6 Destinasi wisata yang terdapat di Gowa, Sulawesi Selatan

Table of Contents

Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian selatan Pulau Sulawesi. Provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Makassar. Provinsi Sulawesi Selatan memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Gowa. Gowa merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Ibu kota Kabupaten Gowa berada di Kelurahan Sungguminasa. Kabupaten Gowa ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Gowa.

 

6 Destinasi wisata yang terdapat di Gowa, Sulawesi Selatan

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sulawesi dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Gowa. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah 6 Destinasi wisata yang terdapat di Gowa, Sulawesi Selatan.

 

Air terjun Bantimurungna Gallang

 

Pergi dari pusat kota Gowa Kamu butuh berkendara mengarah desa Pao, yang lokasinya tidak begitu jauh. Lokasi air terjun pas ada di balik area PLTA Tombolo Pao, Kamu bermukim masuk tanpa melewati jalur selangkah. Suasana asri nan bagus akan Kamu temui ditambah batuan menawan yang mengelilinginya. Terus menjadi membuat Kamu senang lama terdapat disini.

Kamu disambut langsung dengan panorama alam air terjun setinggi 8 m. Gerakan air terjun nampak semacam benang putih lembut yang menjuntai. Nampak terus menjadi elok dengan tebing- tebing besar yang mengitari air terjun. Bagian dataran tebing itu ditumbuhi tumbuhan berpanjang- panjang dan ganggang bercorak hijau kekuningan, alhasil curug nampak lebih menawan.

Baca  Objek wisata yang terdapat di Minahasa, Sulawesi Utara

Pas di dasar air terjun ada kolam muat yang airnya amat bening. Kamu dapat main air serta berenang di kolam itu, tubuh juga terasa lebih fresh. Hawa sejuk khas pegunungan ikut menemani Kamu, karena lokasi curug pas di kaki Gunung Buhung Langit. Bila asian Kamu akan memandang pelangi di sekitar kolam, umumnya terjalin kala berakhir turun hujan.

Bila tidak mau berbasah angkuh Kamu dapat bersandar bebas di pendopo yang dibentuk oleh manager setempat. Dari pendopo Kamu konsisten dapat menikmati panorama alam yang menakjubkan dari wisata kebanggaan Gowa ini. Turis pula bisa mengutip gambar dengan lanskap alam air terjun yang mempesona. Pepohonan hijau serta air terjun akan jadi latar belakang yang apik.

Lokasi: Jalan Desa Pao, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Danau Tanralili

 

Saran yang awal tiba dari Danau Tanralili yang ialah Destinasi wisata populer dengan keeksotisannya. Danau ini tidak kalah bagus dengan Danau Ranu Kumbolo yang populer selaku wisata alam itu. Terdapat panorama alam yang memesona paling utama buat para turis yang tiba buat memandang gimana situasi alam di sekitar danau ini. Sayangnya perjalanan buat mengarah Danau Tanralili memanglah terhitung lumayan susah alhasil para turis wajib mempersiapkan benar situasi raga serta mentalnya buat menempuh perjalanan.

Danau Tanralili terdapat di Desa Manimbahoi yang terdapat di kaki Gunung Bawakaraeng. Wisatawan wajib menapaki kaki gunung dengan area yang tidak gampang namun akan tertebus sehabis memandang panorama alam di lokasi wisata.

Lokasi: Jalan Parigi, Kecamatan Manimbahoi, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Air terjun Parangloe

 

Gowa nyatanya pula populer dengan wisata alam air terjun yang dipunyanya. Jadi bengis eksklusif, air terjun parangloe ini mempunyai wujud yang istimewa. Terdapat lapisan batu yang buatnya nampak begitu natural serta air yang amat bening mengalir disitu. Sayangnya buat hingga di lokasi nyatanya tidak begitu gampang.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Air terjun parangloe ini ada di Desa Bori Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa. Sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Makassar serta melampaui jalur yang berbatu dan jalur setapak yang lumayan curam.

Lokasi: Jalan Belapunranga, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Benteng Somba Opu

 

Gedung memiliki yang dipunyai Gowa merupakan Benteng Somba Opu. Gedung ini sesungguhnya sudah tergenang apalagi sirna oleh aliran pasang. Namun di tahun 1990 benteng ini balik menemukan perbaikan. Tidak cuma benteng namun wisatawan dapat menemukan museum, bedil pekatu serta pula gedung rumah yang khas akan adat Bugis. Benteng Somba Opu ini ialah tempat yang cinta buat dilewatkan begitu saja.

Lokasi Benteng Somba Opu terdapat di Jalur Daeng Aturan, Kelurahan Benteng Somba Opu. Persisnya ada di Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa yang mempunyai jarak sekitar 7 kilometer dari kota Makassar.

Lokasi: Jalan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Air terjun Biroro

 

Perjalanan diawali dari kota Malino sepanjang kurang lebih 2 km, dapat menempuhnya dengan alat transportasi cakra 2 ataupun cakra 4. Kamu akan melampaui rute yang berkelok- kelok, kecil, serta bolong. Akses jalannya cukup susah sebab banyak tanjakan serta anak yang penuh daya ekstra. Upayakan penampilan alat transportasi pada kondisi bagus serta harus berjaga- jaga.

Sehabis datang di Desa Bontolerung Kamu masih butuh berjalan kaki sekitar 200 m. Dari tanah parkir setelah itu melewati jalur selangkah yang berbatu serta lumayan licin. Selama perjalanan Kamu disuguhi oleh hamparan persawahan besar dan bersusun. Berikutnya turun serta melalui jembatan bambu, kemudian hingga di destinasi alam ini.

Kamu akan memandang curug dengan ketinggian 15 m yang memanjakan mata. Basis airnya berawal dari Gunung Bawakaraeng alhasil terasa dingin serta sejuk. Di dasar air terjun ada kolam muat yang memiliki daya sekitar 8 m. Suasana alam yang masih asri serta dikelilingi pohon- pohon hijau membuat Kamu senang liburan disini.

Baca  Rekomendasi tempat wisata yang ada di Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Lokasi: Jalan Bonto Lerung, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Air terjun Takapala

 

Destinasi wisata di Gowa memanglah begitu beraneka ragam tercantum air terjun yang dipunyanya. Wisatawan yang tiba ke Air terjun Takapala ini akan jatuh cinta memandang air terjun yang diapit tebing- tebing batu serta sebagiannya ditumbuhi oleh rerumputan hijau. Terdapat pancaran sinar pelangi di lokasi air terjun yang menaikkan kecantikannya. Tetapi buat turun ke air terjun ini wajib lebih berjaga- jaga sebab melampaui bebatuan yang lumayan licin.

Lokasinya ada tidak jauh dari perkebunan Teh Malino Highland. Ada di Desa Bulu’ Tana, kecamatan Tinggimoncong kurang lebih 6 kilometer dari Kota Malino serta 66 kilometer dari pusat Kota Makassar.

Lokasi: Jalan Bonto Lerung, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Demikianlah 6 Destinasi wisata yang terdapat di Gowa, Sulawesi Selatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *