Destinasi wisata yang terdapat di Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan

Destinasi wisata yang terdapat di Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan

Table of Contents

Destinasi wisata yang terdapat di Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan – Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Jambi. Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Palembang. Provinsi Sumatera Selatan memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Ogan Komering Ulu. Ogan Komering Ulu merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ulu berada di Baturaja.  Kabupaten Ogan Komering Ulu ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Ogan Komering Ulu.

 

Destinasi wisata yang terdapat di Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata yang terdapat di Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

 

Batu Berputar

 

Kawasan wisata yang kaya akan cerita nenek moyang ini merupakan tujuan wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi desa Batu Raja Buangin di Kecamatan Bunga Mayang. Konon, ada batu yang jatuh dari langit dan mampu memancarkan cahaya yang sangat terang. Bahkan, jika ada batu yang berputar ke arah yang berlawanan, batu tersebut dapat mengeluarkan api yang cahayanya sangat terang.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Bengkulu Tengah, Bengkulu

Wisatawan dari berbagai daerah sudah mengunjungi Batu Berputar karena keunikan dan cerita legenda yang membuat banyak orang penasaran.

Lokasi: Desa Batu Raja Buangin, Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Water Boom Kartika

 

Selain wisata alam, di Kabupaten OKU juga terdapat wisata buatan yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Water Boom Kartika. Wahana wisata air ini terdiri dari area wisata anak-anak yang dilengkapi dengan perosotan. Juga terdapat kolam dewasa yang bisa digunakan untuk berenang.

Terdapat juga fasilitas air lainnya khas Destinasi wisata water boom, seperti guyuran air dari tong besar dan papan seluncur panjang. Tempat ini sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga pada waktu liburan maupun akhir pekan.

Lokasi: BK.9, Kecamatan Belitang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Bukit Mencar

 

Bukit Mencar merupakan salah satu Destinasi wisata alam yang memiliki sumber air langsung dari bukit, sehingga tidak mengherankan jika banyak wisatawan yang sering mengunjungi Bukit Mencar.

Airnya sangat segar dan udaranya sejuk, sangat cocok bagi pengunjung yang ingin sejenak terlepas dari rutinitas yang membosankan. Jika Anda ingin menikmati kesejukan air yang langsung mengalir dari sumber alami, Anda dapat langsung menuju Dusun Bukit Batu, Desa Medah, Kecamatan Jayapura.

Lokasi: Dusun VI Bukit Batu, Desa Medah, Kecamatan Jayapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Makam Pangeran Peranpati

 

Makam Pangeran Peranpati adalah Destinasi wisata yang dianggap keramat oleh masyarakat Kabupaten OKU. Hal ini disebabkan karena Pangeran Peranpati dianggap sebagai sosok yang memiliki kesaktian yang tak terkalahkan. Terletak di Desa Muncak Kabau, Kecamatan BP Bangsa Raja, Destinasi wisata ini memiliki keunikan karena terdapat batu yang terbuat dari dodol di area pemakaman Pangeran Peranpati.

Baca  Tempat wisata yang terdapat di Bireuen, Aceh

Lokasi: Desa Muncak Kabau, Kecamatan BP Bangsa Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Makam Ratu Bagus Baginda Ali

 

Ratu Bagus Baginda Ali adalah putra mahkota Lampung Way Kanan yang membuka peradaban di Desa Tanjung Raya sekitar tahun 1800. Makam Ratu Bagus Baginda Ali menjadi tujuan wisata religi yang terkenal dan banyak dikunjungi. Tempat makam Ratu Bagus Baginda Ali berada di Desa Tanjung Raya, desa tertua yang ada di Kabupaten OKU.

Lokasi: Desa Tanjung Raya, Kecamatan Belitang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Tugu Kota Terpadu Mandiri Belitang

 

Tugu Kota Terpadu Mandiri Belitang merupakan salah satu tempat terbaik untuk berswafoto dan sangat ikonik. Bagi masyarakat OKU, melewati tempat ini menjadi hal yang sering dilakukan, tetapi bagi wisatawan, hal ini menjadi pengalaman yang menyenangkan terutama karena mereka dapat mengabadikan momen di Tugu Kota Terpadu Mandiri Belitang ini. Sambil menikmati matahari terbenam dan keindahan alam sore di Belitang, pengunjung dapat merasakan atmosfer yang berbeda dan menarik dari tempat ini.

Lokasi: Jl. Raya Gumawang, Gumawang, Kecamatan Belitang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Sungai Komering

 

Seperti di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir yang dilalui oleh beberapa sungai, Kabupaten Ogan Komering Ulu juga memiliki Sungai Komering. Menikmati keindahan matahari terbenam di Sungai Komering sambil naik perahu motor atau kayu memberikan rasa kedamaian yang luar biasa. Para wisatawan dapat menyewa perahu dari para nelayan yang beroperasi di sekitar Sungai Komering.

Selain itu, pengunjung juga dapat memancing di Sungai Komering, baik dari perahu maupun dari tepi sungai. Pada malam hari, cahaya gemerlap dari Kabupaten Ogan Komering Ulu akan menambah ketenangan hati saat menjelajahi Sungai Komering.

Baca  Wisata sejarah paling populer di Makassar dan sekitarnya

Lokasi: Sungai Komering, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Demikianlah Destinasi wisata yang terdapat di Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

 

 

 

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *