tempat wisata di maluku barat daya

Destinasi wisata yang ada di Maluku Barat Daya, Maluku

Table of Contents

Provinsi Maluku, terkenal dengan beberapa pulau dan daerah yang memiliki destinasi wisata yang sangat indah. Salah satunya adalah Maluku Barat Daya. Maluku Barat Daya merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Maluku, tepatnya di Pulau Wetar dan meliputi beberapa kepulauan di sekitarnya.

 

Destinasi wisata yang ada di Maluku Barat Daya, Maluku

 

Di Kabupaten Maluku Barat Daya ini kamu bisa menjelajahi pantai hingga gunung. Berikut adalah beberapa destinasi wisata yang ada di Maluku Barat Daya, Maluku

 

Air Terjun Tela

air terjun tela

Air Terjun Tela bisa kamu temukan di Desa Tela, Kecamatan Pulau-Pulau Babar, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Tepatnya air terjun ini berada di Pulau Babar. Air Terjun Tela dikenal dengan airnya yang sangat melimpah. Aliran air terjun ini berasal dari sebuah gua yang bernama Weopne. Konon katanya, Nama Weopne memiliki arti air yang melimpah. Air terjun ini biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari oleh warga sekitar.

 

Pulau Liran

pulau liran

Pulau Liran merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang berdekatan dengan Timor Leste. Pulau Liran terletak di Desa Ustutun, Kecamatan Wetar Barat, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. Untuk sampai ke pulau ini, kamu akan menyeberangi lautan sekitar kurang lebih 8 jam menggunakan kapal atau perahu yang di sewakan memang khusus untuk mengantarkan para wisatawan menuju Pulau Liran. Pulau Liran memiliki cuaca yang lumayan panas dan gersang. Namun pulau ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Terdapat hamparan pasir yang sangat bersih di sekeliling pulaunya dengan air laut berwarna biru tosca. Kamu tidak perlu khawatir dengan cuaca yang cukup panas, kamu bisa menikmati indahnya pantai di bawah pepohonan rindang yang tumbuh di tepi pantai.

Baca  Rekomendasi Objek Wisata paling populer di Kota Tual, Maluku yang wajib banget kamu datangi             

 

Danau Tihu

danau tihu

Danau Tihu merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Ilwaki, Kecamatan Wetar, Pulau Wetar, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. Danau Tihu juga kerap disebut dengan Telaga Tihu. Danau Tihu merupakan satu-satunya danau yang ada di Pulau Wetar. Danau ini memiliki sebuah keunikan yang jarang di temukan di danau lainnya, yakni danau ini dikelilingi oleh perbukitan yang ditumbuhi pepohonan rimbun. Masyarakat sekitar percaya bahwa danau ini merupakan habitat buaya air tawar.

 

Pulau Nus Eden

pulau nus eden

Pulau Nus Eden merupakan sebuah pulau yang terletak di Kecamatan Kepulauan Romang, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. Pulau ini dikenal sebagai pulau pasir, namun di pulau ini masih ditumbuhi dengan tumbuhan, lebih tepat pohon pandan hutan. Masyarakat sering mengunjungi pulau ini untuk memancing. Kamu juga bisa menyaksikan bagaimana penyu bertelur di pulau ini.

 

Gunung Kerbau

gunung kerbau

Gunung Kerbau merupakan sebuah gunung yang terletak di Desa Klis, Kecamatan Moa Lakor, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. Gunung ini sangat cocok dikunjungi buat kamu yang memiliki hobi mendaki. Gunung Kerbau memiliki hamparan Padang savana, sehingga membedakannya dengan gunung-gunung lainnya. Tak heran jika bentuk gunung ini sangat terlihat walau dari kejauhan. Di sekitar gunung juga terdapat sebuah dam buatan yang berfungsi untuk menyuplai air untuk keperluan masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Kerbau. Gunung ini benar-benar memiliki sebuah daya tarik yang membuat siapapun yang mengunjunginya akan kagum.

 

Pantai Gerdaris Nyama

pantai gerdaris nyama

Pantai Gerdaris Nyama merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Klis, Kecamatan Moa Lakor, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. Pantai Gerdaris Nyama merupakan pantai terpanjang di Pulau Moa. Pantai ini memiliki panjang garis pantai sekitar kurang lebih 7 kilometer. Terdapat hamparan pasir yang bersih dan halus di pantai ini. Pantai ini sering dikunjungi masyarakat sekitar untuk sekedar menghilangkan penat. Kamu juga bisa menemukan masyarakat sekitar yang sedang bermain sepak bola di sore hari. Terkadang juga kamu bisa menyaksikan pacuan kuda.

Baca  Rekomendasi Destinasi Wisata yang ada di Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur

 

Masbuar

masbuar

Masbuar merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi, terletak di Desa Tela, Kecamatan Pulau-Pulau Babar, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. Masbuar memiliki Taman laut yang sangat indah dan mempesona. Masbuar memiliki hilir sungai yang sangat berdekatan dengan bibir pantai. Ini merupakan salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Taman Laut Masbuar. Destinasi wisata ini memiliki ombak yang sangat memukau. Disana kamu bisa bermain Kano hingga mengeksplor sungai.

 

Pulau Moa

pulau moa

Pulau Moa merupakan salah satu pulau yang terdapat di Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. Pulau ini merupakan tempat penghasil daging kerbau yang cukup besar. Pulau ini juga memiliki minuman khas yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke pulau ini. Minuman tersebut merupakan Susu Kerbau. Jadi tak hanya penghasil daging kerbau, namun pulau ini juga merupakan penghasil Susu Kerbau. Susu Kerbau kerap dijadikan minuman sehari-hari oleh masyarakat Pulau Moa. Terlebih lagi ketika musim kemarau, maka Susu kerbau akan menjadi alternatif sebagai pengganti air minum yang sangat sulit didapatkan. Susu kerbau juga kerap dijadikan sebagai bahan lain dalam pembuatan minuman yang sangat lezat.

 

Pantai Sila

pantai sila

Pantai Sila merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Werwawan, Kecamatan Pulau Lakor, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. Pantai Sila ini terkenal akan hamparan pasir pantainya yang putih dan bersih. Pantai ini merupakan destinasi wisata favorit bagi keluarga dan anak-anak muda. Kamu bisa menikmati panorama pantai yang sangat indah sembari bersantai dan menyantap makanan. Di pantai ini kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru, seperti bermain pasir pantai yang halus ataupun bermain air laut yang berwarna biru.

Baca  Tempat wisata paling populer yang terdapat di Ketapang, Kalimantan Barat

 

Pantai Kiasar

pantai kiasar

Pantai Kiasar merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Oirata Barat, Kecamatan Pulau-Pulau Terselatan, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. Pantai ini sudah memiliki akses jalan yang cukup mudah untuk sampai kesana. Lokasinya yang cukup jauh dari pemukiman warga menyebabkan pantai ini mampu menyuguhkan sebuah ketenangan yang banyak dicari orang-orang. Di bagian sisi pantai terdapat tempat berdoa yang bernama Taman Meditasi Oirata. Untuk sampai ke tempat ini, kamu harus menaiki sekitar 70 anak tangga karena terletak di atas bukit.

 

Demikianlah beberapa destinasi wisata yang ada di Maluku Barat Daya, Maluku. Apakah kamu berminat untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata yang ada di atas tersebut?

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *