destinasi wisata di Barito Utara

Destinasi wisata yang ada di Barito Utara, Kalimantan Tengah

Table of Contents

Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian tengah membujur ke bagian selatan Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Tengah ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Palangkaraya. Provinsi Kalimantan Tengah memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Barito Utara. Barito Utara merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota Kabupaten Barito Utara berada di Desa Muara Teweh, Kecamatan Teweh. Kabupaten Barito Utara ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Barito Utara.

 

Destinasi wisata yang ada di Barito Utara, Kalimantan Tengah

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Kalimantan dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Barito Utara, Kalimantan Tengah. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata yang ada di Barito Utara, Kalimantan Tengah.

 

Gunung Pararawen

 

Lokasi wisata pertama yang terdapat di Barito Utara adalah Gunung Pararawen. Pada saat Kamu bertamu ke lokasi wisata ini, pesona alam yang terlihat luar biasa ialah tawaran utama dari Gunung Pararawen. Jadi cagar alam yang alami, Gunung Pararawen dikelilingi oleh hutan dengan pepohonan yang rimbun.

Kamu pula akan disuguhkan dengan sungai berukuran kecil nan bening kala menaiki Gunung Pararawen. Lokasi wisata Barito Utara ini jadi tempat dimana flora serta fauna buas tinggal. Kamu akan menemukan kawanan fauna buas yang menghuni area hutan lindung.

Baca  Objek wisata yang ada di Tana Tidung, Kalimantan Utara

Lokasi: Desa Lemo II, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Bendungan Trinsing

 

Lokasi wisata Barito Utara yang lain adalah bendungan Trinsing. Bendungan yang ada di desa Trinsing ini bisa dijadikan lokasi buat berenang serta memainkan kegiatan air yang lain. Kamu bisa menyewa sepeda angsa supaya bisa mengitari bendungan Trinsing.

Dengan kehadiran pepohonan yang rimbun, hawa di sekitar tanggul terasa amat fresh. Pepohonan yang ada di tanggul Trinsing sering kali digunakan oleh masyarakat selaku parasut kala memancing. Sebab terdapat banyak ikan air payau yang hidup di tanggul Trinsing, lokasi wisata ini pula dijadikan lokasi memancing oleh masyarakat sekitar tanggul.

Lokasi: Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Hutan Muara Teweh

 

Sesuai dengan namanya, Hutan Muara Teweh ialah lokasi wisata yang ada di dalam hutan. Lokasi wisata ini ada di desa Melayu serta mempunyai beberapa keunikannya tertentu. Keberadaan kayu bakah ialah karakteristik yang dipunyai oleh Hutan Muara Teweh. Kayu bakah ialah tumbuhan yang akan menghasilkan air kala bagian kayunya dipotong.

Air yang keluar dari kayu bakah bisa Kamu konsumsi secara langsung kala merasa dahaga akibat lamanya mengitari hutan. Tidak cuma bisa menghasilkan air, kayu bakah mempunyai ukuran diameter yang besar, yaitu berukuran 5 centimeter. Agar bisa bertamu ke hutan ini, Kamu wajib melewati sungai kecil terlebih dulu. Tanpa terdapatnya jembatan selaku penghubung jalan, cara menuju ke dalam hutan akan terasa semakin menarik.

Lokasi: Desa Melayu, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Air Terjun Inih

 

Barito Utara mempunyai lokasi wisata air terjun yang dikenal dengan nama air terjun Inih. Mempunyai kolam yang luas, air terjun Inih jadi lokasi favorit buat main permainan air. Bila dicermati dengan saksama, air terjun Inih mempunyai lekukan batuan yang bagus serta dilengkapi pula dengan pepohonan hijau. Dengan banyaknya pepohonan yang ada di sekitar lokasi wisata, air terjun Inih sanggup melahirkan lukisan alam yang mempesona.

Baca  6 Tempat Wisata Kalimantan Indahnya Kebangetan!

Sebab keberadaannya yang terpencil, air terjun Inih masih belum banyak terjamah oleh tangan orang. Walaupun begitu, air terjun ini mulai diketahui serta populer di kalangan para penggemar alam dampak tawaran panorama alam yang dipunyai oleh air terjun itu.

Lokasi: Desa Liju, Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Bangkai Kapal Onrust

 

Belum komplit rasanya untuk Kamu kala tiba ke Barito Utara tetapi belum menapaki kaki di Bangkai Kapal Onrust. Bangkai Kapal Onrust ialah bangkai kapal kepunyaan Belanda yang jadi bukti dimana masyarakat Barito Utara melaksanakan perlawanan yang keras kepada kekejaman bangsa Belanda kala menjajah.

Pada saat itu, kapal Onrust sukses ditenggelamkan oleh masyarakat Barito Utara. Cerita heroik para pejuang Barito Utara inilah yang menghasilkan Bangkai Kapal Onrust jadi salah satu lokasi wisata terpopuler yang ada di Barito Utara serta wajib untuk Kamu datangi. Sebab minat besar turis akan Bangkai Kapal Onrust, lokasi wisata ini jadi tujuan wisata sejarah utama wisatawan kala bertamu ke Barito Utara.

Lokasi: Jalan Yetro Sinseng, Desa Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Demikianlah Destinasi wisata yang ada di Barito Utara, Kalimantan Tengah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *