Tempat wisata yang terdapat di Labuhanbatu, Sumatera Utara

Tempat wisata yang terdapat di Labuhanbatu, Sumatera Utara

Table of Contents

Tempat wisata yang terdapat di Labuhanbatu, Sumatera Utara – Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah tenggara Provinsi Aceh. Provinsi Sumatera Utara ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Medan. Provinsi Sumatera Utara memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Labuhanbatu. Labuhanbatu merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Ibu kota Kabupaten Labuhanbatu berada di Rantau Prapat. Kabupaten Labuhanbatu ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Labuhanbatu.

 

Tempat wisata yang terdapat di Labuhanbatu, Sumatera Utara

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Labuhanbatu, Sumatera Utara. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata yang terdapat di Labuhanbatu, Sumatera Utara.

 

Pantai monyet

 

Pantai ini dikenal dengan sebutan pantai monyet karena dikelilingi oleh kawanan monyet yang banyak. Pantai ini adalah rumah bagi hampir seratus kelompok monyet yang berbeda, bukan hanya satu. Masing-masing monyet ini dilindungi oleh pemerintah untuk mencegah penangkapan sembarangan dan hidup dalam kebebasan. Meski hidup di alam liar, jika tidak diganggu terlebih dahulu, mereka tidak akan menyerang manusia.

Selain itu, pantai ini berada di tengah hutan sehingga Anda masih bisa menikmati tetesan air yang jatuh dari tebing batu. Anda juga dapat menyewa perahu untuk menjelajahi daerah tersebut dan menikmati pemandangan. Kalau punya banyak waktu, silakan ke air terjun atau Teluk Ginjang karena letaknya dekat. Untuk menuju Tempat wisata populer berikutnya, Anda bisa naik perahu.

Baca  Tempat wisata yang ada di Sibolga, Sumatera Utara

Karena harus berjalan kaki beberapa meter melewati hutan terlebih dahulu, akses menuju Tempat wisata ini cukup sulit namun cocok untuk para trekker. Sangat menyenangkan dan keren.

Lokasi: Silumajang, Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara.

 

Aek Buru

 

Tempat wisata populer berikutnya adalah sungai indah dengan bebatuan besar yang memukau. Karena ukuran dan lebarnya, Sungai Aek Buru menjadi tempat liburan keluarga yang sangat indah. Tak hanya bisa melihat air sebening kristal, siapapun yang mendengar gemericik air juga akan merasa lebih sejuk. Juga tanaman hijau di sekitar jalur air sangat indah dan mempesona.

Usahakan mengunjungi lokasi ini bersama orang tersayang, dan jangan lupa membawa alat pancing lengkap karena masih banyak ikan segar di sungai ini yang bisa disantap. Sembari memancing, serunya bukan berwisata.

Lokasi:  Aek Buru Selatan, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara.

 

Hajoran

 

Hutan lebat yang unik dengan suasana horor yang berbeda. Kenapa disebut “horor”? Karena hutannya yang begitu luas dan lebat membuat Anda yang belum pernah ke sana akan kesulitan menemukan jalan keluarnya.

Jika Anda tidak berpengalaman memasuki hutan, Anda harus bersama orang-orang yang terbiasa menaklukkan hutan karena sensasinya akan sangat berbeda. Pecinta alam biasanya memasuki hutan ini untuk berpetualang sambil menikmati kesejukan dan pemandangan yang indah. Udaranya juga sangat bersih karena rimbunnya pepohonan yang lebat.

Lokasi: Hajoran, Kecamatan Sungai Kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

 

Aek Ronggas

 

Berbeda dengan Hajoran, merupakan hutan yang terkenal dan banyak dikunjungi. Pengunjung datang setiap hari untuk melakukan trekking dan berjalan kaki melewati hutan. Aek Ronggas banyak dikunjungi para pecinta alam secara berkelompok, terutama para pemula yang ingin mencoba jalan-jalan di dataran tinggi. Kesegaran dan kesejukan udaranya dapat merilekskan tubuh. Cobalah habiskan akhir pekan di lokasi ini bersama teman atau keluarga.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Asahan, Sumatera Utara

Lokasi: Hasang, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara.

 

Air Terjun Linggahara

 

Air Terjun Linggahara yang sangat anggun dan eksotik menjadi tujuan wisata alam selanjutnya. Karena banyaknya bebatuan kecil yang menumpuk, air terjun ini menghasilkan cipratan air yang khas. Selain itu, airnya tidak terlalu deras, membuatnya sangat damai dan menyenangkan.

Fasilitas di kawasan ini sudah sangat lengkap, seperti kamar mandi, ruang penyimpanan, gazebo dan mushola. Bagi Anda yang muslim dapat menggunakan mushola tersebut untuk ibadah. Lokasi yang dapat dicapai hanya dalam waktu 20 menit karena letaknya yang dekat dengan kota memasuki. Itupun dengan rute yang muda .

Lokasi: Jl. Linggahara, Lobusona, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara.

 

Turunan Sikkam

 

Kolam renang alami ini memiliki nama yang tidak biasa. Airnya yang jernih dan spotnya yang sempurna membuat banyak orang ingin datang ke spot ini untuk mandi atau berendam sambil bercanda. Sederhananya, melintasi hutan terlebih dahulu membutuhkan perjuangan yang sangat berat untuk mencapai lokasi ini. Bagi Anda yang jarang melakukan traveling, jangan ajak anak kecil dulu karena jalurnya sangat sulit untuk orang dewasa.

Lokasi : Poldung, Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara.

 

Air Terjun Bertingkat

 

Secara alami, lokasi ini adalah surga bagi anak-anak muda yang menyukai air. Karena airnya jernih dan lokasinya mudah dijangkau, memungkinkan untuk membawa anak-anak di bawah lima tahun. Hanya saja diperlukan pengawasan tambahan agar kondisi tetap terjaga dengan aman. Lokasinya berada di Desa Hatapang, jadi dari pusat kota mungkin hanya memakan waktu satu jam.

Lokasi:  Jl. Linggahara, Lobusona, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara.

Baca  Objek wisata terindah yang ada di Tapanuli Utara, Sumatera Utara

 

Pulau Sikatan

 

Yang menakjubkan di tengah sungai adalah Pulau Sikantan. Karena dikelilingi banyak muara sungai, pulau ini memiliki keindahan yang tidak biasa. Sungai yang sangat bersih dan jernih mengalir dari hampir setiap sudut. Cocok untuk anda yang suka berenang dan bermain air.

Dibutuhkan waktu kurang lebih dua jam untuk mencapai pulau yang berjarak 90 kilometer dari kota ini. Itupun akses menuju lokasi masih cukup sulit, meski perjalanan lancar.

Lokasi:  Labuhan Bilik, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara.

 

Hadabuan Hill

 

Dapat disebut sebagai Bukit Hadabuan karena jalur trekking yang berat dan sulit ditemukan di sini. Selain lingkungan yang subur, terdapat banyak bebatuan granit di sekelilingnya. Saat Anda ke Bukit Hadabuan, Anda juga akan terkagum-kagum dengan pemandangan flora dan fauna yang ada.

Lokasi: Kecamatan Pematang. NA IX-X, Kabupaten Batu Labuhan, Provinsi Sumatera Utara.

 

Demikianlah Tempat wisata yang terdapat di Labuhanbatu, Sumatera Utara. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *