Gunung Tertinggi yang wajib kamu jelajahi di Sulawesi Barat

Gunung Tertinggi yang wajib kamu jelajahi di Sulawesi Barat

Table of Contents

Sulawesi Barat adalah salah satu provinsi yang terletak di kawasan timur negara Indonesia yang tepatnya berada di bagian sebelah barat Pulau Sulawesi. Provinsi Sulawesi Barat ini dulunya merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Selatan hingga sampai tahun 2004. Provinsi Sulawesi Barat ini berada di Kaupaten Mamuju.

Provinsi Sulawesi Barat ini terbentuk dari hasil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan. Provinsi Sulawesi Barat ini berdiri pada tanggal 16 Oktober 2004. Provinsi Sulawesi Barat ini memiliki kekayaan alam yang sangat beragam. Berbagai macam objek wisata alam bisa kamu jelajahi di Provinsi Sulawesi Barat. Salah satu jenis wisata alam yang populer di Provinsi Sulawesi Barat adalah Gunung.

 

Gunung Tertinggi yang wajib kamu jelajahi di Sulawesi Barat

 

Gunung merupakan bagian dari bumi yang memiliki ukuran lebih tinggi dari daerah sekitarnya. Pada gunung biasanya terdapat sisi curam yang menyingkap batuan dasarnya secara signifikan. Gunung berbeda dengan dataran tinggi, hal tersebut terjadi karena gunung memiliki kawasan puncak yang terbatas. Gunung memiliki ukuran yang lebih besar daripada sebuah bukit, umumnya memiliki ketinggian minimal sekitar 300 meter atau 1.000 kaki dari atas tanah yang ada di sekitarnya. Ada beberapa gunung yang memiliki puncak sendiri dan ada juga gunung yang merupakan bagian dari barisan pegunungan.

Sulawesi Barat memiliki beberapa gunung yang sangat menarik untuk dijelajahi. Berikut adalah deretan Gunung Tertinggi yang wajib kamu jelajahi di Sulawesi Barat.

 

Gunung Gandangdewata

 

Gunung Gandangdewata adalah salah satu gunung yang terletak di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Gunung ini adalah salah satu gunung tertinggi yang berada di kawasan area Pegunungan Quarlesi dan menjadi gunung tertinggi nomor dua di Pulau Sulawesi setelah Gunung Latimojong (3.478 mdpl). Gunung ini memiliki ketinggian sekitar kurang lebih mencapai 3.037 mdpl dan menjadi kawasan tangkapan air terluas yang ada di Provinsi Sulawesi Barat.

Baca  Objek wisata yang ada di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara

 

Gunung Pelatang

 

Gunung Pelatang merupakan sebuah gunung yang terdapat di Kinatang, Kecamatan Bonehau, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua di Provinsi Sulawesi Barat. Gunung Pelatang ini memiliki ketinggian sekitar kurang lebih mencapai 2.925 mdpl. Gunung ini sangat cocok kamu taklukkan. Kamu akan menemukan panorama alam yang sangat indah ketika sudah sampai di puncak Gunung Pelatang ini.

 

Gunung Mambuliling

 

Gunung Mambuliling adalah salah satu objek wisata alam yang wajib kamu kunjungi ketika sedang berada di Mamasa. Gunung Mambuliling ini terletak di kawasan sebelah timur Kota Mamasa dan juga menjadi salah satu gunung tertinggi yang ada di kawasan tersebut. Gunung Mambuliling ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 2.741 mdpl. Sesuai dengan namanya, Gunung Mambuliling ini terletak di Desa Mambuliling, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat. Untuk sampai ke Gunung Mambuliling, kamu akan menempuh jarak kurang lebih sekitar 77 kilometer atau menghabiskan waktu sekitar 2,5 jam dari Kota Mamasa.

 

Gunung Tonggo

 

Kabupaten Mamasa memang tidak ada habisnya mengenai keindahan potensi wisata alam yang ada di sana. Tak hanya memiliki keragaman budaya dan adat istiadat yang cukup unik, Kabupaten Mamasa juga memiliki kekayaan alam yang sangat indah dan menakjubkan, salah satu contohnya adalah gunung. Di Kabupaten Mamasa ini, selain menemukan Gunung Gandangdewata dan Gunung Mambuliling, kamu juga bisa mengunjungi Gunung Tonggo. Gunung Tonggo adalah salah satu objek wisata alam yang wajib kamu kunjungi ketika sedang berada di Mamasa. Gunung Tonggo ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 2.710 mdpl.

 

Gunung Tapeanlima

 

Gunung Tapeanlima merupakan salah satu objek wisata alam yang bisa kamu kunjungi di Kabupaten Mamuju. Gunung Tapeanlima ini terletak di Desa Karataun, Kecamatan Kalumpang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Gunung Tapeanlima ini memiliki ketinggian kurang lebih mencapai sekitar 2.670 mdpl. Gunung ini sangat cocok dikunjungi oleh kamu yang memiliki hobi mendaki. Di Gunung Tapeanlima ini kamu bisa menemukan berbagai keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Baca  Rekomendasi objek wisata di Maros, Sulawesi Selatan

 

Demikianlah deretan Gunung Tertinggi yang wajib kamu jelajahi di Sulawesi Barat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *