Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Jambi

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Jambi

Table of Contents

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Jambi – Berwisata kuliner di Jambi pasti tidak akan pernah bosan karena tersedia banyak sekali jenis makanan yang berbeda-beda. Mulai dari gulai, soto, sate, lakso, semuanya ada.

 

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Jambi

 

Berikut adalah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Jambi. Apa saja? Yuk, simak!

 

Gulai Tepek Ikan

 

Tepek ikan adalah makanan khas Jambi yang terbuat dari sagu tani dan ikan gabus atau ikan tenggiri yang direbus kemudian digulai. Nama “tepek” berasal dari bahasa Jambi yang berarti dipipihkan atau ditepek. Awalnya, makanan ini memiliki bentuk yang pipih dan dipotong-potong menjadi jajaran genjang. Teksturnya sangat empuk dan kenyal.

Tentang rasanya, tidak perlu diragukan lagi. Makanan khas Jambi ini memiliki cita rasa lezat karena diolah dengan berbagai rempah pilihan. Gulai tepek biasanya hanya disajikan pada acara-acara tertentu seperti pernikahan, kenduri, acara adat, atau penyambutan tamu. Oleh karena itu, makanan ini tidak tersedia secara umum di warung makan.

 

Tempoyak Ikan Patin

 

Anda mungkin sudah cukup familiar dengan makanan ini, karena merupakan makanan khas Jambi dan daerah-daerah di Sumatera yang berasal dari warisan budaya Melayu. Tempoyak adalah hasil fermentasi dari buah durian. Ya, Jambi memang salah satu daerah penghasil durian.

Di Jambi, ikan patin diolah dengan tempoyak yang dicampur dengan rempah-rempah seperti kunyit, cabai merah, bawang putih, dan bawang merah. Cita rasanya segar dan nikmat, dengan perpaduan rasa pedas, manis, dan asam yang harmonis.

 

Nasi Gemuk

 

Seperti halnya Jakarta memiliki nasi uduk, Jambi memiliki nasi gemuk. Memasak nasi gemuk cukup mudah, yakni dengan mencampur beras dengan santan, daun salam, daun jeruk, dan daun pandan agar rasanya gurih dan lezat. Saat disajikan, piring nasi gemuk disertai dengan teri goreng, kacang tanah goreng, dan tempe orek. Kadang-kadang juga ditambahkan irisan telur dadar, telur mata sapi, atau telur rebus. Untuk menambah cita rasa, nasi gemuk biasanya disajikan dengan emping melinjo. Makanan khas Jambi ini umumnya hanya tersedia di pagi hari sebagai menu sarapan sebelum memulai aktivitas sehari-hari.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sulawesi Barat

 

Kerutup Ikan

 

Bagi para pecinta masakan berbahan dasar ikan, kamu wajib mencoba kerutup ikan, hidangan khas Jambi. Bahan utama makanan ini adalah ikan air tawar seperti ikan nila, ikan mas, atau bisa menggunakan jenis ikan sesuai selera.

Ikan tersebut dicampur dengan rempah-rempah segar yang dihaluskan, lalu dibungkus dengan daun pisang. Hidangan ini dinamakan kerutup ikan karena saat menggoreng ikan yang dibungkus dengan daun pisang, terdengar suara bunyi berdetasan. Nama “kerutup” berasal dari bunyi seperti daun basah yang terbakar.

 

Gulai Talang

 

Meskipun tidak sepopuler makanan khas Jambi lainnya, gulai talang tetap lezat, lho! Hidangan ini menggunakan daging bebek atau daging ayam sebagai bahan utamanya. Berbeda dengan gulai lainnya, gulai talang tidak mengandung santan dalam proses pengolahannya.

Bumbu-bumbu yang digunakan cukup sederhana dan umum ditemukan di dapur, seperti bawang putih, bawang merah, cabai rawit hijau, kunyit, jahe, ketumbar, dan garam. Karena tanpa santan, kuahnya berwarna kuning kecokelatan. Gulai talang sangat nikmat disantap bersama nasi putih hangat.

 

Rendang Cempedak

 

Rendang cempedak adalah hidangan khas Jambi yang berasal dari Kabupaten Kerinci. Daerah ini terkenal sebagai penghasil buah cempedak. Jika di Padang terdapat rendang sapi, di Jambi cempedak diolah menjadi rendang. Bumbu yang digunakan hampir sama dengan rendang pada umumnya, hanya waktu memasaknya lebih singkat.

Beberapa keluarga di Jambi memasak rendang cempedak dengan kayu bakar agar menghasilkan rasa yang lebih enak dan aroma khas. Rendang cempedak bisa menjadi alternatif bagi vegetarian atau mereka yang tidak mengonsumsi daging.

 

Lakso Jambi

 

Lakso adalah hidangan warisan Melayu yang dapat ditemukan di Jambi dan beberapa daerah di Sumatera. Lakso mirip dengan mi yang terbuat dari tepung sagu. Terdapat dua jenis lakso yang populer di Jambi, yaitu lakso kuah kunyit dan lakso goreng yang dimasak seperti mi goreng.

Baca  Objek wisata yang ada di Kepahiang, Bengkulu

Tekstur lakso yang tebal dan lembut, disajikan dengan kuah berempah dan taburan bawang goreng, sangat nikmat di lidah.

 

Demikianlah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Jambi. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *