Destinasi wisata paling populer di Dairi, Sumatera Utara

Destinasi wisata paling populer di Dairi, Sumatera Utara

Table of Contents

Destinasi wisata paling populer di Dairi, Sumatera Utara – Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah tenggara Provinsi Aceh. Provinsi Sumatera Utara ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Medan. Provinsi Sumatera Utara memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Dairi. Dairi merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Ibu kota Kabupaten Dairi berada di Sidikalang. Kabupaten Dairi ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Dairi.

 

Destinasi wisata paling populer di Dairi, Sumatera Utara

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Dairi, Sumatera Utara. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata paling populer di Dairi, Sumatera Utara.

 

Rumah Adat Pakpak

 

Bagi para pecinta wisata budaya, Anda dapat mengunjungi rumah adat Pakpak. Rumah adat khas ini tidak jauh berbeda dengan rumah adat Bolon suku Batak, hanya saja orang-orang yang tinggal di rumah ini berasal dari suku Pakpak.

Dengan mengunjungi rumah adat ini, Anda dapat mempelajari banyak hal, mulai dari kehidupan masa lalu masyarakat adat Pakpak, nilai-nilai budaya leluhur yang diwariskan, hingga tradisi dan adat istiadat yang unik. Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang rumah adat Pakpak ini, yang tentunya akan sangat menarik dan Instagramable.

Baca  Deretan rekomendasi wisata pantai yang ada di Riau

Lokasi: Desa Pakpak, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.

 

Danau Sicike-Cike

 

Danau Sicike-Cike terletak di kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi. Di sini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas, mulai dari berkemah bersama teman-teman hingga mencari spot foto yang menarik. Dengan pemandangan air danau yang jernih dan pepohonan hijau yang mengelilingi kawasan ini, stres Anda dijamin akan hilang.

Lokasi Danau Sicike-Cike ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menghindar dari kehidupan perkotaan yang sibuk. Waktu yang disarankan untuk mengunjungi danau ini adalah saat akhir pekan. Namun, jangan khawatir, Anda dapat mengunjungi danau ini setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Lokasi: Desa Lae Hole, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.

 

Tao Silalahi

 

Tao Silalahi adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk menikmati keindahan Danau Toba. Di sini, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti berkemah, bersantai, dan berenang. Selain itu, tersedia perahu yang disediakan oleh pengelola wisata untuk mengelilingi danau.

Bagi pecinta fotografi, tempat ini sangat cocok untuk melakukan hunting foto, terutama saat matahari terbenam atau saat sunset. Anda akan terpesona oleh pemandangan indah senja yang mempesona.

Lokasi: Desa Silalahi, Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.

 

Bukit Siadtaratas

 

Bukit Siadtaratas merupakan destinasi yang sangat cocok bagi pecinta olahraga trekking. Lokasinya terletak di Desa Paropo dan menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan alam Danau Toba. Dari puncak bukit, Anda akan memperoleh panorama lanskap perumahan warga Silalahi yang memukau. Jarak pandang yang luas juga memungkinkan Anda melihat Tugu Silalahi yang terkenal dari kejauhan. Selain itu, Anda dapat menikmati keindahan matahari terbenam (sunset) yang memukau dari puncak bukit ini.

Baca  6 Destinasi wisata yang terdapat di Gowa, Sulawesi Selatan

Lokasi: Desa Paropo, Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.

 

Sungai Lau Renun

 

Salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi di Dairi adalah Sungai Lau Renun. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Kabupaten Dairi dan memiliki arus yang deras, sehingga sering menjadi tempat yang digemari oleh para pecinta olahraga air yang menantang seperti arung jeram. Anda dapat merasakan sensasi berarung jeram sambil menikmati keindahan alam sekitar sungai dengan pemandangan yang indah. Di sepanjang bibir sungai, Anda juga akan disambut oleh pohon nyiur yang melambai-lambai.

Lokasi: Desa Mangan Molih, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.

 

Puncak Sidiangkat

 

Puncak Sidiangkat adalah destinasi wisata yang sangat populer di kalangan anak muda Kabupaten Dairi. Di sini, Anda akan menemukan spot foto yang dirancang khusus dengan sarang burung raksasa yang sangat fotogenik, cocok untuk kaum milenial yang gemar mencari destinasi wisata yang instagramable. Kawasan wisata ini terletak di tengah hutan tropis, sehingga udaranya sangat sejuk dan segar, yang dapat membantu menghilangkan kepenatan.

Jika Anda ingin mencoba kuliner khas Pakpak, Anda dapat mampir ke restoran yang berada di sekitar Puncak Sidiangkat. Di sana, Anda dapat menikmati berbagai hidangan tradisional lezat, mulai dari Pelleng hingga pecal.

Lokasi: Jl. Subulussalam – Sidikalang No.171, Desa Sidiangkat, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.

 

Pemandian Lau Timah

 

Pemandian Lau Timah adalah destinasi wisata air lain yang dapat Anda kunjungi di Dairi. Di sini, Anda bisa berenang atau berendam santai bersama teman atau keluarga sebagai mitra perjalanan Anda. Suasana sejuk dan teduh sangat terasa di lokasi ini karena di sekitar kolam terdapat pepohonan yang rindang. Meskipun airnya bersuhu dingin, namun air di pemandian ini memiliki kandungan belerang (sulfur) yang tinggi yang menghasilkan warna air yang eksotis, yaitu biru terang.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Palembang, Sumatera Selatan

Berendam di kolam mini ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Tiket masuk wisata ini gratis, namun pengunjung perlu membayar biaya parkir sebesar 5000 rupiah. Pemandian ini sangat ramai dikunjungi pada akhir pekan.

Lokasi: Desa Renun, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.

 

Demikianlah Destinasi wisata paling populer di Dairi, Sumatera Utara. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *