Destinasi wisata terindah yang ada di Indragiri Hilir, Riau

Destinasi wisata terindah yang ada di Indragiri Hilir, Riau

Table of Contents

Destinasi wisata terindah yang ada di Indragiri Hilir, Riau – Riau merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah tenggara Provinsi Sumatera Utara. Provinsi Riau ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Pekanbaru. Provinsi Riau memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Indragiri Hilir. Indragiri Hilir merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Riau. Ibu kota Kabupaten Indragiri Hilir berada di Tembilahan Kota. Kabupaten Indragiri Hilir ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Indragiri Hilir.

 

Destinasi wisata terindah yang ada di Indragiri Hilir, Riau

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Indragiri Hilir, Riau. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata terindah yang ada di Indragiri Hilir, Riau.

 

Air Terjun 86

Bagi para pecinta wisata air terjun yang masih alami, Air Terjun 86 adalah salah satu tujuan wisata yang dapat Anda kunjungi saat berkunjung ke Indragiri Hilir. Air terjun ini memiliki sudut kemiringan yang mendekati 90 derajat, bahkan Anda dapat merasakan keberadaannya sejauh 10 meter sebelum mencapai lokasi ini.

Destinasi wisata ini terletak di Desa Selensen, Kecamatan Indragiri Hilir. Air terjun ini bermuara di Sungai Nderlang dan memiliki ketinggian mencapai 20 meter. Suasana yang alami, air yang segar, dan pemandangan yang indah akan membantu Anda melepaskan penat sejenak.

Baca  Tempat wisata yang ada di Bengkalis, Riau

Lokasi: Selensen, Kecamatan Indragiri Hilir, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

 

Pantai Solop

 

Bagi Anda yang menyukai wisata pantai dan berada di Indragiri Hilir, jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai Solop. Pantai yang indah ini terletak di Kecamatan Mandah, Pulau Cawan, dan sangat mudah diakses. Pantai Solop memiliki keunikan yang membedakannya dari pantai lain, seperti pasir putih alami yang oleh penduduk setempat disebut “pasir sirsak”.

Air laut di pantai ini memiliki warna kecoklatan, dan terdapat deretan hutan bakau yang dianggap sebagai hutan bakau terindah di Indonesia. Yang menarik adalah semua ini adalah keindahan alami, bukan hasil rekayasa manusia.

Lokasi: Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

 

Telaga Mablu

 

Di daerah Indragiri Hilir terdapat Telaga Mablu yang menawarkan keindahan air hijau yang tenang, suasana yang hening, dan hamparan tanaman di sekitarnya. Telaga ini memancarkan pesona alam yang sangat asri dan masih alami. Pemerintah setempat juga berupaya untuk menjaga kelestarian tempat ini agar tidak terganggu, mengingat keaslian tempat ini masih menyediakan habitat bagi berbagai hewan yang hidup di sekitar telaga.

Lokasi: Sungai Bela, Kecamatan Kuala Indragiri, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

 

Sungai Rukam

 

Bagi Anda penggemar wisata air, khususnya menyusuri sungai, Sungai Rukam merupakan tujuan yang menarik. Sungai ini terletak di salah satu desa di Kecamatan Enok, Indragiri Hilir, Riau. Sungai Rukam yang memiliki aliran yang tenang dan berdekatan dengan pemukiman warga menjadi tempat yang nyaman untuk menikmati pemandangan sekitar. Anda dapat melihat aktivitas sehari-hari warga setempat sambil menikmati keindahan berbagai jenis tanaman yang tumbuh di sekitar sungai. Kelokan-kelokan alami sungai ini akan menambah suasana alam yang menyenangkan selama liburan Anda.

Baca  Rekomendasi Gunung paling populer di Provinsi Maluku yang bisa kamu jelajahi

Lokasi: Sungai Rukam, Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

 

Bukit Berbunga

 

Bagi Anda yang berada di Indragiri Hilir dan ingin melakukan pendakian namun memiliki keterbatasan waktu, Bukit Berbunga dapat menjadi pilihan wisata yang menarik. Bukit ini memiliki ketinggian 150 mdpl, cukup menantang untuk pendakian namun tidak membutuhkan waktu dan tenaga yang terlalu banyak.

Meskipun demikian, medan yang harus Anda lalui untuk mencapai puncak bukit tidak semudah yang dibayangkan. Anda perlu menyusuri jalan setapak yang melintasi dua aliran sungai. Namun, sepanjang perjalanan menuju puncak Bukit Berbunga di Indragiri Hilir, Anda akan disambut dengan hamparan bunga kantong semar yang memiliki aroma khas. Selain aromanya yang menyenangkan, bunga ini juga memanjakan indra penglihatan Anda dengan berbagai warna yang indah.

Lokasi: Batu Ampar, Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

 

Rawa Gambut Pulau Cawan

 

Bagi Anda yang merupakan penggemar olahraga bersepeda dan mencari lintasan yang dapat memacu adrenalin, Rawa Gambut Pulau Cawan adalah destinasi wisata alam yang unik yang dapat Anda nikmati saat berkunjung ke Indragiri Hilir, Riau.

Di sini, Anda dapat bersepeda menelusuri pinggiran rawa gambut, menjelajahi hutan mangrove dengan berbagai rintangan berupa titian kayu, dan bahkan melewati lima sungai yang ada di Pulau Cawan. Lintasan bersepeda ini akan berakhir di area berpasir pantai Solop.

Lokasi: Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

 

Demikianlah Destinasi wisata terindah yang ada di Indragiri Hilir, Riau. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

 

 

 

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *