Tempat wisata di kabupaten nagekeo

7 Objek Wisata di Nagekeo, Nusa Tenggara Timur. Wajib banget kamu kunjungi!

Table of Contents

Apakah yang kamu bayangkan ketika mendengar kata Nusa Tenggara Timur? Yap pastinya keindahan alamnya yang mempesona, nyaman dan juga tenang. Nusa Tenggara Timur memiliki salah satu wilayah yang menawarkan semuanya, yakni Nagekeo. Nagekeo merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Jika kamu merencanakan berlibur ke Nusa Tenggara Timur, maka janganlah lupa untuk mengunjungi Kabupaten Nagekeo. Nagekeo memiliki banyak objek wisata yang memiliki keunikan yang beragam. Maka tak heran lagi jika Nagekeo ini menjadi tempat liburan yang menarik bagi wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

 

7 Objek Wisata di Nagekeo, Nusa Tenggara Timur.

Berikut adalah 7 objek wisata yang wajib banget kamu kunjungi di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur ini.

 

Gunung Ebulobo

gunung ebulobo

Gunung Ebulobo merupakan sebuah gunung stratovolcano yang terletak di kawasan bagian selatan Nagekeo, yakni tepatnya di Kecamatan Boa Wae, Kabupaten Nagakeo, Nusa Tenggara Timur. Gunung ini juga dikenal dengan nama Emburombu atau disebut juga dengan Puncak Nagekeo. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 2.124 mdpl. Hal tersebut menyebabkan hawa udara di atas puncak gunung ini akan terasa menyejukkan. Sesampai di puncak Gunung Ebulobo, kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan yang sangat indah.

Namun, untuk sampai ke puncak, tentunya kamu akan melewati rintangan yang tidak begitu mudah. Kamu harus trekking dan pastinya menghabiskan tenaga. Rasa lelah mu akan terbayar kan saat kamu sudah sampai di Puncak Gunung Ebulobo ini.

 

Pantai Ena Gera

pantai ena gera

Pantai Ena Gera Merupakan sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Mauponggo, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur. Pantai Ena Gera ini merupakan pantai yang memiliki hamparan pasir hitam yang lembut di bibir pantainya. Pantai ini termasuk pantai yang sangat unik dibandingkan pantai-pantai lainnya yang ada di kawasan daerah selatan Nagekeo tepatnya Kecamatan Mauponggo, yakni hanya pantai ini yang berpasir, sisinya berbatu.

Baca  Objek wisata terindah yang ada di Pohuwato, Gorontalo

Konon katanya, menurut warga sekitar ada seorang pemilik tanah terjebak dalam gua kelelawar, orang tersebut bernama Gera. Konon katanya Gera berhasil keluar dari gua tersebut berkat bantuan seekor kutu yang menggali terowongan untuk keluar, Nama Gera kemudian dijadikan sebagai nama objek wisata ini. Sedangkan kata Ena dalam bahasa masyarakat setempat berarti Pantai. Sehingga arti dari Pantai Ena Gera berarti pantai Pantai Gera. Kamu bisa berburu bermacam wisata kuliner di pinggir pantai Ena Gera ini.

 

Pantai Kota Jogo

pantai kota jogo

Pantai Kota Jogo merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Anakoli, Kecamatan Wolowae, Kabupaten Nagakeo, Nusa Tenggara Timur. Untuk sampai ke Pantai ini, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Mbay Nagekeo. Terdapat pemandangan yang cukup unik di Pantai ini, yakni batuan karst yang melengkung hingga 8 meter, menjadi kelokan yang sangat keren dan sangat instagramable untuk dijadikan spot berfoto. Pantai ini memiliki ombak yang tidak begitu besar sehingga sangat cocok dijadikan tempat liburan bersama keluarga dan anak-anak.

Buat kamu yang suka akan tempat yang tenang, kamu bisa mencoba mengunjungi pantai ini, karena masih belum ramai dikunjungi. Selain itu, buat kamu yang hobi berfoto, kamu bisa mengunjungi tempat ini, karena menyuguhkan pemandangan pantai yang sangat indah.

 

Puncak Kesidari

puncak kesidari

Selain pantai, Nagekeo juga memiliki objek wisata yang terletak di ketinggian, yakni puncak Kesidari. Kesidari merupakan sebuah bukit yang terdapat di Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur. Bukit ini berjarak tidak jauh dari pusat kota. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke Bukit Kesidari ini. Dari atas puncak, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan Nagekeo serta hamparan savana Bukit Kesidari tampak di depan mata. Kamu juga bisa melihat hamparan sawah yang terbentang luas.

Baca  Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Kalimantan Selatan

 

Pantai Nagelewa

pantai nagelewa

Pantai Nagelewa merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Aeramo, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur.  Pantai ini memiliki pemandangan indah nan eksotis. Yakni terdapat hamparan pasir yang lembut berdampingan dengan hamparan laut yang luas. Kamu memerlukan waktu sekitar 20 menit perjalanan untuk sampai ke pantai ini dari pusat Kota Mbay. Pantai ini diapit oleh bukit, sehingga untuk menikmati pemandangan secara keseluruhan, kamu bisa mendaki ke atas bukit tersebut.

 

Air Terjun Ngabatata

air terjun ngabatata

Air Terjun Ngabatata terletak di Desa Rendu Butowe, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur. Untuk sampai ke objek wisata air terjun ini, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 20 kilometer jika berkendara dari Pusat Kota Mbay sampai ke Rendu. Lalu kamu akan melanjutkan perjalanan menuju Desa Rendu Butowe yang jauhnya sekitar 4 kilometer.

Sesudah sampai di Desa Rendu Butowe, kendaraan akan di parkirkan di dusun Roga-Roga. Lalu kamu akan melakukan trekking sejauh 2 kilometer untuk sampai ke Air Terjun Ngabatata. Maka gunakan lah pakaian yang nyaman. Perjuangan mu akan terbayar kan saat sampai ke Air Terjun Ngabatata. Air terjun ini memiliki pemandangan yang masih sangat asri dan hawa yang sejuk. Air Terjun ini memiliki tinggi sekitar 83 meter.

 

Kampung Adat Kawa Nagekeo

Kampung Adat Kawa Nagekeo

Kebanyakan masyarakat Nagekeo masih hidup secara tradisional dan mempertahankan tradisi dan budaya yang diwariskan oleh nenek moyang mereka. Salah satunya adalah Kampung Adat Kawa Nagekeo, Kampung Adat Kawa Nagekeo ini terletak di Desa Labolewa, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur. Kamu akan menempuh jarak sekitar 5 kilo meter untuk sampai disana dari kantor Desa Labolewa. Untuk bisa sampai kesana, kamu hanya bisa mengendarai sepeda motor atau berjalan kaki.

Baca  Tempat Wisata Menarik di Maluku Tenggara Yang Wajib Kamu Datangi

 

Nah itu dia beberapa objek wisata yang terdapat di Nagekeo. Semuanya memiliki keunikan tersendiri. Disarankan kamu untuk menyediakan uang cash ketika mengunjungi objek wisata diatas karena tentunya akan sedikit sulit untuk menemukan mesin ATM disana. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi ketujuh objek wisata di atas?

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *