destinasi wisata di Landak

Destinasi wisata yang terdapat di Landak, Kalimantan Barat

Table of Contents

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian barat Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Barat ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Pontianak. Provinsi Kalimantan Barat memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Landak. Landak merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota Kabupaten Landak berada di Kecamatan Ngabang. Kabupaten Landak ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Landak.

 

Destinasi wisata yang terdapat di Landak, Kalimantan Barat

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Kalimantan dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Landak, Kalimantan Barat. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata yang terdapat di Landak, Kalimantan Barat.

 

Air terjun Melanggar

 

Lokasi wisata ini terdapat di Desa Merayuh, Kecamatan Air Besar. Air terjun ini berasal dari sungai Landak yang patah dampak alam. Dengan cara natural, bebatuan yang terdapat di sungai ini terjadi perpindahan. Setelah itu lama kelamaan jadi beralih lalu alhasil terjadilah air terjun ini. Besar air terjun ini dapat menggapai masih 60 m dengan luas lebih dari 60 m.

Air terjun ini mengucurkan pesona alam yang begitu luar biasa. Kamu bisa menikmati beraneka ragam keelokan dari bagian mana saja. Nikmati moment kebersamaan dengan kawan serta keluarga di alam yang terbuka ini sembari menikmati bekal yang telah Kamu sediakan. Janganlah lupa abadikan tiap moment dengan gambar serta video.

Baca  Tempat wisata terindah yang ada di Balikpapan, Kalimantan Timur

Lokasi: Desa Merayuh, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Air terjun Rombo Katio

 

Lokasi wisata Landak ini masih dengan pusat kota, ialah Ngabang. Kamu cuma memerlukan 15 menit buat dapat hingga ke lokasi. Tidak hanya memakai alat transportasi individu, Kamu pula dapat naik ojek ataupun naik alat transportasi biasa yang lain. Lokasinya yang amat masih dengan kota tidak menghasilkan destinasi wisata ini panas serta padat. Malah di tempat ini Kamu bisa melihat keelokan alam yang elok serta menawan.

Ada kolam kecil di dekat air terjun yang dapat dipakai buat berendam. Warga masih beriktikad kalau air terjun ini dapat dijadikan pengobatan kesehatan yang fantastis. Lumayan berendam sebagian menit serta melenyapkan seluruh capek sehingga sehabis itu tubuh akan terasa lebih fresh serta segar. Kamu tidak butuh melunasi mahal buat masuk ke lokasi wisata ini sebab bayaran masuknya amat terjangkau.

Lokasi: Desa Hilir Tengah, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Goa Tangandu

 

Terdapat di Desa Engkangin, Kecamatan Air Besar. Destinasi wisata yang satu mempunyai karakteristik yang tidak sering ditemui dalam bermacam terowongan dalam biasanya. Alasannya, terowongan ini mempunyai pintu lurus serta terdapat air terjunnya. Sangat, pemandangan yang amat sangat jarang. Buat bisa masuk ke lokasi wisata ini Kamu wajib memakai ikatan jauh yang diikat semacam seperti rafling. Buat itu hendaknya Kamu mengajak pembimbing wisata supaya konsisten dapat menikmati terowongan yang bagus ini tanpa khawatir tersesat ataupun tidak dapat balik lagi.

Banyak perihal yang dapat dicoba dalam gua ini, salah satunya ialah mandi ataupun berenang. Kamu pula bisa mendokumentasikan seluruh kegiatan di terowongan ini dengan kamera yang canggih supaya pencerahan bisa terpelihara dengan bagus. Alam yang terbuka sesungguhnya membagikan sinar yang cocok bila pengumpulan sketsanya dapat cocok dengan momentnya. Cuma saja tidak seluruh orang dapat mengutip lukisan dengan metode yang bagus.

Baca  Destinasi wisata yang terdapat di Katingan, Kalimantan Tengah

Lokasi: Desa Engkangin, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Makam Raja Landak

 

Destinasi wisata yang satu ini terdapat di Desa Mungguk, Kecamatan Ngabang. Lokasi wisata yang satu ini mempunyai narasi sejarah yang amat panjang. Dulu, kerajaan Landak berdiri tahun 1292 dengan menganut agama Hindu. Gelar raja dalam era itu diucap dengan Ratu Sang Nata Pulang Pali. Sepanjang 7 generasi lalu kemudian dalam tahun 1472 sampai Indonesia merdeka berganti jadi kerajaan Islam. Untuk itu gelar raja berganti jadi Raden.

Lokasi: Jalan Pangeran, Desa Raja, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Bukit Terinting

 

Untuk Kamu yang senang naik gunung, destinasi wisata Bukit Terinting akan amat sesuai jadi salah satu misi pendakian. Ada dalam ketinggian 500 mdpl, Kamu akan disajikan dengan hawa dingin serta panorama alam yang begitu luar biasa. Tidak tertinggal suara berbagai macam binatang buas akan terdengar merdu serta menenangkan.

Lokasi wisata ini terdapat di Desa Enkangin, Kecamatan Air Besar. Memerlukan waktu masih 6 jam dengan berjalan kaki buat dapat hingga ke lokasi. Buat itu Kamu memerlukan mempunyai energi yang prima supaya bisa menaklukkan Bukit Terinting yang bagus ini. Bila mau melepas letih sejenak silakan saja singgah ke Air terjun Terinting untuk membilas wajah ataupun cuma hanya melepas letih.

Lokasi: Desa Sempatung Lawek, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Bukit Batu Pakumbang

 

Terdapat di Desa Pakumbang, Kecamatan Sompak. Lokasi wisata yang satu ini amat sesuai dijadikan zona memanjat menaiki tebing. Konturnya yang amat curam serta tingkatan kesusahan yang lumayan susah akan memicu kecepatan adrenalin Kamu. Mempunyai tumbuhan yang begitu rimbun, besar serta kokoh. Pada saat hujan pasti lokasi bukit ini akan terasa lebih licin serta kira- kira sulit buat melaksanakan pendakian.

Baca  Objek wisata terindah yang ada di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur

Untuk Kamu yang senang dengan olah badan panjat tebing pasti akan lebih tertantang bila melaksanakan pendakian dalam dikala hujan. Janganlah lupa membawa bekal yang lumayan serta sediakan energi yang kokoh. Membujuk kawan serta keluarga buat menikmati alam Bukit Batu Pakumbang ini.

Lokasi: Desa Pakumbang, Kecamatan Sompak, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Makam Juang Mandor

 

Sebuah saksi sejarah yang mendeskripsikan kekejaman Jepang dalam era kolonialisme. Terdapat di Desa Simpang Kasturi, Kecamatan Mandor. Lokasi wisata ini membagikan ingatan sekalian pelajaran yang amat bernilai. Bagi sejarah, dulu masyarakat kota ini dibantai dengan cara kejam dengan menghabisi lebih dari 20. 000 jiwa. Jepang mau mendidik anak umur 12 tahun ke bawah dengan pendidikan versi Jepang alhasil sisanya harus mati supaya tidak menghalangi. Untuk Jepang, umur dibawah 12 tahun masih gampang diberikan pendidikan dengan metode apapun.

Untuk mengenang insiden itu maka masih pemakaman dibentuk suatu monumen yang bertuliskan relief pembantaian itu. Insiden yang amat seram itu tampak nyata dalam relief yang terdapat dalam dinding monumen. Sangat sebuah pelajaran yang amat bernilai kalau Indonesia saat ini telah merdeka serta seharusnya selaku generasi muda terus maju serta berjuang tanpa tahu letih.

Lokasi: Simpang Kasturi, Desa Mandor, Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Demikianlah Destinasi wisata yang terdapat di Landak, Kalimantan Barat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *