gunung di nusa tenggara timur

10 Rekomendasi Gunung Indah Favorit Wisatawan di Nusa Tenggara Timur.

Table of Contents

Kepulauan Nusa Tenggara Timur atau sering di sebut dengan Sunda Kecil, selain memiliki dataran rendah, kawasan ini juga memiliki pegunungan yang unik dan cantik. Nusa Tenggara Timur memiliki gunung berapi terbanyak di kawasan Indonesia, berikut 10 daftar gunung yang ada di Nusa Tenggara Timur dengan pemandangan yang indah dan menarik untuk kamu yang suka berpetualang ke alam bebas.

 

10 Rekomendasi Gunung Indah Favorit Wisatawan di Nusa Tenggara Timur.

 

1. Gunung Kelimutu

gunung kelimutu

Gunung ini sangat populer di kalangan pendaki, karena gunung ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, ada Danau Tiga Warna yang bisa kamu temui di puncak Gunung Kelimutu, di beri nama Danau Tiga Warna karena memang danau ini memiliki tiga warna air yang berbeda, yaitu biru, merah dan putih, namun terkadang juga sering berubah warna. Peneliti memaparkan, warna air danau ini berubah karena reaksi kimia pada mineral dalam danau dengan aktivitas gas dari gunung berapi. Gunung Kelimutu ini berlokasi di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

 

2. Gunung Rokatenda

gunung rokatenda

Gunung ini terletak di sebelah utara Flores, Pulau Palu-e, Nusa Tenggara Timur. Gunung Rokatenda sering di sebut juga Gunung Paluweh. Gunung ini pernah meletus hebat yang mengakibatkan gempa bumi dan tsunami pada 25 September 1928.

 

3. Gunung Egon

gunung egon

Gunung ini pernah meletus setinggi 1.703 meter pada tahun 1925. Tanah longsor juga pernah terjadi pada tahun 2004 karena letusan Gunung Egon, pada tahun 2012 gempa bumi dan asap terus bermunculan sehingga Gunung Egon ini disebut sebagai guning dengan level waspada di Indonesia.

 

4. Gunung Mutis

gunung mutis

Wisata selanjutnya adalah Gunung Mutis, gunung ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa, selain itu konon katanya di puncak gunung ini raja raja Timor berkumpul untuk membagi kekuasaan. Gunung Mutis ini merupakan gunung tertinggi di wilayah Timor Barat dengan ketinggian 2.458 meter diatas permukaan laut, terdapat tiga puncak di gunung ini. Jika kamu berada di puncak Gunung Mutis ini kamu akan melihat keindahan Pulau Alor dan Oekusi Timor Leste, kamu juga dapat melihat bayangan seperti piramida ketika matahari terbit.

Baca  Gunung Tertinggi yang wajib kamu jelajahi di Sulawesi Barat

 

5. Gunung Timau

gunung timau

Gunung Timau berlokasi di Kecamatan Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Objek wisata yang satu ini akan menjadi salah satu objek wisata berkelas karena akan dibangun obsevatorium sebagai pusat penelitian dan edukasi. Padang Savana yang ada di gunung ini juga sangat cantik, dengan ketinggian gunung ini kamu bisa melihat benda benda langit dari dekat. Gunung Timau ini akan menjadi tempat favorit turis maupum warga lokal.

 

6. Gunung Ile Api

gunung ile api

Wisata selanjutnya yaitu Gunung Ile Api atau sering di sebut dengan Lewotolok, memiliki ketinggian 1.450 meter diatas permukaan laut, gunung ini memiliki hamparan pasir yang luas dan terdapat gunung berapi aktif yang berdiri kokoh ditengahnya dan ada semburan asap pertanda bahwa ada aktivitas vulkanik di dalamnya, mirip dengan Gunung Bromo di Jawa Timur. Kamu bisa menikmati pemandangan cantiknya laut biru Flores dengan latar Pulau Adonara dan Gunung Ile Boleng, kamu juga bisa menyaksikan indanya matahari terbit dan terbenam dari puncak Gunung Ile Api.

 

7. Gunung Api Boleng

gunung api boleng

Keindahan alam di Gunung Api Boleng ini masih sangat terjaga, cocok untuk di jadikan tempat berlibur. Gunung ini terletak pada ketinggian 1.661 meter diatas permukaan laut, dari atas puncak gunung ini kamu akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang sangat indah mempesona, hingga kamu enggan untuk berpaling.

 

8. Gunung Inerie

gunung inerie

Gunung Inerie ini terletak di Flores, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Bentuk gunung ini sangat unik karena mengerucut seperti Piramida, dengan ketinggian 2.245 meter diatas permukaan laut. Untuk melihat keindahan Gunung Inerie kamu bisa melihatnya dari Aimere, dari sini kamu bisa melihat kedua sisi gunung ini sangat lurus menyerupai piramida

Baca  Rekomendasi objek wisata yang ada di Belu, Nusa Tenggara Timur

 

9. Gunung Batutara

gunung batutara

Keindahan dari Gunung Batutara ini tidak kalah cantik, namun gunung ini merupakan gunung berapi yang aktif setiap 20 menit sekali. Untuk melihat gunung ini secara langsung kamu perlu berlayar dari pelabuhan Jeti saat jam 2 dini hari agar kamu melihat suasana semburan larva yang menarik dan terlihat jelas di malam hari.

 

10. Gunung Fatuleu

gunung fatuleu

Gunung ini memiliki ketinggian 1.111 meter di atas permukaan laut, dan menjadi titik tertinggi Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dalam bahasa Dawan Timor Fatuleu artinya Batu Keramat, karena dahulukala gunung ini memang dikeramatkan dan di upacarai bahkan di jadikan tempat sesajen serta di persembahyangkan. Semenjak ramai wisatawan yang datang ke Gunung Fatuleu, tidak ada lagi aktivitas menaruh sajen serta sembahyang di tempat ini.

 

Itulah 10 Rekomendasi Gunung Indah Favorit Wisatawan di Nusa Tenggara Timur. Gunung mana nih yang ingin kamu taklukkan?

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *