Tempat wisata di Nduga

Destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Nduga, Papua Pegunungan

Table of Contents

Nduga merupakan salah satu kabupaten yang terletak di pulau ujung timur Indonesia, yakni Pulau Papua. Kabupaten Nduga tepatnya terletak di Provinsi Papua Pegunungan. Provinsi Papua Pegunungan ini adalah satu-satunya provinsi yang tidak memiliki wilayah pesisir. Jadi di Kabupaten Nduga ini kamu tidak akan menemukan destinasi wisata berupa pantai. Dulunya, kabupaten Nduga ini pernah menjadi bagian dari Kabupaten Jayawijaya, lalu kabupaten Nduga ini dibangun pada tanggal 8 Januari 2008. Kabupaten Nduga memiliki luas wilayah sekitar kurang lebih 2.168 kilometer persegi. Wilayah Kabupaten Nduga ini terbentang di hamparan Lembah Baliem yang berada di ketinggian sekitar 1.500 hingga 2.000 mdpl. Kabupaten Nduga ini terdiri dari 32 Distrik dengan 248 kampung.

 

Destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Nduga, Papua Pegunungan

 

Nduga memiliki keindahan alam yang sangat mempesona dan masih sangat terjaga keasriannya. Banyak wisatawan yang rela mengeluarkan budget yang cukup besar untuk bisa berlibur di wilayah Kabupaten Nduga ini. Selain memiliki pemandangan yang masih sangat asri, Kabupaten Nduga ini juga memiliki suasana yang sangat sejuk. Berikut adalah beberapa Destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

 

Puncak Trikora

Puncak Trikora

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi ketika mendengar atau melihat kata “Puncak Trikora”, karena puncak Trikora ini dikenal oleh para wisatawan sebagai destinasi wisata yang memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Puncak Trikora ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 4.751 mdpl sehingga membuat Puncak Trikora ini dinobatkan sebagai puncak ketiga tertinggi di Indonesia.

Sedangkan puncak tertinggi pertama dan tertinggi kedua di Indonesia secara berurutan ditempati oleh Puncak Jaya dan Puncak Mandala. Wilayah Puncak Trikora ini memiliki kawasan hutan yang kerap disebut dengan Dipterokarp Bukit, Dipterokarp Atas, dan Hutan Mantone.

Baca  Tempat Wisata yang bisa kamu kunjungi di Sarmi, Papua

Dahulu, pada masa penjajahan Belanda, Puncak Trikora ini lebih dikenal sebagai puncak Wihelmina. Namun seiring berjalannya waktu dengan kemerdekaan negara Indonesia, pada masa jabatan Soekarno sebagai presiden Negara Indonesia, Gunung Wihelmina ini berubah nama menjadi Puncak Trikora. Trikora merupakan sebuah singkatan dari Tri Komando Rakyat.

Puncak ini memiliki sebuah keunikan yang jarang bisa ditemukan di puncak gunung daerah lainnya, yakni keunikan tersebut berupa daratannya yang bersalju. Jadi inilah gunung di daerah tropis satu-satunya yang memiliki daratan bersalju. Ini merupakan salah satu daya tarik wisata untuk mengunjungi dan mendaki Gunung ini. Kamu akan menemukan sensasi yang berbeda setelah sampai di puncak Gunung Trikora. Namun destinasi wisata yang satu ini terkenal dengan jalur pendakiannya yang cukup sulit dan ekstrim. Hal tersebut membuat kamu harus menyiapkan budget yang cukup besar untuk bisa sampai di puncaknya. Kamu tidak perlu khawatir, karena semua perjuangan kamu akan terbayarkan ketika sudah sampai di Puncak Gunung Trikora. Dari atas puncak, kamu bisa menikmati keindahan pemandangan pulau Papua yang mampu memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Jadi persiapkan lah bekal dan barang bawaan kamu serta persiapkan tenaga dan fisik kamu sebelum menaklukkan puncak Gunung Trikora ini.

 

Batas Batu Wamena

Batas Batu Wamena

Kawasan Papua terkenal akan bentang alamnya yang berupa pegunungan, perbukitan, bebatuan dan lain sebagainya. Papua memiliki banyak destinasi alam yang sangat unik, salah satunya adalah Batas Batu. Mendengar namanya, kamu pasti akan terbayang dengan sebuah wilayah yang dipenuhi dengan bebatuan. Namun nyatanya, Batas Batu memiliki penampakan yang bukan seperti itu.

Batas Batu merupakan sebuah gunung bebatuan yang tersusun menyerupai benteng. Pernyataan tersebut diperkuat dengan fungsi gunung ini yang merupakan perbatasan antara kabupaten Nduga dengan Kabupaten Jayawijaya. Destinasi wisata yang satu ini memiliki suhu udara yang sangat dingin, suhu di tempat ini terkadang bisa mencapai 4 hingga 5 derajat celcius. Jadi kamu tidak akan menemukan sebuah permukiman ataupun penduduk yang tinggal di sekitar Batas Batu ini. Kamu juga akan menemukan sebuah pemandangan bebatuan besar berwarna putih yang terlihat seperti diselimuti salju.

Baca  10 Tujuan Wisata Bali yang Terkenal dan Hits

 

Lembah Baliem

Lembah Baliem

Lembah Baliem merupakan sebuah lembah yang terletak di Pegunungan Jayawijaya. Lembah Baliem ini terletak di ketinggian sekitar 1.600 mdpl. Lembah Baliem ini dikelilingi oleh deretan pegunungan yang memiliki pemandangan yang sangat indah dan masih sangat terjaga keasriannya. Suhu di Lembah Baliem ini bisa mencapai 10 hingga 15 derajat celcius pada saat malam hari. Lembah Baliem ini juga dikenal dengan nama Grand Baliem Valley. Lembah Baliem merupakan tempat tinggal suku Dani yang bermukim di Kampung Wosilimo. Kamu juga bisa menemukan beberapa suku lain yang tinggal di Lembah Baliem selain suku Dani, yakni Suku Yali dan Suku Lani. Lembah Baliem memiliki panjang sekitar 80 kilometer dengan lebar sekitar 20 kilometer.

 

Demikianlah beberapa Destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Nduga, Papua Pegunungan. Apakah kamu tertarik untuk menjelajahi destinasi wisata yang ada di atas?

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *