Wisata kuliner di sumbawa

10 Wisata Kuliner Khas Sumbawa yang wajib kamu coba

Table of Contents

Selain memiliki keindahan alam yang sangat mempesona, Pulau Sumbawa juga memiliki wisata kuliner yang tidak kalah nikmat dengan wilayah lain. Pulau Sumbawa memiliki beragam olahan kuliner yang sangat menarik perhatian kalangan para pecinta kuliner nusantara. Pulau Sumbawa terdiri dari beberapa kabupaten di Nusa Tenggara Barat yang memiliki beragam wisata kuliner pastinya.

 

Saat berlibur ke Pulau Sumbawa, tentunya belum lengkap jika tidak mencicipi olahan kuliner khas Pulau Sumbawa. Sama seperti di wilayah lain, Pulau Sumbawa juga memiliki banyak menu kuliner andalan. Berikut adalah rekomendasi wisata kuliner khas pulau Sumbawa.

 

10 Wisata Kuliner Khas Sumbawa yang wajib kamu coba

Menu makanan di bawah merupakan kuliner khas dari Pulau Sumbawa, mari simak agar kamu tahu apa saja kuliner khas Pulau Sumbawa yang memiliki citarasa sangat nikmat.

 

  1. Singang

singang

Singang merupakan salah satu makanan khas Pulau Sumbawa. Makanan ini mirip seperti gulai ikan. Singang ini merupakan kuliner olahan dari ikan bandeng atau ikan kakap yang di potong-potong menjadi beberapa bagian, lalu di tumis. Bumbu yang digunakan untuk membuat Singang antara lain bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, dan asam jawa. Selain itu, diperlukan cabai dan kemangi saat proses pembuatannya. Memiliki rasa yang gurih, pedas, dan sedikit asam, membuat makanan ini ramai diminati oleh para pecinta kuliner. Olahan kuliner yang satu ini pastinya bakal bikin kamu ketagihan. Ada banyak rumah makan yang menyediakan singang, terutama di kawasan dekat monumen arah Kota Sumbawa Besar.

 

  1. Palumara

Palumara

Buat kamu yang lagi menikmati liburan di pantai daerah Sumbawa, kamu bisa mencoba mencicipi sebuah olahan kuliner bernama Palumara. Palumara merupakan makanan yang terbuat dari olahan kepala ikan yang disajikan dengan kuah santan. Ikan yang biasa digunakan untuk membuat Palumara adalah Ikan tongkol, cakalang, atau kakap. Kamu bisa menemukan rasa segar dari tomat merah dan belimbing buluh yang terdapat di dalam kuah makanan ini sehingga sangat cocok disajikan saat makan siang. Kamu bisa menemukan olahan kuliner ini di sekitar kawasan Pantai Lakey, Pantai Kenawa, dan juga Gunung Tambora.

Baca  Destinasi wisata paling populer di Aceh Utara, Aceh

 

  1. Sepat

sepat

Olahan kuliner berbahan dasar ikan sepertinya menjadi menu andalan di Pulau Sumbawa. Selain Singang  dan Palumara, kamu juga bisa menemukan olahan kuliner berbahan dasar ikan di Pulau Sumbawa, yakni Sepat. Makanan ini terbuat dari ikan kakap atau ikan baronang yang di bakar dan disajikan dengan kuah sepat, nasi, sambal tomat, dan juga mentimun.

Yang menjadi daya tarik dari olahan kuliner kali ini adalah kuah sepat nya yang terasa begitu nikmat dan segar. Kuah sepat ini terbuat dari potongan mangga muda, daun aru, terung, mentimun, belimbing wuluh, tomat, kemiri, dan juga asam Sumbawa. Semua bahan tersebut dicampur dengan air hangat. Kamu bisa menemukan olahan kuliner yang satu ini saat berkunjung ke Pantai Goa, Sumbawa.

 

  1. Uta Londe Puru

uta londe puru

Uta Londe Puru adalah makanan khas Sumbawa yang terbuat dari ikan bandeng yang di bakar. Yang unik dari kuliner ini adalah bumbu Ikan bandeng bakarnya hanya berupa air garam, namun menghasilkan rasa yang sangat gurih dan sedikit manis. Uta Londe Puru biasanya disajikan dengan sambal kecap serta irisan buah jeruk lemon. Kamu bisa menemukan olahan kuliner ini di pantai-pantai yang ada di Sumbawa.

 

  1. Jangan Bage

jangan bage

Jangan Bage merupakan sebuah olahan kuliner yang terbuat dari ikan mangkawal yang diolah dengan cara digoreng. Sebelum digoreng, ikan akan direndam di dalam air asam jawa untuk menghilangkan bau amis dan meningkatkan cita rasa. Rasa makanan ini sangat lezat dan nikmat, apalagi jika dicocolkan ke sambal yang sangat pedas. Kamu bisa menemukan olahan kuliner ini di rumah makan atau restoran-restoran yang ada di tepi pantai-pantai di Sumbawa.

Baca  Objek wisata paling populer di Bener Meriah, Aceh

 

  1. Uta Janga Puru

uta janga puru

Sumbawa memiliki sebuah kuliner yang serupa dengan ayam taliwang khas Lombok, yakni Uta Janga Puru. Ayam di lumuri bumbu berupa bawang merah, bawang putih, garam, merica putih, dan juga minyak sayur. Ayam didiamkan beberapa menit, lalu setelah itu dibakar hingga ayam berubah warna menjadi agak kecokelatan. Setelah didiamkan beberapa menit, ayam dibakar sampai kecokelatan di kedua sisinya.

Olahan kuliner Uta Janga Puru biasa disajikan dengan sambal doco sia dungga. Bagi kamu yang suka makanan manis, kamu bisa meminta untuk ditambahkan olesan madu sebelum ayamnya di bakar. Kamu bisa menemukan makanan ini di banyak objek wisata, terutama pantai.

 

  1. Uta Maju Puru

uta maju puru

Ini adalah salah satu olahan kuliner yang cukup unik di Sumbawa. Uta Maju Puru merupakan olahan kuliner berbahan dasar daging rusa. Makanan ini berupa dendeng daging rusa yang diolah melalui proses pengeringan, lalu di panggang. Kuliner ini kerap dijadikan buah tangan oleh para wisatawan.

 

  1. Gecok

gecok

Gecok merupakan sebuah makanan yang berbahan dasar, daging dan jeroan sapi. Daging dan jeroan sapi tersebut akan digoreng lalu di campurkan dengan bumbu tumis khas Sumbawa. Di olahan ini juga terdapat irisan belimbing wuluh yang menciptakan rasa segar pada kuliner yang satu ini. Kamu bisa menemukan gecko di beberapa rumah makan tepi jalan dekat Kota Sumbawa.

 

  1. Rarit

rarit

Rarit merupakan olahan makanan berbahan dasar daging sapi. Olahan kuliner ini berupa daging sapi yang dicincang, lalu di keringkan hingga setengah kering. Rarit memiliki bumbu yang kaya rempah sehingga menjadikan kuliner ini menjadi menu favorit para wisatawan.

 

  1. Bubur Palopo

bubur palopo

Pada umumnya bubur akan disajikan dengan kuah santan. Namun bubur khas Sumbawa ini menggunakan susu kerbau sebagai pengganti santan. Selain itu, Bubur Palopo berisi gula merah dan air rebusan terong kuning. Bubur Palopo ini memiliki rasa manis yang pas dan rasa gurih

Baca  5 Tempat Wisata Banyuangi Yang Murah dan Indah Banget!

 

Nah itu dia beberapa wisata kuliner yang bisa kamu coba saat berwisata ke Pulau Sumbawa. Kuliner apa nih yang mau kamu cobain duluan?

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *