Objek wisata di Keerom

8 Rekomendasi objek wisata yang ada di Keerom, Papua

Table of Contents

Keerom merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Papua. Kabupaten Keerom ini berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini. Karena terletak digaris perbatasan antara Negara Indonesia dengan Negara Papua Nugini, menjadikan Kabupaten Keerom ini merupakan sebuah daerah wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain memiliki posisi yang unik, Kabupaten Keerom ini juga memiliki bentang alam yang sangat indah. Selain itu Kabupaten Keerom ini juga kaya akan tradisi, budaya, dan adat istiadat yang baru-baru ini sedang dikembangkan oleh pemerintah setempat. Kabupaten Keerom juga terkenal dengan penduduknya yang sangat ramah dan sangat menghargai siapapun yang berkunjung kesana.

 

8 Rekomendasi objek wisata yang ada di Keerom, Papua

 

Selain kaya akan keindahan wisata alam, Kabupaten Keerom juga kaya akan objek wisata religi. Berikut adalah 8 Rekomendasi objek wisata yang ada di Keerom, Papua.

 

Kota Arso

Kota Arso

Kota Arso adalah ibukota dari Kabupaten Keerom. Jika kamu sedang berada di Keerom, maka kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Kota Arso. Kota Arso memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa yang tentunya tidak bisa ditemukan di ibukota kabupaten lainnya. Biasanya ibukota memiliki udara yang panas dan berpolusi, justru Kota Arso memiliki kondisi yang terbalik. Udara di Kota Arso ini masih terasa sangat segar dan bersih. Walaupun kota ini padat dengan kendaraan bermotor, Kota Arso ini masih terasa sangat asri dengan pepohonan yang tumbuh rimbun di sekitarnya. Kota Arso ini juga terkenal akan beraneka ragam kuliner yang dimilikinya. Salah satu kuliner yang bisa kamu temukan di Kota Arso adalah Bubur Papeda. Bubur Papeda merupakan salah satu kuliner yang terkenal di Kota Arso, kuliner ini berupa bubur papeda yang disajikan bersama ikan kuah kuning yang sangat segar.

Baca  Tempat wisata yang ada di Sambas, Kalimantan Barat

 

Taman Rekreasi Waisamba

Taman Rekreasi Waisamba

Taman Rekreasi Waisamba merupakan salah satu objek wisata yang berada di Keerom. Taman Rekreasi Waisamba ini terletak di Desa Arsopura, Distrik Skanto, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Objek wisata Taman Rekreasi Waisamba ini memiliki beberapa wahana untuk bermain air, seperti perosotan, kolam renang, ombak air, dan masih banyak lagi. Objek wisata yang satu ini bisa kamu kunjungi dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIT. Selain bermain air, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya, seperti bersantai berbincang-bincang bersama keluarga di gazebo-gazebo atau taman-taman yang telah disediakan oleh pengelola Taman Rekreasi Waisamba.

 

Goa Maria Sandurun Sanggaria Yaner Fowor

Goa Maria Sandurun Sanggaria Yaner Fowor

Goa Maria Sandurun Sanggaria Yaner Fowor merupakan salah satu objek wisata religi yang terletak di Kota Arso, Kecamatan Arso, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Lokasi objek wisata religi yang satu ini sangat mudah dijangkau sehingga cukup diminati para wisatawan. Goa Maria Sandurun Sanggaria Yaner Fowor ini memiliki pemandangan alam yang masih sangat terjaga keasriannya. Udara yang ada di sekitar objek wisata ini terasa masih sangat segar karena di sekitar objek wisata ini ditumbuhi pepohonan yang cukup rimbun. Jika kamu berminat untuk mengunjungi Goa Maria Sandurun Sanggaria Yaner Fowor, kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan kendaraan roda 2 ataupun kendaraan roda 4.

 

Gereja GKI Eklesia Dukwia

Gereja GKI Eklesia Dukwia

Wisata religi lainnya yang bisa kamu kunjungi dan terkenal di Keerom adalah Gereja GKI Eklesia Dukwia. Gereja GKI Eklesia Dukwia ini terletak di Upt Arso VIII / Dukwia, Kecamatan Arso, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Gereja GKI Eklesia Dukwia ini telah berdiri sejak tahun 1992. Gereja GKI Eklesia Dukwia merupakan salah satu saksi sejarah transmigrasi penduduk luar provinsi Papua yang pindah ke Provinsi Papua. Datanglah ke Gereja GKI Eklesia Dukwia ini untuk mengetahui bagaimana sejarah perkembangan Papua.

Baca  5 Rekomendasi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur di Teluk Bintuni, Papua Barat

 

Pura Jagatnatha, Arso

Pura Jagatnatha, Arso

Pura Jagatnatha merupakan tempat peribadatan umat hindu yang ada di Keerom. Selain menjadi tempat peribadatan, Pura Jagatnatha ini juga menjadi objek wisata religi yang kerap dikunjungi para wisatawan. Pura Jagatnatha ini terletak di Kecamatan Arso, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Ketika sudah masuk ke dalam kawasan Pura Jagatnatha, kamu bisa menemukan banyak koleksi alat-alat kesenian yang sudah tertata dengan rapi. Selain menjadi sarana dan media untuk upacara keagamaan, alat-alat kesenian ini juga dijadikan sebagai media pembelajaran di bidang kesenian. Menjelang hari raya nyepi, pengelola pura akan membuat ogoh-ogoh bersama umat hindu lainnya di pura ini. Lalu ogoh-ogoh akan diarak keliling desa sebagai penolak bala pada sehari sebelum hari catur brata penyepian.

 

Masjid Agung Nurul Huda

Masjid Agung Nurul Huda

Selain tempat peribadatan umat hindu, kamu juga bisa menemukan tempat peribadatan umat Islam di Keerom, yakni Masjid Agung Nurul Huda. Selain menjadi tempat peribadatan, masjid ini juga kerap di datangi pengunjung sebagai objek wisata religi. Pada hari jumat, masjid ini akan ramai didatangi para umat islam di Keerom ataupun sekitarnya untuk melaksanakan Sholat jumat.

 

Air Terjun Selani

Air Terjun Selani

Air Terjun Selani merupakan sebuah objek wisata air terjun yang bisa kamu kunjungi di Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Jika kamu merupakan seorang pecinta alam, maka kamu wajib untuk mengunjungi Air Terjun Selani ini. Air terjun Selani terletak tersembunyi di tengah-tengah hutan rimbun. Untuk sampai ke air terjun Selani, kamu bisa berjalan kaki melalui jalan setapak. Kondisi alam sekitar Air Terjun Selani masih sangat terjaga keasriannya. Kamu bisa menikmati keindahan alam sembari berenang di bawah air terjun yang sangat segar dengan debit air yang tidak begitu deras.

Baca  Tempat wisata yang ada di Pasaman, Sumatera Barat

 

Air Terjun Pintu Angin (Walukubun)

Air Terjun Pintu Angin (Walukubun)

Selain Air Terjun Selani, di Kabupaten Keerom, kamu juga bisa mengunjungi Air Terjun Pintu Angin (Walukubun). Diberi nama pintu angin karena air yang jatuh dari air terjun ini meliuk menyerupai pintu yang terbuka dari sebuah tebing yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Untuk sampai ke air terjun ini, kamu bisa berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh 7 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 5 jam.

 

Demikianlah 8 Rekomendasi objek wisata yang ada di Keerom, Papua. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu objek wisata di atas?

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *