kuliner sulawesi tenggara

Rekomendasi kuliner yang wajib kamu cicipin ketika berada di Sulawesi Tenggara

Table of Contents

Sulawesi Tenggara mempunyai banyak sekali kuliner khas yang populer dengan Cita rasanya yang sanggup menggugah selera. Inilah saran kuliner khas Sulawesi Tenggara yang istimewa serta harus Kamu coba.

 

Rekomendasi kuliner yang wajib kamu cicipin ketika berada di Sulawesi Tenggara

 

Tidak cuma banyak dengan keelokan panorama alam alamnya, Sulawesi Tenggara pula mempunyai kuliner khas dari bermacam daerahnya. Jadi kalau liburan ataupun mendatangi Sulawesi Tenggara janganlah kurang ingat mencicipi kuliner istimewanya. Sebab kuliner di provinsi ini mempunyai rasa yang enak, Kamu juga tidak dapat menciptakannya di wilayah lain.

Kuliner khas ini dihidangkan dengan karakteristik khas memiliki aroma rempah tajam yang dapat menggugah selera, dan mempunyai cita rasa berbagai macam seperti asin, asam hingga pedas yang jadi karakteristik khas kuliner dari Sulawesi Tenggara ini.

Untuk Kamu yang akan liburan ataupun bertamu ke Sulawesi Tenggara, janganlah hanya mendatangi objek wisata saja tetapi wajib mencari kuliner pula. Sebab rasanya kurang komplit jika liburan jauh terlebih dari luar pulau apalagi dari luar negara namun belum mencicipi kulinernya. Berikut daftar Rekomendasi kuliner yang wajib kamu cicipin ketika berada di Sulawesi Tenggara.

 

Karasi

 

Karasi ialah kuliner khas yang memiliki Cita rasa manis dari warga setempatnya. Tidak cuma itu saja kuliner dari wilayah Kendari ini materi dasarnya dibuat dari jagung dan gula merah yang cair serta kerap diucap pula gola bone lonsa. Karena dulu masih tidak terdapat gula pasir serta pula aci beras.

Akan namun buat saat ini materi dasarnya ditukar jadi gula pasir serta aci beras sebab telah gampang buat diterima. Menariknya lagi kue ini dibangun serupa benar dengan rambut dan mempunyai gerong, yang di cap memakai tempurung kelapa.

 

Ikan Dole

 

Kuliner yang istimewa kedua terdapat ikan dole. Kuliner ini memiliki Cita rasa yang enak sebab materi dasarnya dari ikan tenggiri di aduk dengan kelapa muda. Kelapa muda inilah yang jadi penonjolan rasa enak yang dipunyai kuliner khas ini.

Kuliner ini berawal dari Sulawesi Tenggara persisnya di wilayah buton. Kuliner khas ini kerap disajikan buat orang lokal yang lagi melaksanakan acara. Metode buatnya gampang sekali ialah dengan menyiapkan materi semacam ikan tenggiri yang telah dibuang tulang dan durinya.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Gorontalo

Kemudian menggelek ikan tenggiri itu sampai jadi lembut, sehabis itu masukkan kelapa muda yang sudah diparut setelah itu campur hingga teraduk datar. Yang terakhir goreng adukan itu sampai matang.

 

Luluta

 

Luluta ini memiliki Cita rasa yang serupa dengan ikan dole ialah enak, karena pembuatannya dari materi beras yang dimasak memakai bambu. Kuliner ini amat terkenal sekali hingga tourist dari luar negara sebab objek wisata wakatobinya.

Kuliner khas ini berawal dari darah wakatobi serta kerap diketahui dengan julukan nasi bambu. Umumnya senantiasa disajikan bersama air kelapa muda.

Formula yang dipakai buat membuat Luluta ini lumayan simpel. Materi- materi yang wajib disiapkan ialah bambu, beras serta daun pisang. Sehabis itu, mencuci beras sampai bersih kemudian masukkan kedalam bambu yang sudah dilapisi dengan daun pisang itu.

Terakhir bakar bambu ini di atas kompor atau api dari kusen serta menunggu sampai matang. Kuliner ini amat sesuai disajikan bersama ikan bakar yang diletakkan di atas cobek.

 

Kasuami

 

Kuliner istimewa yang satu ini berbahan bawah ketela pohon. Kasuami ini mempunyai Cita rasa yang istimewa dan menggugah selera semacam enak, payau yang di lengkapi dengan rasa manis sebab berawal dari ketela.

Kuliner ini berawal dari wilayah wakatobi serta buton yang pula amat populer di warga setempat. Menariknya lagi penyajian kuliner ini terbuat mensekitari semacam tumpeng. Tidak hanya itu, umumnya kuliner ini dilengkapi dengan ikan bakar parende, ikan kuah bersama masih banyak lagi ikan fresh yang yang lain.

 

Sate Gogos Pokea

 

Kuliner khas Sulawesi Tenggara berikutnya terdapat sate gogos pokea. Kuliner khas ini mempunyai Cita rasa yang pedas dan enak dari warga setempatnya. Materi dasar dari olahan ini ialah daging kijing dan dilengkapi dengan sambal, masyarakat setempat kerap menyebutnya ialah bahan bacem rasa manis.

Kuliner ini dari Sulawesi Tenggara persisnya wilayah kabupaten Konawe, Kali Pohara. Bila Kamu bertamu ke Sulawesi tenggara sehingga kuliner semacam seafood ini amat mudah sekali Kamu temui.

Metode buatnya amat simpel ialah pertama- tama sediakan daging kijing yang telah dibersihkan kemudian tikam memakai bambu semacam sate. Sehabis itu bakar serta olesi sate memakai bahan khas Sulawesi tenggara itu.

Baca  Air Mata Belanda, Objek wisata Alam populer di Maluku Utara

 

Kabuto

 

Kabuto ini memiliki Cita rasa yang manis serta enak sebab ketela pohon serta ketela ialah materi dasarnya. Kuliner ini berawal dari wilayah Muna serta Buton. Kuliner khas ini tidak bisa hingga tertinggal sebab rasanya yang lezat, meski mempunyai julukan yang kira- kira berlainan dari umumnya.

Metode buatnya ialah dengan mempersiapkan materi bawah semacam ketela pohon serta ketela. Setelah itu kedua materi bawah itu dicampur sampai datar serta keringkan. Orang jawa biasa memanggilnya dengan gelar getuk. Metode menghidangkannya ialah dengan menambahkan parutan kelapa muda diatasnya.

 

Kapusu

 

Kuliner khas berikutnya terdapat Kapusu, kuliner ini memiliki Cita rasa manis dan berbahan dasar kacang merah yang di kombinasikan dengan jagung. Kuliner khas yang berupa bubur ini teksturnya melebur di lidah alhasil dapat membuat Kamu yang mencicipinya merasa ketagihan.

Metode buatnya pula begitu simpel. Awal sediakan materi bawah dari kacang merah serta jagung. Kemudian kombinasi kedua materi itu direbus bersama garam, gula serta bonus materi yang yang lain.

Setelah komposisi berganti jadi bubur sebab direbus, sehingga tandanya kuliner ini telah sedia buat disajikan. Kuliner ini amat lezat buat dinikmati kala masih terasa hangat.

 

Lapa- Lapa

 

Kuliner istimewa berikutnya terdapat Lapa- lapa yang memiliki rasa enak sebab berawal dari santan kelapa. Wilayah Buton ialah asal dari kuliner ini serta umumnya kerap ditemukan dalam dikala ramadan. Kuliner khas ini dapat mengambil alih nasi selaku hidangan buat berbuka puasa.

Lebih menarik lagi bila penyajiannya dilengkapi dengan ikan payau serta warga setempat umumnya mengenakan ikan Kaholeonarore.

Metode buatnya lumayan simpel yang awal wajib dicoba ialah mempersiapkan materi dasar kuncinya ialah beras dan suguhkan pula santan kemudian kedua materi itu direbus dengan cara berbarengan. Dikala cara perebusan kombinasi dari kedua materi itu telah dapat dipanggil Lapa- lapa.

Setelah itu berakhir direbus, Lapa- lapa separuh matang itu dapat dibungkus dengan janur kuning yang muda serta halus. Menggodok balik Lapa- lapa yang telah dibungkus dengan janur kuning mulanya. Menunggu sampai matang serta persembahan sedia buat dihidangkan.

 

Sinonggi

 

Kuliner dari Sulawesi Tenggara berikutnya terdapat Sinonggi. Kuliner khas ini harus Kamu coba bila ada di Sulawesi Tenggara serta mulanya kuliner ini berawal dari kaum Tolaki.

Baca  Pantai terindah serta paling populer di Sulawesi Barat

Pada membuat kuliner ini sehingga butuh mempersiapkan materi dasarnya ialah abuk bertam yang telah diolah dengan kuah rempah. Alhasil membuahkan rasa sinonggi yang begitu nikmat. Dalam dikala adat- istiadat mosonggi kuliner ini kerap dijadikan menu penting.

Adat- istiadat ini dicoba berbarengan oleh kaum Tolaki. Dalam tadinya kuliner khas ini dijadikan selaku kuliner utama masyarakat setempat. Akan namun kuliner utama saat ini ditukar dengan nasi, serta sinonggi jadi susah ditemui dan sangat jarang.

 

Sup Konro

 

Kuliner ini pastinya telah tidak asing lagi di kuping mayoritas orang. Betul, sup konro ialah olahan kuah yang dibuat dari tulang rusuk lembu serta memiliki komposisi berlemak. Metode membuat kuliner ini lumayan menyantap waktu yang lama pada perebusannya supaya bahan dapat menyerap ke daging.

Pada menghidangkannya sup konro ini dapat dikonsumsi bersama dengan nasi atau cuma dikonsumsi sup konronya saja. Terkait dari selera tiap- tiap.

 

Kanre Santan

 

Janganlah hingga terlewatkan mencicipi kanre santan ini sebab mempunyai rasa enak yang istimewa. Persembahan ini dibuat dari materi dasar nasi yang dicampur dengan santan, dan metode penyajiannya dapat bersama lauk pauk.

Masyarakat setempat umumnya menyantap kuliner ini dengan telur, daging angsa, perkedel, mie serta ikan tuna goreng. Bila Kamu berkeinginan sehingga dapat membelinya di warung- warung sekitar.

 

Bubur Sagelakuliner sulawesi tenggara

 

Makan terakhir terdapat bubur sagela yang pula tidak bisa Kamu lewati pula. Bila Kamu lagi liburan di Sulawesi Tenggara persisnya di area pantai sehingga tidak terdapat salahnya bila Kamu mencicipinya.

Hidangan ini dibuat dari bubur yang diberi bahan semacam bawang, cabe, tomat, serta lengkuas dan dicampur dengan ikan roa kering. Untuk Kamu yang mau menikmati persembahan ini tidak harus takut sebab ada di zona sekitar alhasil Kamu dapat membelinya dengan gampang.

 

Seperti itu sebagian Rekomendasi kuliner yang wajib kamu cicipin ketika berada di Sulawesi Tenggara. Tidak hanya mempunyai panorama alam bagus, provinsi ini pula mempunyai kuliner yang amat lezat dengan karakteristik khasnya tiap- tiap yang berlainan dari wilayah lain.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *