah. Umumnya hidangan ini akan ditambahkan dengan beberapa buah petai yang menjadikannya semakin nikmat.

 

Lempeng Sagu

 

Warga setempat kerap menyebut santapan ini“ Pizza Melayu” sebab mempunyai wujud lempengan yang tebal. Bahan utama dari pembuatan santapan tradisional ini ialah kelapa serta sagu yang dibentuk setebal mungkin.

Cemilan ini umumnya disajikan dengan saus pedas yang menambah kenikmatan rasanya. Kamu pula bisa membeli cemilan ini pada sebagian orang dagang yang terdapat di wilayah itu serta dijadikan selaku oleh- oleh dengan rasa istimewa.

 

Abon Tongkol Asap

 

Abon merupakan suatu santapan yang umumnya mempunyai bahan utama daging lembu dengan cara dihaluskan. Tetapi, pada abon khas wilayah ini mempunyai bahan utama ikan tongkol sesuai dengan namanya. Santapan ini mempunyai cara spesial kala memasaknya ialah dengan metode diasap.

Ikan wajib dimasak sampai betul- betul matang sebab akan disimpan buat berhari- hari lamanya. Ikan setelah itu dihaluskan yang esoknya akan berubah jadi abon. Kuliner itu dibungkus dengan apik serta disimpan selaku persediaan santapan.

 

Nasi Lemak

 

Santapan tradisional ini ialah salah satu santapan asal Negeri Malaysia yang terkenal di Riau. Bahan utamanya ialah nasi yang disatukan dengan daun pandan dan kuah santan kala memasaknya.

Nasi itu umumnya disajikan dengan menu tambahan yang lain semacam daging ayam, telur, sambal, ikan teri, dan bermacam jenis lalapan. Nasinya mempunyai rasa khas yang berbeda dengan aroma kelezatan di dalamnya.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kepulauan Bangka Belitung

 

Tepung Gomak

 

Santapan khas berupa cemilan ini umumnya dijadikan buah tangan oleh para turis. Bahan utama dari cemilan tradisional ini ialah kombinasi antara tepung kacang hijau dengan tepung ketan. Kuliner ini pula mempunyai bahan tambahan yang lain semacam kelapa yang sudah diparut, garam, gula merah dan gula pasir.

Kala tidak dapat bertamu ke Kepulauan Riau, Kamu pula bisa memasak cemilan ini di rumah sebab mempunyai cara yang amat simpel. Akan tetapi bila Kamu datang ke wilayah itu akan merasakan aroma khas dari cemilan ini yang ditaburi dengan kacang hijau diluarnya.

 

Cencaluk atau Cincalok

 

Santapan khas dari Kepri yang satu ini mempunyai julukan lain ialah Cincalok. Cencaluk ataupun Cincalok ini ialah suatu santapan tradisional berupa fermentasi yang memakai udang selaku bahan utamanya. Kuliner ini wajib memakai udang- udang kecil saja selaku bahannya.

Cencaluk dimasak dengan bermacam bumbu khas yang membuahkan aroma enak. Sehabis selesai dimasak, Cencaluk setelah itu dihidangkan bersama irisan cabe serta bawang merah supaya lebih lezat. Santapan itu awal mulanya berasal dari Kalimantan tetapi bertumbuh di Riau alhasil jadi kuliner khas wilayah ini.

 

Gulai Ikan Patin

 

Tipe gulai yang satu ini umumnya ada pada sebagian restoran di Indonesia. Kuliner ini amat lezat sebab mempunyai kombinasi antara kuah pekat manis dengan ikan patin yang mempunyai tekstur amat lembut.

Buat metode memasaknya sendiri tergolong lumayan gampang serta bisa dicoba pada wadah apapun. Kamu cuma perlu memasak bumbu gulai semacam pada umumnya dengan penambahan ikan patin selaku bahan utama hidangan itu.

 

Roti Belauk

 

Santapan khas tradisional tidak harus berbentuk lauk pauk yang dipadukan dengan nasi saja, tetapi pula bisa berupa cemilan semacam ini. Roti tradisional ini terbuat dengan bermacam wujud baik itu lonjong atau menyamai kue pastel. Tetapi, bahan serta isiannya amat khas serta berbeda.

Baca  Makanan Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba Semua

Salah satu cemilan tradisional ini mempunyai kombinasi rasa antara asin serta manis. Buat isiannya sendiri, warga senantiasa memakai abon dari ikan yang diiringi dengan sambal pedas. Roti ini amat sesuai kala disajikan di pagi hari yang dipadukan dengan kopi, teh, atau susu.

Demikianlah beberapa Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kepulauan Riau.

 

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *