gunung di Kalimantan Timur

Deretan gunung terpopuler yang ada di Kalimantan Timur

Table of Contents

Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian Timur Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Timur ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Samarinda. Provinsi Kalimantan Timur memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik. Jika kamu memiliki rencana untuk berlibur ke Kalimantan Timur, maka kamu wajib untuk menaklukkan gunung yang ada di sana.

 

Deretan gunung terpopuler yang ada di Kalimantan Timur

 

Gunung merupakan bagian dari bumi yang memiliki ukuran lebih tinggi dari daerah sekitarnya. Pada gunung biasanya terdapat sisi curam yang menyingkap batuan dasarnya secara signifikan. Gunung berbeda dengan dataran tinggi, hal tersebut terjadi karena gunung memiliki kawasan puncak yang terbatas. Gunung memiliki ukuran yang lebih besar daripada sebuah bukit, umumnya memiliki ketinggian minimal sekitar 300 meter atau 1.000 kaki dari atas tanah yang ada di sekitarnya. Ada beberapa gunung yang memiliki puncak sendiri dan ada juga gunung yang merupakan bagian dari barisan pegunungan. Kalimantan Timur memiliki beberapa gunung yang sangat menarik untuk dijelajahi. Berikut adalah Deretan gunung terpopuler yang ada di Kalimantan Timur.

 

Gunung Liangpran

 

Gunung Liangpran berada di Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur. Banyak wisatawan ataupun pendaki yang sudah menaklukkan ataupun menggapai puncak gunung ini.

Kenyataan serta Keelokan Gunung di Kalimantan Timur ini mempunyai ketinggian 2. 240 m di atas dataran laut ini jadi gunung yang sangat besar di Kalimantan Timur. Di pegunungan ini ada hotel, jadi turis tidak butuh takut bila tidak bawa perkakas buat berkemah.

 

Baca  Tempat wisata terindah yang ada di Batanghari, Jambi

Gunung Karst Sangkulirang

 

Gunung yang satu ini ialah web asal usul. Gunung Karst ada di Kalimantan Timur persisnya di Kecamatan Sangkulirang. Dengan besar yang dipunyai ialah 1, 8 juta hektare, gunung ini terbentang dari Kabupaten Kutai Timur hingga Kabupaten Berau.

Lokasi dari gunung ini dikelilingi oleh dinding- dinding curam. Pegunungan ini mempunyai kenyataan serta keelokan Gunung di Kalimantan Timur ialah mempunyai wujud dataran alam yang berbentuk bukit kecil, cekungan, bengawan serta pula ada goa.

Gunung Karst sempat masuk pada Karunia Pesona Indonesia dalam tahun 2017. Keelokan gunung ini membuat para wisatawan ataupun wisatawan terpukau, terlebih adanya goa dasar tanah dengan pahatan alam eksentrik diiringi perbukitan hijau.

 

Gunung Lumut

 

Kabupaten Paser Kalimantan Timur lokasi dari Gunung Ganggang ada. Di sekitar gunung ganggang ada ceranggah bengawan, gunung ini mempunyai kenyataan serta keelokan Gunung di Kalimantan Timur ialah tercantum pada area hutan lindung ataupun kerap diucap hutan lindung gunung ganggang.

Di area gunung ini ada hutan yang masih tidak sering dijamah oleh banyak orang. Hutan itu ialah cagak kehidupan untuk kampong- kampung yang ada disekitar. Gunung Ganggang ini mempunyai besar 1. 210 m serta luasnya sekitar 42rb hektare.

 

Gunung Beriun

 

Gunung ini mempunyai pepohonan yang rindang serta mempunyai kesegaran hawa yang natural. Kenyataan serta keelokan Gunung di Kalimantan Timur yaitu

Gunung Beriun ini berlainan dengan gunung- gunung yang sudah dituturkan lebih dahulu, sebab gunung ini masih tercantum gunung yang“ gadis” ataupun dengan tutur lain gunung ini masih amat tidak sering didatangi oleh banyak orang.

Gunung yang terdapat di Karangan Kutai Timur ini mempunyai ketinggian 1. 261 m di atas dataran laut. Kamu dapat melancong serta berekreasi bersama saudara ataupun keluarga meski tidak tiba buat menaiki gunung ini.

Baca  Tempat wisata yang ada di Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung

 

Gunung Embun

 

Gunung Kabut tidak kalah indahnya dengan gunung- gunung lebih dahulu. Gunung ini membagikan atmosfer adem nan asri, dengan kabut di pagi hari seakan menebar pesona keelokan yang tidak bisa dipunyai di perkotaan.

Gunung ini mempunyai kenyataan serta keelokan Gunung di Kalimantan Timur ialah ada di Kabupaten Paser Kalimantan Timur, persisnya di Desa Luan Muara Samu. Panorama alam yang bagus memanjakan mata wisatawan dari ketinggian gunung dan bongkahan awan yang mana menutupi pemukiman kala waktu dini hari.

Destinasi ini bisa ditempuh pada waktu sekitar 2 jam ekspedisi bumi. Tetapi wisatawan pula konsisten wajib berjaga- jaga pada ekspedisi disebabkan wajib menempuh jalur yang curam serta licin. Walaupun begitu, tidak sedikit orang yang mau sekali bertamu ke Gunung Kabut yang satu ini.

Seperti itu sebagian gunung yang dianjurkan buat didatangi bila tiba ke Kalimantan Timur. Janganlah lupa melaksanakan perencanaan matang saat sebelum melaksanakan pendakian, betul.

 

Gunung Aurbunak

 

Gunung Aurbunak dengan ketinggian 1. 150 m ada di Desa Paau Kecamatan Aranio Kabupaten Alur Kalimantan Selatan. Gunung ini jadi tempat pendakian para peminat alam serta mahasiswa di Kalimantan Selatan. Kalimantan Selatan serta Kalimantan Timur lokasinya nyaris bersebelahan.

Sesungguhnya, Aurbunak tidaklah tipe gunung berkobar serta ketinggiannya juga tidak sangat berlebihan. Alhasil lumayan ramah untuk mereka yang terkini berlatih mengenai teknik- teknik bawah pendakian gunung.

 

Gunung Beratus

 

Gunung Beratus amat bagus namun terhitung tidak sering didatangi oleh para pendaki. Dengan ketinggian 1. 244 m, Gunung Beratus ada di Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur.

Atmosfer masih asri dengan flora fauna endemik Kalimantan.

Baca  Pantai terindah serta paling populer di Sulawesi Barat

 

Demikianlah Deretan gunung terpopuler yang ada di Kalimantan Timur.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *