Kelilink.com
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries

Tempat Wisata di Sumatera Barat yang Wajib dimasukan ke Bucket List Kamu!

Menjelajahi Sumatera memang tidak ada habisnya, salah satu pulau terbesar di Indonesia ini terbagi menjadi 8 Provinsi menjadi Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Aceh, Bengkulu, Jambi, Riau, Lampung.

Luasnya pulau sumatera menjadikan pulau ini menyimpan banyak kekayaan ibu pertiwi yang tidak ada habisnya, di artikel kali ini kita akan bahas tempat – tempat wisata yang berada di provinsi sumatera barat.

Jika kamu mengunjungi Sumatera Barat, pastikan daftar tempat wisata ini ada di Bucket List kamu.

Tempat Wisata di Sumatera Barat

Janjang Seribu

Yang pertama adalah tempat wisata bernuansa luar negeri namun dengan kearifan lokal, Janjang Seribu berlokasi di Kota Bukit tinggi ini bisa disebut sebagai tembok besar Chinanya Sumatera Barat. Biasanya para wisatawan berbondong-bondong datang ke tempat wisata Great Wall ini.

Jika kamu ingin datang ke Janjang Seribu siapkanlah stamina mu dan jangan lupa bawa air minum. Janjang Seribu ini memiliki panjang kurang lebih 1 KM dengan panorama yang menakjubkan di sepanjang jalan.

Goa Jepang

Tempat wisata di Sumatera Barat selanjutnya adalah Goa Jepang yang berlokasi tidak jauh dari Janjang Seribu bahkan bisa dibilang bersebelahan.

Goa Jepang merupakan bangunan peninggalan Jepang dari masa penjajahan yang terletak di Bukit Tinggi. Bangunan ini dulunya dipakai untuk penjara sekaligus markas pertahanan jepang didirikan pada tahun 1942-1945.

Jam Gadang

Beralih dari Goa Jepang, kini kita bahas mengenai Jam Gadang. Tempat wisata ini sudah menjadi destinasi wajib bagi para wisatawan, jam ini memiliki nilai histori yang tinggi yang sudah ada sejak jaman penjajahan dulu. Jam Gadang menjulang tinggi 26 meter dan mempunyai lebar 13×4 meter.

Bagian paling atas dari Jam Gadang merupakan tempat penyimpanan bandul jam yang pernah patah pada tahun 2007 akibat gempa.

Di sekitaran Jam Gadang juga ada pasar yang dikenal dengan nama Pasar Bukit Tinggi, disana harganya murah-murah kalau kamu pandai menawar.

Pantai Padang

Pantai Padang adalah destinasi bahari yang wajib kamu kunjungi di Sumatera Barat, pantai ini mudah untuk dijangkau karena berada di dekat kota.

Warga lokal Padang biasanya menyebut pantai ini dengan TAPLAUĀ (TAPI LAUIK). Panorama pantai ini cukup indah dan ombaknya yang besar cocok untuk yang suka surfing.

Di Pantai ini juga ada banyak stand-stand makanan yang harus kamu coba, mulia dari jagung bakar, masakan laut, udang kepiting, bermacam minuman.

Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah memiliki keunikan tersendiri yaitu tradisi tabuiknya yang selalu diadakan tiap bulan Muharram. Pantai ini berlokasi di Kota Pariaman, kamu dapat mengunjungi destinasi ini dengan menggunakan jalur kereta api dengan harga tiket cuma 3.500.

Untuk masuk area pantai Gandoriah tidak dipungut biaya sama sekali untuk roda dua, roda empat, maupun berjalan kaki. Daya tarik pantai ini karena keindahan nya yang tak ada duanya serta kamu dapat melihat sunset yang bagus dari pantai ini.

Pantai Gandoriah juga dilengkapi dengan fasilitas pejalan kaki yang cukup bagus dan terhubung ke tempat wisata lainnya seperti ke Pantai Cermin, Pantai Kata dan yang lain.

Kepulauan Mentawai

Destinasi wisata yang satu ini tidak bisa dilewati, Kepulauan Mentawai merupakan destinasi wisata di Sumatera Barat yang sudah go internasional. Pesona yang begitu indah membuat kepulauan Mentawai bagaikan magnet bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di pantai ini banyak resort yang bisa kamu sewa untuk bermalam di pantai ini.

Kepulauan Mentawai terdiri dari empat pulau besar yaitu Pulau Sipora, Pulau Siberut, Pulau Pagai Utara, serta Pulau Pagai Selatan, Siberut merupakan pulau terbesar dari keempat pulau tadi, dan hanya pulau Siberut yang memiliki akses layanan pelayaran reguler yang menghubungkan Siberut dengan Pulau Sumatera.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Kepulauan Mentawai seperti tracking, surfing, atau cuma santai-santai saja menenangkan pikiran.

Untuk mengunjungi Kepulauan Mentawai kamu bisa menggunakan kapal motor penyebrangan dari Padang ke Mentawai, atau dengan pesawat kecil atau SMAC ke Tuapejat.

Itulah 6 Tempat wisata di sumatera barat yang wajib masuk Bucket List kamu, semoga bisa mengunjungi semuanya yah!

Share

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *