Gunung di sulawesi utara

Deretan gunung tertinggi yang ada di Sulawesi Utara

Table of Contents

Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian utara Pulau Sulawesi. Provinsi Sulawesi Utara ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Manado. Provinsi Sulawesi Utara memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik. Jika kamu memiliki rencana untuk berlibur ke Sulawesi Utara, maka kamu wajib untuk menaklukkan gunung yang ada di sana.

 

Deretan gunung tertinggi yang ada di Sulawesi Utara

 

Gunung merupakan bagian dari bumi yang memiliki ukuran lebih tinggi dari daerah sekitarnya. Pada gunung biasanya terdapat sisi curam yang menyingkap batuan dasarnya secara signifikan. Gunung berbeda dengan dataran tinggi, hal tersebut terjadi karena gunung memiliki kawasan puncak yang terbatas. Gunung memiliki ukuran yang lebih besar daripada sebuah bukit, umumnya memiliki ketinggian minimal sekitar 300 meter atau 1.000 kaki dari atas tanah yang ada di sekitarnya. Ada beberapa gunung yang memiliki puncak sendiri dan ada juga gunung yang merupakan bagian dari barisan pegunungan.

Sulawesi Utara memiliki beberapa gunung yang sangat menarik untuk dijelajahi. Berikut adalah deretan Gunung Tertinggi yang ada di Sulawesi Utara.

 

Gunung Mahawu

 

Ketinggiannya yang cuma 1. 324 mdpl membuat puncak gunung Mahawu begitu gampang serta kilat digapai. Titik dini pendakian ada di elevasi dekat 1. 200 mdpl, alhasil kalian cuma memerlukan kurang dari 30 menit buat hingga di atap Mahawu.

Dikala cuara terang, puncak Mahawu merupakan spot yang sempurna buat melihat Teluk Manado sekalian kota Manado dari kejauhan. Sebaliknya di sisi barat, nampak gagah gunung Lokon yang berdampingan dengan gunung Empung. Menawan sekali! Tak bingung, gunung Mahawu jadi lokasi kesukaan para pemanjat pendatang baru serta juru foto.

Baca  Tempat wisata paling populer yang terdapat di Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan

 

Gunung Lokon

 

Inilah salah satu gunung berkobar aktif di Sulawesi Utara. Mayoritas pemanjat terpikat menaiki gunung Lokon sebab karakteristik yang dipunyanya, ialah puncak yang latar tanpa kawah. Eits, menunggu dahulu. Bukan berarti Lokon tidak mempunyai kawah, melainkan kawah itu ada di punggung gunung yang dipanggil kawah Tompaluan.

Dari kawah ini, puncak Lokon nampak sebagian m saja. Tetapi, kabarnya pendakian ke puncak terhitung menantang sebab jalurnya berbentuk rerumputan. Sediakan trekking pole bila kalian bernazar menaiki sampai titik 1. 580 mdpl.

Tidak hanya itu, kalian butuh berhati hati pula dikala menelusuri rute pendakian saat sebelum datang di kawah. Karena sebagian rute ialah rute lava sisa erupsi bertahun- tahun dahulu yang berbatu serta akan amat licin dikala hujan turun.

 

Gunung Ambang

 

Terdapat di dusun Bongkudai Utara, kabupaten Bolaang Mongondow Timur, gunung Ambang menawarkan pemandangan yang tak takluk aksi. Dari puncaknya, kalian dapat memandang telaga Moat di arah timur. Dengan raga yang prima, kalian dapat menggapai titik paling tinggi gunung Ambang di 1. 795 mdpl pada lama kurang dari 2 jam saja.

Situasi rute berbatu yang lumayan curam akan menemanimu mendekati kawah gunung Ambang. Amat dianjurkan mengenakan sepatu gunung yang safety buat melindungi kakimu dari bebatuan yang runcing ternyata cuma sandal gunung. Butuh kalian ketahui, sunrise di puncak gunung Ambang ciamik amat sangat, loh.

 

Gunung Soputan

 

Rute berpasir dalam gunung Soputan kerap menegaskan para pemanjat dalam gunung Krakatau, Semeru, serta Merapi. Diamati sebentar, spot di batasan vegetasi gunung berketinggian 1. 784 mdpl ini memanglah mendekati ketiga gunung itu.

Area pendakian yang mengarah tak berlebihan menghasilkan gunung Soputan terkenal amat sangat di golongan millennial. Apalagi, padang pasir gunung Soputan sebagian kali dijadikan lokasi prewedding.

Baca  Tempat wisata terindah yang ada di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara

Satu spot kesukaan yang lain di gunung ini merupakan pos Hutan Pinus di rute dini pendakian. Cocok namanya, pos itu menawarkan lanskap pohon- pohon pinus yang besar menjulang alhasil tak takluk asik selaku lokasi potret- potret atau buat film.

 

Gunung Klabat

 

Ini ia puncak paling tinggi ataupun atap provinsi Sulawesi Utara, gunung Klabat. Selaku gunung yang tak lagi aktif, puncak gunung Klabat ada di titik 2. 100 mdpl. Rapatnya hutan di rute dini pendakian merupakan area tempuh yang akan kalian lalui. Paling tidak kalian wajib melampaui 6 pos saat sebelum datang di puncak.

 

Demikianlah Deretan gunung tertinggi yang ada di Sulawesi Utara. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu di Sulawesi Utara. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi atau menaklukkan salah satu gunung yang terdapat di Sulawesi Utara.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *