Tempat wisata paling populer di Padang Lawas, Sumatera Utara

Tempat wisata paling populer di Padang Lawas, Sumatera Utara

Table of Contents

Tempat wisata paling populer di Padang Lawas, Sumatera Utara – Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah tenggara Provinsi Aceh. Provinsi Sumatera Utara ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Medan. Provinsi Sumatera Utara memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Padang Lawas. Padang Lawas merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Ibu kota Kabupaten Padang Lawas berada di Rantau Prapat. Kabupaten Padang Lawas ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Padang Lawas.

 

Tempat wisata paling populer di Padang Lawas, Sumatera Utara

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Padang Lawas, Sumatera Utara. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata paling populer di Padang Lawas, Sumatera Utara.

 

Danau Gayambang

 

Keindahan danau gayambang beberapa orang sering menyertakan foto prewedding dengan keindahan danau tersebut. Tidak heran jika banyak orang yang terkagum-kagum dengan keindahan danau ini karena memiliki pemandangan yang sangat indah. Dengan luas lahan kurang lebih 35 hektar, hamparan pepohonan dan air yang sedikit membiru menambah nilai eksotik tersendiri.

Belum lagi fasilitas sekitar danau yang lengkap dan terawat, seperti toilet, tempat parkir, dan tempat bersantai. Ada beberapa area danau yang tidak boleh Anda lewati untuk memancing selama aman bagi Anda untuk melakukannya. Akibatnya, Anda harus mengikuti aturan. Pastikan untuk membaca dengan hati-hati untuk memastikan tidak ada hal berbahaya yang terjadi.

Baca  12 Objek wisata yang wajib banget kamu kunjungin kalau lagi ada di Jembrana.

Lokasi: Ujung Batu, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara.

 

Air Terjun Katobung

 

Bisa dibilang, Air terjun hanyalah sungai yang miring. Walaupun air terjun ini tidak semeriah air terjun yang berasal dari tebing, namun memiliki pemandangan yang indah. Suara gemericiknya tetap enak dinikmati meski tingginya hanya tiga meter.

Anda bisa berkeliling sebentar dengan perahu dayung jika tidak suka berenang. Pemandangan di sekitar air terjun ini sangat keren dan menarik untuk dijelajahi.

Lokasi: Papaso, Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara.

 

Candi Sangkilon

 

Lalu, ada tempat wisata yang sangat indah di Padang Lawas, khususnya Cagar Alam Sangkilon. Disebut Suaka Sangkilon karena ditemukan di dekat Aliran Sangkilon yang hanya berjarak 20-30 meter.

Namun, prasasti pada lempengan emas menunjukkan bahwa candi utama hanya berukuran 11×11 meter, dan candi-candi lain yang lebih kecil hanya berukuran 3×3 meter, dengan total sekitar 3. Saat ini lempengan emas tersebut disimpan di Museum Nasional untuk pengawasan. .

Lokasi: Sangkilon, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara.

 

Candi Tandihat

 

Candi ini sudah ada sejak abad ke-16, sehingga bentuknya sedikit tidak sempurna. Candi ini memiliki tiga kompleks candi yang masing-masing memiliki di ruang dan tujuan tertentu, menurut sejarah. Tempat tinggal perwira terletak di dua tempat, salah satunya berfungsi sebagai kapal induk.

Museum Nasional telah mengamankan patung perunggu yang sebelumnya ditemukan di lokasi ini untuk mencegah penyalahgunaan. Candi ini juga tidak terlalu besar hanya berukuran sekitar 5 meter.

Lokasi: Tandihat, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara.

 

Candi Sipamutung

 

Baca  Tempat wisata yang ada di Luwu, Sulawesi Selatan

Kompleks candi terbesar adalah Kompleks Candi Sipamutung yang luasnya kurang lebih 100 hektar. Bentuk dan denahnya masih bagus sehingga pengunjung yang datang bisa dimanjakan dengan siklus-siklus yang sudah pasti sebelumnya.

Terdiri dari candi utama berukuran 74×74 meter yang kemudian disusul oleh candi pendukung lainnya dengan ukuran yang bervariasi. Karena sesuai dengan catatan sejarah yang pernah ada, Anda akan semakin penasaran dengan peradaban masa lalu Nusantara setelah melihat situs candi ini.

Lokasi: Siparau, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara.

 

Hutan Lindung Sosopan

 

adalah tujuan wisata populer yang menawarkan pemandangan menakjubkan dari berbagai flora dan fauna. Selain pepohonan hijau, Anda juga bisa melihat berbagai bunga dan hewan liar seperti burung berekor panjang. Berbagai hewan liar ini diawasi dan tidak boleh didapati karena langka.

Ketika hutan ditebangi di masa lalu, banyak hewan mati dan akibatnya kekurangan makanan. Saat ini, pemerintah daerah perlu membuat tempat yang nyaman untuk vegetasi agar tetap tertata.

Lokasi: Sihaporas, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara.

 

Batu Kapur Paranginan

 

Tempat selanjutnya adalah batu kapur dengan pemandangan yang istimewa. Bentuk batu kapur ini sangat menarik karena iklim dan cuacanya. Itu penuh dengan pahatan alami yang dibuat oleh hujan dan panas.

Anda akan melihat pemandangan indah batu putih yang cantik saat Anda berkeliling wisata ini. Selain itu, kawasan batu kapur dipastikan akan basah kuyup oleh embun, dan sinar matahari pagi akan sangat memukau.

Lokasi: Paranginan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara.

 

Demikianlah Tempat wisata paling populer di Padang Lawas, Sumatera Utara. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *