Destinasi wisata di Tabalong

Destinasi wisata yang ada di Tabalong, Kalimantan Selatan

Table of Contents

Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian Selatan Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Selatan ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Banjarbaru. Provinsi Kalimantan Selatan memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Tabalong. Tabalong merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan. Ibu kota Kabupaten Tabalong berada di Kecamatan Tanjung. Kabupaten Tabalong ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Tabalong.

 

Destinasi wisata yang ada di Tabalong, Kalimantan Selatan

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Kalimantan dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Tabalong, Kalimantan Selatan. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata yang ada di Tabalong, Kalimantan Selatan.

 

Air terjun Riam Mambanin

 

Pesona alam Tabalong yang terdapat dalam air terjun mambanin harus kalian datangi, air terjun yang terdapat di desa marindi, kecamatan Haruai mempunyai pemandangan alam yang amat bagus. Di bagian air terjun masih rindang dengan indahnya pepohonan yang hijau, wisata ini sesuai buat kalian yang mau melancong dengan rancangan alam terbuka. Jarak tempuh dari ibukota tanjung ke Air Terjun Riam Mambanin merupakan sekitar 45 kilometer, jadi jika terdapat konsep ke mari sediakan bekal yang lumayan serta prepare yang bagus. Cek pula situasi alat transportasi yang dipakai.

Baca  Destinasi wisata terindah yang ada di Sijunjung, Sumatera Barat

Daya tarik penting yang menarik terdapat dalam batu- batu yang membuat riam- riam kecil yang dialiri air yang amat bersih serta bening. Konsisten berjaga- jaga sebab wisata ini masih terdapat di alam terbuka yang rindang oleh pepohonan.

Lokasi: Desa Marindi, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Goa Liang Tapah

 

Masih dengan gradasi alam yang fresh, destinasi selanjutnya merupakan Goa Liang Tapah. Lokasinya yang terdapat di desa Garagata, kecamatan jaro kabupaten Tabalong gampang buat kalian datangi. Selama ekspedisi mengarah Lokasi ini kalian akan disajikan panorama alam hamparan kebun dengan kerangka balik perbukitan yang menjulang besar. Goa Liang Tapah dalamnya lumayan besar dengan pahatan alam batuan stalakmit serta stalaktit di lelangit terowongan. Daya tarik goa ini merupakan terdapatnya sumbre mata air yang nampak bagus, dikala terhampar cahaya mentari yang masuk ke pada goa mata air ini nampak amat hijau sering- kali amat biru, fotogenik amat sangat buat kalian yang senang swafoto. Upayakan mengenakan pembimbing wisata bila mau kesini.

Data setempat, wisata Goa Liang Tapah merupakan tempat bermukim ikan tapah yang beresiko, bagusnya datangi goa ini dalam pagi hingag siang hari saja.

Lokasi: Desa Garagata, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Tanjung Bersinar Park

 

Tidak hanya populer dengan wisata alam yang memesona, Tabalong pula memiliki banyak ruang terbuka hijau, salah satunya merupakan Tanjung Bersinar Park. Lokasi yang ada pas berdampingan dengan tanjung expo center buatnya tidak susah buat mempromosikannya di warga. Lokasi yang strategis pas kalian peruntukan destinasi wisata dikala bertamu ke Tabalong. Sebagian spot yang terdapat di mari di tanami dengan pepohonan, atmosfer rimbun serta aman masih amat terasa.

Baca  Objek wisata yang terdapat di Gunung Mas, Kalimantan Tengah

Wisata ini sesuai buat dijadikan destinasi keluarga sebab terdapat sarana main spesial buat kanak- kanak.

Lokasi: Desa Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Tugu Obor Api

 

Tugu ini terdapat di tanjung istana, serta dinamai api kekal dari Tabalong. Kehadiran Tugu ini amat penting sebab terdapat di perempatan jalur, api dari Tugu ini berawal dari gas alam yang disalurkan oleh explorasi minyak pertamina. Tidak komplit kalian ke Tabalong bila tidak berswafoto di Tugu Obor Api ini. Jadi jika ke Tabalong luangkan waktu mendatangi Tugu Obor Api.

Ada kelopak bunga di puncak Tugu Obor Api yang menandakan kesucian untuk warga setempat.

Lokasi: Desa Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Air terjun Tangkum

 

ada di desa panaan, kecamatan bintang ara, kabupaten Tabalong air terjun ini jadi primadona warga sekitar, ekspedisi ke destinasi akan melewati jalur selangkah yang dikelilingi ladang karet serta hutan bambu

Air terjun ini belum banyak dikenal warga kuas selaku tujuan wisata, oleh sebab itu atmosfer di tempat ini masih terpelihara natural serta asri.

Lokasi: Desa Panaan, Kecamatan Bintang Ara, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Demikianlah Destinasi wisata yang ada di Tabalong, Kalimantan Selatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *