Tempat wisata di Klungkung

12 tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di kawasan Klungkung, Bali

Table of Contents

Klungkung adalah salah satu kabupaten terkecil yang ada di pulau Bali. Klungkung terletak di bagian timur pulau Bali. Dua per tiga wilayah dari kabupaten ini berbentuk kepulauan, yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan, Dan Nusa Ceningan. Walaupun memiliki wilayah yang kecil, Kabupaten Klungkung memiliki banyak objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Sangat banyak wisata alam maupun budaya yang dapat kamu jelajahi ketika liburan di Bali. Berikut adalah Deretan tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Klungkung, Bali.

 

  1. Angel’s Billabong

Angels Billabong

Lokasi: Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Angel’s Billabong adalah sebuah muara aliran sungai yang dikelilingi oleh tebing karang yang curam. Tempat ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, ditambah tebing karang yang tinggi serta warna air laut yang kebiruan, sunggu menambah kesan eksotis pada tempat ini.

 

  1. Pantai Pasih Uug

Pantai Pasih Uug

Lokasi: Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Klungkung memiliki sebuah pantai yang bernama “Pasih Uug” dalam bahasa bali, pasih berarti pantai, dan uug berarti rusak. Namun bukan berarti pantainya rusak, pantai ini tidak kalah eksotis dengan Angel’s Billabong.

Memiliki air pantai biru kehijauan, benar-benar panorama yang menyejukkan mata. Ditambah lagi dengan bentuk tebing yang kokoh sehingga menambah kesan eksotis untuk pantai ini.

 

  1. Tirai Air Terjun Tukad Unda

Tirai Air Terjun Tukad Unda

Lokasi: Tukad Yeh Unda, Semarapura Klod Kangin, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali.

Air Terjun Tukad Unda ini menyuguhkan sebuah panorama alam yang sangat menakjubkan. Terbentuk dari sebuah bendungan membuat aliran air terjun ini terlihat seperti tirai yang panjang. Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai latar untuk berfoto.

 

  1. Bukit Teletubies
Baca  Tempat wisata yang ada di Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Bukit Teletubies

Lokasi: Tanglad, Kecamatan Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Objek wisata selanjutnya adalah Bukit Teletubies. Disebut dengan bukit teletubies karena hamparan bukit hijau berundak ini menyerupai bukit yang ada di dalam film teletubies. Awalnya hamparan bukit ini bernama Bukit Pohon Gamal, karena tumbuhan yang ada disana biasa digunakan pakan ternak.

Bentuk bukit yang unik serta ramahnya warga lokal membuat wisatawan untuk mengunjungi bukit teletubies ini. Ada yang sekedar berfoto dan ada juga yang hanya bersantai menikmati alam.

 

  1. Goa Jepang Klungkung

Goa Jepang

Lokasi: Jalan Raya Banjarangkan, Desa Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali.

Terdapat sebuah goa bersejarah yang merupakan peninggalan zaman penjajagan jepang. Gua ini dibangun untuk menjadi tempat perlindungan tentara jepang saat perang dunia kedua. Terdapat 16 Gua dimana 14 gua saling terhubung satu sama lainnya, dan 2 gua lainnya terpisah dari yang lainnya. Tempat ini sangat cocok dikunjungi buat kamu yang suka akan sejarah.

 

  1. Manta Point

Manta Point

Lokasi: Sekartaji, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Manta Point adalah salah satu tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam bawah laut yang mempesona. Keindahan ekosistem bawah lautnya sungguh memanjakan mata untuk kamu yang suka diving ataupun snorkeling.

Diberi nama Manta Point karena tempat diving ini adalah keberadaan ikan Pari Manta yang menetap sepanjang tahun. Pada Musim kemarau, disana akan banyak ada ikan mola-mola yang beranang kesana kemari.

 

  1. Kerta Gosa

Kerta Gosa

Lokasi: Jalan Kenanga No.11, Semarapura Kelod, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali.

Kerta Gosa adalah sebuah bangunan bersejarah yang merupakan peninggalan Kerajaan Klungkung di tahun 1686. Saat ini Kerta Gosa menjadi tempat wisata dan berkembang menjadi 3 bangunan utama, yaitu Bale Kertha Gosa, Bale Kambang, dan Medal Agung.

Baca  Deretan rekomendasi gunung yang wajib kamu kunjungi di Kalimantan Selatan

Yang menjadi daya tarik wisatawan adalah bentuk arsitektur bangunan khas abad ke -17 yang unik dan amat bersejarah. Selain itu di langit-langit atapnya terdapat lukisan wayang yang menceritakan kasus dan jenis hukuman yang diterima jika melakukan kesalahan.

 

  1. Arung Jeram Sungai Melangit

Arung Jeram Tukad Melangit

Lokasi: Bakas, Kecamatan Banjarankan, Kabupaten Klungkung, Bali.

Sungai Melangit adalah salah satu sungai yang ada di kabupaten Klungkung. Memiliki kedalaman 4 meter dan panjang sekitar 7,5 kilometer. Sungai ini memiliki arus deras dan berkelak-kelok sehingga sangat cocok buat kamu yang suka olahraga arung jeram

Arung Jeram Sungai Melangit sangat cocok untuk orang dewasa ataupun anak-anak. Selama menikmati arung jeram, kamu akan disuguhkan oleh suasana alam yang asri dan dilengkapi oleh suara kicauan burung serta aktivitas kera-kera liar. Sungguh pengalaman liburan yang sangat menakjubkan.

 

  1. Goa Lawah

Goa Lawah

Lokasi: Jalan Raya Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

Bagi umat hindu, Goa ini biasa dijadikan tempat untuk melakukan upacara Meajar-ajar atau Nyegara Gunung. Pada hari tertentu goa ini akan dipadati oleh umat hindu.

Goa ini memiliki suasana yang cukup unik, di dalam nya terdapat ribuan kelelawar yang bergelantungan di dinding-dindingnya. Aroma dan suara dari kelelawar di goa ini menjadi daya tarik tersendiri pada goa lawah.

 

  1. Pantai Atuh

pantai atuh

Lokasi: Pejukutan, Kecamatan Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Pesona sunrise di pantai ini membuat siapa pun yang menyaksikannya menjadi terpukau. Memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan air laut jernih berwarna biru, sungguh pemandangan yang memanjakan mata. Di sebelah kiri pantai terdapat tebing yang bernama Tanjung Juntil.

 

  1. Goa Giri Putri

Goa Giri Putri

Lokasi: Suana, Kecamatan Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Baca  Rekomendasi wisata pantai terindah di Kalimantan Utara

Goa giri putri adalah sebuah goa yang didalamnya terdapat sebuah pura. Goa ini berada di ketinggian 150 mdpl dan memiliki panjang 310 meter. Pura ini menjadi tempat pemujaan untuk umat hindu. Jadi wisatawan tidak diperbolehkan bertindak sesuka hati dan senantiasa menjaga sopan santun.

 

  1. Tembeling Water Spring

Tembeling Water Spring

Lokasi: Batu Madeg, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Tembeling Water Spring atau biasa disebut Natural Swimming Tembeling. Disebut Tembeling karena mata air ini ditemukan oleh seorang ibu hamil (beling). Dulu tempat ini menjadi sumber mata air bagi warga sekitar, kini tempat ini sudah berubah menjadi objek wisata indah dan tersembunyi di Nusa Penida.

 

Itu dia 12 tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di kawasan Klungkung, Bali. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

Selamat berlibur.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *