Destinasi wisata di Maybrat

Destinasi wisata terpopuler yang ada di Maybrat, Papua Barat Daya

Table of Contents

Papua Barat Daya merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Papua bagian barat. Provinsi Papua Barat Daya beribukota di Kota Sorong. Provinsi Papua Barat Daya merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Papua Barat. Walau memiliki nama Papua Barat Daya, nyatanya Provinsi Papua Barat Daya ini terletak di ujung barat laut Papua. Provinsi Papua Barat Daya memiliki beberapa wilayah yang kaya akan pesona alam yang sangat indah dan budaya unik yang sangat beragam, salah satu wilayah tersebut adalah Maybrat. Maybrat adalah salah satu kabupaten yang terletak di Papua Barat Daya. Kabupaten Maybrat merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Sorong. Kabupaten Maybrat ini sangat kaya akan tempat wisata alam yang sangat menakjubkan dan sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai macam tempat wisata di Maybrat.

 

Destinasi wisata terpopuler yang ada di Maybrat, Papua Barat Daya

 

Jika kamu memiliki rencana untuk menjalankan liburan di kawasan timur Indonesia, khususnya pulau Papua, kamu bisa mencoba untuk mengunjungi Kabupaten Maybrat, di sana kamu bisa menikmati keindahan alamnya yang sangat mempesona dan menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata terpopuler yang ada di Maybrat, Papua Barat Daya.

 

Danau Uter

Danau Uter

Danau Uter adalah sebuah danau yang bisa kamu jadikan sebagai tujuan destinasi wisata ketika sedang berada di Maybrat. Danau Uter ini terletak di Desa Korom, Distrik Aitinyo, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya. Danau yang satu ini terletak di kawasan Pegunungan dan lembah. Kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan transportasi udara dari bandara Kambuaya selama kurang lebih 60 menit untuk bisa sampai ke destinasi wisata yang satu ini. Untuk bisa sampai ke Danau Uter ini, kamu akan melewati perkebunan penduduk dan juga melewati beberapa lembah. Danau Uter memiliki air yang sangat jernih. Ketika dilihat dari kejauhan, Danau Uter memiliki air yang berwarna biru langit dan terlihat sangat mempesona. Danau Uter memiliki suasana yang sangat asri dan sejuk karena terdapat rangkaian pepohonan yang tumbuh rimbun disekitar Danau Uter. Kamu juga akan menemukan sederet pegunungan kapur di sekitar Danau yang semakin membuat pemandangan Danau Uter semakin eksotis. Warga setempat memiliki slogan untuk mengajak masyarakat dan juga para wisatawan menjaga kelestarian Danau Uter. Namun sayangnya danau ini masih belum dikelola oleh pemerintah, sehingga masih minum fasilitas umum yang tersedia di sekitar Danau Uter, seperti MCK, penginapan, cafetaria, maupun tempat ibadah.

Baca  Rekomendasi Wisata Yang Bisa Kamu Kunjungi Di Boven Digoel, Papua Selatan

 

Danau Ayamaru

Danau Ayamaru

Selain Danau Uter, di Kabupaten Maybrat, kamu juga bisa mengunjungi Danau Ayamaru. Danau Ayamaru merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Framu, Distrik Ayamaru, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya. Danau Ayamaru berjenis danau karst, yakni danau yang terbentuk karena terjadinya pelarutan pegunungan kapur. Nama Danau Ayamaru ini berasal dari dua kata, yakni Aya dan Maru. Aya memiliki arti air dan Maru memiliki arti Danau. Di destinasi wisata yang satu ini, kamu akan menemukan sebuah pemandangan 3 buah sungai kecil, yakni Yate, Semitu, dan Jaw. Tiga sungai ini menciptakan sebuah kaskade yang saat ini dikenal dengan sebutan Danau Ayamaru. Danau Ayamaru ini memiliki luas sekitar 980 hektar. Danau Ayamaru ini dipercaya sebagai danau tempat tinggal nenek moyang suku Maybrat. Walau danau ini termasuk danau yang sakral, para wisatawan tetap diizinkan untuk melakukan beberapa aktivitas seperti berfoto-foto dan bermain air di Danau Ayamaru ini. Untuk sampai ke danau ini, kamu akan melewati akses jalan yang sudah cukup mudah, sehingga bisa dilintasi oleh kendaraan pribadi, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Di Danau Ayamaru ini terdapat fauna endemik, yakni ikan pelangi atau Irian Rainbow Fish. Ikan pelangi merupakan salah satu satwa langka di Indonesia. Jika beruntung, kamu bisa menemukan ikan pelangi ini di Danau Ayamaru. Selain Ikan Pelangi, kamu juga bisa menemukan satwa endemik lainnya, seperti ikan mas dan ikan gabus Toraja yang hidup dan berkembang biak di dalam Danau Ayamaru ini.

 

Goa Mare

Goa Mare

Goa Mare merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi ketika sedang berada di Maybrat. Goa Mare ini terletak di Distrik Mare, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya. Goa Alam Mare ini terletak di tengah kawasan hutan yang memiliki pepohonan yang cukup rimbun sehingga membuat suasana di sekitar Goa Mare ini menjadi terasa asri. Untuk sampai ke Goa ini, kamu harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Ketika melakukan perjalanan, kamu harus selalu berhati-hati karena jalan setapak ini memiliki medan yang cukup menantang. Sebagian besar wisatawan yang mengunjungi Goa Mere merupakan seorang peneliti yang datang dengan tujuan untuk melakukan penelitian tentang alam Maybrat. Tercatat sudah beberapa kali dilakukan sebuah penelitian di Goa Mare ini.

Baca  Gunung Tertinggi yang wajib kamu jelajahi di Sulawesi Barat

 

Gunung Petik Bintang

Gunung Petik Bintang

Gunung Petik Bintang merupakan salah satu gunung yang bisa kamu jelajahi ketika berada di Maybrat. Gunung Petik Bintang merupakan sebuah gunung yang terletak di Desa Ayawasi, Distrik Aifat Utara, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya. Di Gunung ini, kamu bisa menikmati keindahan alam Maybrat dari atas ketinggian. Gunung ini memiliki nama Gunung Petik Bintang karena sebuah pengalaman wisata para wisatawan yang pernah mengunjungi Gunung Petik Bintang ini. Para wisatawan yang datang mengunjungi gunung ini, mayoritas dari mereka akan berlama-lama di atas gunung untuk menyaksikan indahnya langit malam Kabupaten Maybrat yang dihiasi oleh banyak Bintang. Jadi selain menikmati indahnya pemandangan kota dari sebuah ketinggian, kamu bisa menikmati keindahan bintang-bintang yang nampak berkilau di tengah langit malam. Karena tingginya gunung ini, para wisatawan akan merasakan sensasi yang lebih dekat dan merasa bisa memetik bintang-bintang di langit. Selain menikmati indahnya pemandangan di malam hari, di Gunung Petik Bintang ini kamu bisa menikmati indahnya panorama langit senja yang menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang sangat menawan.

 

Demikianlah Destinasi wisata terpopuler yang ada di Maybrat, Papua Barat Daya. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata di atas?

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *