destinasi wisata di pulau morotai

Destinasi wisata yang ada di Pulau Morotai, Maluku Utara

Table of Contents

 

Maluku Utara merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian timur Negara Indonesia. Maluku Utara resmi berdiri pada 4 Oktober 1999. Dulunya Provinsi Maluku Utara menjadi bagian dari Provinsi Maluku. Pada saat awal pendirian Provinsi Maluku Utara, ibukota Maluku Utara berada di Kota Ternate, tepatnya berlokasi di Kaki Gunung Gamalama. Seiring berjalannya waktu, sekitar 11 tahun lamanya, kini ibukota Provinsi Maluku Utara pindah ke Sofifi. Provinsi Maluku Utara memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Pulau Morotai. Pulau Morotai merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Maluku Utara. Ibukota Kabupaten Pulau Morotai berada di Kecamatan Daruba. Kabupaten Pulau Morotai ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Pulau Morotai.

 

Destinasi wisata yang ada di Pulau Morotai, Maluku Utara

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di daerah timur Indonesia, khususnya Pulau Maluku dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Pulau Morotai. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Pulau Morotai, Maluku Utara.

 

Museum Perang Dunia II

Museum Perang Dunia II

Tertarik tentang asal usul dari Perang Dunia II? Kalian dapat datang ke Museum Perang Dunia II yang ada di pulau Morotai. Pulau ini amat sama dengan Perang Dunia sebab jadi tempat awal selaku pos tentara dalam masa Jepang serta Amerika Serikat datang. Pos tentara itu dipakai buat area kekuasaan Asia Pasifik.

Baca  Objek wisata paling populer di Bener Meriah, Aceh

Alasan dibalik pulau ini dijadikan selaku pos tentara yakni posisi yang strategis dalam membuat benteng pertahanan. Dengan banyaknya jejak peninggalan dari Perang Dunia II, oleh karena itu didirikannya Museum Perang Dunia II. Semenjak dibuka museum ini sudah banyak pengunjungnya paling utama turis mancanegara seperti Australia serta Amerika Serikat.

Lokasi: Desa Juanga, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

 

Air Terjun Bunga Kokota

Air Terjun Bunga Kokota

Dulu tempat ini cuma sebuah aliran kali yang arusnya sedikit kencang dengan air terjun di dalamnya. Tetapi, ada suatu keluarga besar di Desa itu bertekad mengembangkannya selaku Destinasi wisata yang diberi julukan“ Bunga Kokota”. Ada di bagian timur dari pulau Morotai dan ada di lereng Gunung Bakulu.

Destinasi wisata ini belum bisa disandingkan dengan Destinasi wisata air terjun yang lain, sebab terhitung masih baru. Meski masih ada kekurangan dari bidang sarana, tetapi pemandangan di air terjun ini tidak kalah indahnya dari Destinasi wisata air terjun yang lain. Keunggulan dari wisata ini ialah area yang masih asri serta belum terjamah oleh tangan-tangan usil orang.

Lokasi: Desa Mira, Kecamatan Morotai Timur, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

 

Air Kaca Morotai

Air Kaca Morotai

Pada saat perang dunia II, lokasi wisata ini dahulunya dipakai selaku sumber mata air penting buat kawanan militer Amerika Serikat. Tidak hanya selaku sumber mata air dulu seseorang Jenderal pula kala mandi di Air Kaca ini melihat mengenai ramalan pada berperang. Sesungguhnya Air kaca ini yakni sungai dasar tanah yang timbul di atas dataran tanah.

Kenapa disebut air kaca? Sebab mata air yang dipunyai begitu jernih serta bening. Akan tetapi saat ini kebeningan dari Air Kaca ini sudah berkurang. Para masyarakat sekitar memercayai kalau air kaca ini mempunyai seseorang pengawal gaib yang kehadirannya bawa keberkahan untuk air kaca ini. Air kaca ini pula populer akan memberi khasiatnya yang sanggup memulihkan penyakit.

Baca  Rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Ambon, Maluku

Lokasi: Desa Wawama, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

 

Pulau Kokoya

Pulau Kokoya

Mau merasakan liburan di pulau tidak berpenghuni? sehingga datanglah ke pulau Kokoya. Pulau yang mempunyai panorama alam bagus berbentuk beberan pasir putih serta terumbu karang hendak memanjakan mata Kalian di kala liburan. Buat para penggemar berolahraga snorkeling pula bisa menikmati di pulau ini.

Buat menggapai pulau ini cuma butuh menaiki speedboat dari arah kota Daruba. Durasi yang diperlukan juga tidak lama ialah 30 menit. Buat menikmati panorama alam di pulau ini tidak cuma lumayan pada durasi satu hari. Oleh karena itu, persiapkanlah perlengkapan berkemah supaya pengalaman liburan jadi lebih menarik.

Lokasi: Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

 

Pulau Dodola

Pulau Dodola

Surganya bumi yang ada di Maluku Utara yakni Pulau Dodola. Pulau ini dibagi jadi 2 ialah Dodola Kecil serta Dodola Besar. Kedua pulau itu akan terhubung bila kondisi dari laut lagi surut serta membuat suatu jalur dari pasir. Kecantikan dari pulau ini pula sudah terdengar dari semua penjuru Indonesia khususnya untuk para wisatawan.

Berada di bagian barat dari pulau Morotai memerlukan waktu kurang lebih 20 menit buat menuju pulau ini. Perjalanan itu bisa ditempuh melewati arah Tobelo mengarah Daruba memakai transportasi speedboat. Dalam pulau ini mempunyai 13 titik penyelaman yang memanjakan ketika kalian mau snorkeling ataupun diving.

Lokasi: Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

 

Demikianlah Destinasi wisata yang ada di Pulau Morotai, Maluku Utara. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata di atas?

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *