Bali Butterfly Park

Keseruan berwisata di Taman Kupu-kupu Tabanan, Bali

Table of Contents

Di Tabanan terdapat sebuah taman Kupu-kupu yang bisa memberikan kesempatan bagi kamu pecinta serangga yang memiliki sayap bercorak indah ini untuk berada lebih dekat dengannya dan mengenalnya secara lebih detail.

Tempat wisata taman kupu-kupu tersebut memiliki nama “Bali Butterfly Park, taman kupu-kupu ini memiliki luas sekitar 1 hektar, terdiri dari lahan parkir, restoran, museum kupu-kupu, dan taman yang dikelilingi oleh jaring, sehingga kupu-kupu yang ada disana tidak bisa keluar dari Bali Butterfly Park ini.

Taman kupu-kupu ini juga dipenuhi oleh taman bunga yang dimana merupakan habitat asli bagi kupu-kupu. Hal tersebut karena kupu-kupu merupakan pelengkap proses pembuahan bunga tersebut dan mereka hidup saling berketergantungan.

Kehidupan seekor kupu-kupu sangat bergantung dengan persediaan tumbuh-tumbuhan di sekitarnya sebagai sumber makanan dan menjadi pelindung bagi kupu-kupu, baik sejak menjadi larva hingga menjadi kupu-kupu dewasa.

Jika kamu sudah memiliki rencana untuk berlibur ke Pulau Bali, tidak ada salahnya jika kamu mampir mengunjungi taman kupu-kupu Tabanan ini, disana kamu akan mendapatkan pengalaman berlibur yang sangat unik, taman kupu-kupu ini sangat cocok menjadi objek wisata edukasi untuk anak-anak bisa menambah pengalaman.

Gunakan lah kendaraan pribadi untuk mengunjungi tempat ini, karena bisa langsung kamu lanjutkan menuju tempat wisata lainnya yang memiliki lokasi berdekatan dengan taman kupu-kupu ini seperti Desa Wisata Jatiluwih dan Air Panas Angseri.

 

Taman Kupu-Kupu Tabanan (Bali Butterfly Park)

Taman kupu-kupu tabanan

Bali Butterfly Park ini memiliki koleksi yang cukup lengkap. Taman kupu-kupu berlokasi di Jalan raya Batukaru, Desa Wanasari, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali. Hanya berjarak sekitar 7 km ke arah utara dari pusat kota Tabanan. Dari Kota Denpasar kamu akan melakukan perjalanan menuju pusat Kota Tabanan, lalu menuju ke arah Desa Penebel atau arah menuju ke Desa Wisata Jatiluwih.

Baca  Menikmati keindahan panorama bawah laut milik Pulau Menjangan, Bali

Pada saat memasuki taman kupu-kupu ini, kamu akan disambut oleh indahnya taman yang dipenuhi oleh kupu-kupu yang beterbangan kesana kemari dan ada juga yang bertengger di beberapa bunga yang mekar di dalam taman tersebut. Disana kamu bisa menyaksikan dengan leluasa dan tentunya dari dekat serangga yang memiliki sayap bercorak indah.

Selain kupu-kupu, di sana kamu bisa menemukan beberapa koleksi serangga lainnya seperti kumbang macan, kalajengking, belalang daun, tarantula, dan banyak lagi jenis serangga lainnya. Selain itu kamu bisa menambah wawasanmu mengenai serangga-serangga tersebut.

Beraneka warna-warni taman yang ditumbuhi bunga dan kupu-kupu yang mewarnai tempat wisata ini. Salah satu jenis kupu-kupu yang terkenal adalah kupu-kupu sayap burung sorga yang memiliki nama latin Omithoptera Paradisea. Kupu-kupu jenis ini bisa kamu temukan di taman kupu-kupu ini.

kupu-kupu

Di taman kupu-kupu ini kamu juga dapat menyaksikan proses perkembangbiakan kupu-kupu, yang mulai dari ulat, menjadi kepompong hingga menjadi kupu-kupu dewasa.

Kamu bisa berada lebih dekat dengan hewan cantik ini, menyentuhnya, bahkan kamu bisa berfoto dengan kupu-kupu tersebut, membiarkannya hingga di bagian tubuh mana pun.

Kamu juga bisa meminta informasi tentang berbagai macam jenis kupu-kupu yang ada disana kepada pihak pengelola yang ada disana, maka petugas yang bertugas akan senantiasa memberi informasi tentang kupu-kupu tersebut kepadamu.

Puas dengan berkeliling taman kupu-kupu, selanjutnya kamu bisa mengunjungi museum yang ada di kawasan Bali Butterfly Park ini. Museum tersebut memiliki koleksi berbagai macam serangga seperti kupu-kupu, kalajengking, kumbang, dan lain-lain yang sudah diawetkan dan sudah tertata dengan rapi.

Di taman kupu-kupu ini juga tersedia berbagai macam souvenir atau oleh-oleh seperti gantungan kunci berbentuk kupu-kupu, sayap kupu-kupu, bingkai dan lukisan. Setelah kamu puas, kamu bisa menuju restoran yang ada disana, kamu bisa menyantap beberapa makanan yang disajikan di sana.

Baca  Keren! Ini dia 10 Gunung tertinggi yang ada di Pulau Bali!

Objek wisata Bali Butterfly Park buka pada pukul 08.00 pagi. Cukup ramai yang mengunjungi taman kupu-kupu ini setiap harinya. Pada hari biasa didominasi oleh wisatawan mancanegara yang membawa anak-anaknya untuk mengenal beberapa jenis kupu-kupu. Pada musim liburan sekolah juga cukup banyak dikunjungi oleh sekolah yang berada di luar Pulau Bali.

 

Objek Wisata Sekitar Taman Kupu-Kupu Bali

Jika kamu memilih tempat wisata kupu-kupu ini sebagai destinasi wisata tujuan kamu, maka sebaiknya merencanakan tempat wisata tujuan selanjutnya yang lokasinya berdekatan dengan Bali Butterfly Park ini, bahkan lebih bagus jika searah. Hal tersebut agar kamu bisa mengefisienkan waktu dan memanfaatkan waktu untuk di tempat wisata, bukan di jalan. Beberapa tempat wisata yang berdekatan dengan Bali Butterfly Park adalah Wisata Air Panas di Kabupaten Buleleng, Desa Wisata Jatiluwih, Air Panas Angseri, dan beberapa tempat wisata lainnya. Kamu juga bisa mengunjungi objek wisata yang ada di daerah Bedugul, Tabanan, Bali. Seperti Kebun Raya Bedugul Bali, Wisata Danau Beratan, dan beberapa objek wisata lainnya.

 

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *