gunung di maluku

Rekomendasi Gunung paling populer di Provinsi Maluku yang bisa kamu jelajahi

Table of Contents

Provinsi Maluku merupakan sebuah provinsi yang berada di kawasan timur Negara Indonesia. Provinsi Maluku memiliki wilayah berupa beberapa gugusan kepulauan. Hal ini menjadikan kekayaan alam Provinsi Maluku dominan berupa pantai. Selain kaya akan keindahan alam berupa pantai, Provinsi Maluku juga memiliki deretan Gunung yang menjadi favorit dan kegemaran para pendaki. Provinsi Maluku memiliki sederet Gunung yang sangat indah. Mengingat Provinsi Maluku memiliki wilayah yang berupa gugusan kepulauan, menjadikan deretan gunung-gunung tersebut tersebar di beberapa pulau.

 

Rekomendasi Gunung paling populer di Provinsi Maluku yang bisa kamu jelajahi

 

Maluku menjadi wilayah yang sering disinggahi para pendaki karena memiliki Gunung yang sangat indah. Berikut adalah Rekomendasi Gunung paling populer di Provinsi Maluku yang bisa kamu jelajahi.

 

Gunung Binaiya

gunung binaiya

Gunung Binaiya merupakan sebuah gunung yang bisa kamu temukan di tengah Pulau Seram. Lokasi Gunung ini tepatnya di Desa Kanikeh, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Gunung Binaiya merupakan gunung tertinggi yang terdapat di Provinsi Maluku. Gunung Binaiya ini memiliki ketinggian sekitar 3.055 mdpl. Namun jika ingin mendaki Gunung Binaiya, pendaki hanya akan di perbolehkan mendaki hingga ketinggian 3.027 mdpl saja, karena puncak gunung ini merupakan kawasan konservasi. Gunung Binaiya memiliki jalur pendakian yang cukup sulit dan terjal serta membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk kesana. Kamu akan menghabiskan waktu sekitar 1-2 hari untuk mendaki Gunung Binaiya ini, jadi persiapkanlah kesehatan fisik kamu sebelum mendaki Gunung Binaiya.

 

Gunung Ganapus

gunung ganapus

Gunung Ganapus adalah sebuah gunung yang terletak di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Gunung Ganapus ini kerap disebut dengan Gunung Api Banda. Gunung Ganapus ini memiliki ketinggian sekitar 658 mdpl. Walaupun Gunung Ganapus merupakan salah satu gunung berapi aktif, namun keindahan panorama yang disuguhkan gunung ini tidak kalah dengan gunung-gunung di daerah lainnya. Kamu bisa mendaki Gunung Ganapus dengan menghabiskan waktu sekitar 3 hingga 4 jam, tergantung kondisi fisik para pendaki. Selamat perjalanan pendakian, kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan yang sangat memanjakan mata. Gunung Ganapus merupakan habitat burung endemik yang sangat langka. Selain itu, puncak Gunung Ganapus ini memiliki kawah yang sangat indah. Kamu bisa melihat pemandangan Pulau Banda dari atas puncak Gunung Ganapus.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Barito Utara, Kalimantan Tengah

 

Gunung Kerbau

gunung kerbau

Gunung Kerbau adalah sebuah gunung yang bisa kamu kunjungi di Pulau Moa. Gunung Kerbau berlokasi di Desa Klis, Kecamatan Moa Lakor, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Gunung Moa merupakan salah satu gunung terpopuler yang ada di Indonesia. Gunung Kerbau menjadi salah satu gunung spesial karena gunung ini memiliki sebuah keunikan yang jarang bisa ditemukan di gunung-gunung daerah lainnya. Jika pada umumnya sebuah gunung diselimuti pepohonan atau hutan yang rimbun, Gunung Kerbau ini hanya di selimuti padang savana yang pendek, inilah keunikan dari Gunung Kerbau. Hal tersebut membuat Gunung Kerbau terlihat menjadi gundul, sehingga lekukan kontur tanah di Gunung Kerbau menjadi terlihat sangat jelas. Gunung Kerbau akan terlihat sangat megah ketika dilihat dari kejauhan karena pemandangan lekukan bentuk gunung tersebut. Apalagi letaknya di tengah padang savana yang membuat Gunung ini terlihat mencolok.

Gunung ini diberi nama Gunung Kerbau karena bentuknya seperti kerbau. Selain itu, kamu juga bisa menemukan sekawanan kerbau yang hidup bebas di sekitar Gunung ini. Mereka ke sana kemari untuk mencari makanan di tengah padang savana. Kamu akan merasakan suasana seperti berlibur di Afrika karena tak hanya kerbau, kamu bisa melihat beberapa kuda yang berkeliaran di sekitar Gunung. Jika kamu mengunjungi Gunung Kerbau pada musim kemarau, kamu akan menemukan hamparan padang savana yang menguning, tanahnya menjadi tandus, serta kubangan air menjadi tanah lumpur retak-retak sehingga menambah suasana seperti berada di Afrika.

 

Gunung Sirimau

gunung sirimau

Gunung Sirimau merupakan sebuah gunung yang terletak di Pulau Ambon. Gunung Sirimau ini bisa kamu temukan di Desa Soya, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku. Gunung Sirimau merupakan salah satu objek wisata yang kerap dikunjungi para wisatawan ketika berlibur ke Pulau Ambon. Gunung Sirimau ini terletak di ketinggian sekitar 400 hingga 600 mdpl. Di puncak gunung ini terdapat singgasana batu yang dikelilingi pohon Gadihu (Croton). Dari puncak Gunung Sirimau, kamu bisa melihat keindahan pemandangan Kota Ambon hingga pantai yang ada di sana. Kamu juga bisa melihat teluk Ambon dari atas ketinggian.

Baca  Destinasi wisata paling populer di Mesuji, Lampung

Selain memiliki hawa yang sejuk, Gunung Sirimau juga memiliki sebuah benda bersejarah, yakni di gunung ini terdapat sebuah Tempayan yang tidak pernah kering. Tempayan adalah semacam kendi batu atau gerabah yang memiliki mulut lebar.

 

Demikianlah Rekomendasi Gunung paling populer di Provinsi Maluku yang bisa kamu jelajahi. Jadi gunung manakah yang akan kamu taklukan terlebih dahulu?

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *