Pesona Gunung Rinjani

5 Pesona Objek Wisata Gunung Rinjani di Pulau Lombok

Table of Contents

Gunung Rinjani adalah sebuah gunung yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Karena pesona keindahan yang dimiliki, Gunung Rinjani ini termasuk ke deretan gunung yang cukup populer di kalangan para wisatawan. Memiliki ketinggian 3.725 mdpl, membuat Gunung Rinjani dinobatkan menjadi gunung tertinggi ketiga di Indonesia.

Gunung yang menjulang tinggi dan berdiri dengan gagahnya mendominasi pemandangan Lombok bagian timur ini berada di wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani yang masih terjaga keasriannya dan kaya akan objek wisata alami yang sangat menarik. Maka tak heran jika cukup banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan panorama alam yang dimiliki Gunung Rinjani.

Gunung Rinjani merupakan salah satu spot pendakian favorit bagi para pendaki, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Gunung ini memiliki medan yang sangat menantang dan cukup curam. Selain itu, Gunung Rinjani juga punya berbagai pesona yang sangat menarik. Berikut adalah 5 pesona objek wisata Gunung Rinjani.

Pesona Gunung Rinjani

Pesona Objek Wisata di Gunung Rinjani

Gunung Rinjani memiliki banyak pesona yang bisa menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya. Maka tidak heran jika para wisatawan rela datang dari jauh-jauh hanya untuk berlibur di sekitar gunung Rinjani ini. Lalu apa saja kah pesona indah milik Gunung Rinjani? Mari simak informasi di bawah.

 

  1. Padang Savana Sembalun Lawang

Padang savana sembalun lawang

Sembalun Lawang adalah salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Rinjani dan merupakan jalur yang sangat cocok dilalui oleh pendaki pemula. Di titik awal jalur pendakian Sembalun Lawang ini kamu akan menemukan Padang Savanan Sembalun Lawang

Padang Savana Sembalun Lawang menawarkan panorama khas savana sepanjang 6 km yang sebagian besar ditumbuhi oleh rumput-rumput yang menjulang dan memiliki tinggi sekitar 1 meter hingga 1,5 meter.

Baca  10 Rekomendasi Destinasi Wisata terpopuler di sekitar Kota Mataram, Lombok

Pemandangan savana yang sangat sempurna dengan berlatarkan kemegahan Gunung Rinjani yang memberikan kesan eksotis yang sangat asri dan penuh pesona. Jika kamu berkunjung kesini, jangan lupa untuk mengabadikan momen yang sangat sulit terulang tersebut, sambil menikmati keindahan pesona Gunung Rinjani.

 

  1. Plawangan Sembalun

plawangan sembalun

Plawangan Sembalun adalah suatu lokasi yang lumayan luas dan kerap dipakai sebagai tempat bermalam untuk para pendaki Gunung Rinjani. Plawangan Sembalun ini memiliki lokasi yang cukup rata dan landau sehingga sangat cocok dijadikan untuk tempat bermalam oleh pendaki. Selain itu Plawangan Sembalun ini berhadapan langsung ke Segara Anak, sehingga banyak dipilih oleh para pendaki.

Di lokasi ini, para pendaki dapat beristirahat untuk mengumpulkan tenaga dan setelah itu melanjutkan pendakian menuju puncak Gunung Rinjanu. Disaat sore tiba, panorama indahnya sunset akan terpapar di sekitar kawasan Plawangan Sembalun ini.

Jika beruntung, kamu bisa menikmati keindahan pulau lombok yang dilatar belakangngi oleh pesona warna senja. Selain itu, kamu juga dapat melihat beberapa puncak gunung dari tempat ini, seperti Gunung agung yang puncaknya di hiasi oleh awan.

 

  1. Segara Anak

segara anak

Segara anak adalah sebuah danau yang menawarkan keindahan yang sangat eksotis seperti Ranu Kumbolo yang ada di Gunung Semeru. Danau Segara Anak ini memiliki air yang berwarna sangat jernih dan pemandangan alam sekitar yang seru membuat siapa pun yang memandangi nya tidak akan bosan.

Segara Anak sangat cocok dikunjungi oleh kamu yang ingin mencari sebuah ketenangan. Pesona Segara anak akan menghipnotis siapapun yang berkunjung ke sana.

 

  1. Gunung Batu Jari

gunung batu jari

Gunung Batu jari juga sering disebut dengan nama Gunung Anak Rinjani. Gunung Batu Jari merupakan gunung baru yang berada di kaldera bagian timur area wisata. Gunung Batu Jari ini terbentuk sekitar pada tahun 1944. Gunung ini memiliki kawah dengan lebar sekitar 170 meter dan Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.296 sampai 2.376 mdpl.

Baca  Pantai Senggigi, Pantai terfavorit di pulau Lombok

Gunung yang kecil dan memiliki kesan eksotis ini terletak di atas Segara Anak. Gunung ini masih aktif dan sudah beberapa kali meletus. Gunung Batu Jari akan sangat indah saat dipadukan dengan jernihnya serta kebiruan air dari Danau Segara Anak. Hal ini merupakan salah satu daya tarik dari Pesona Gunung Rinjani.

 

  1. Puncak Gunung Rinjani

Puncak gunung rinjani

Tujuan utama dari pendakian gunung adalah untuk mencapai puncak dan menikmati suasana yang ada disana. Di atas puncak Gunung Rinjani kamu dapat menikmati pemandangan Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa dari atas ketinggian. Tentunya setelah sampai puncak gunung ini kamu akan merasa enggan untuk meninggalkannya.

 

Nah itu dia lima pesona objek wisata yang ada di sekitar dan di Gunung Rinjani yang bisa kita dapatkan saat berkunjung ke Pulau Lombok. Jika kamu merupakan pendaki pemula, sangat disarankan untuk kamu bergabung dengan para penyedia jasa pendakian di Objek wisata Gunung Rinjani ini. Selain terjaminnya keselamatan, kamu juga akan mendapatkan beberapa informasi tentang tempat ini dari mereka.

Selamat menikmati keindahan panorama yang disuguhkan Gunung Rinjani dan sekitarnya.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *