Air Mata Belanda

Air Mata Belanda, Objek wisata Alam populer di Maluku Utara

Table of Contents

Pulau Bacan yang terdapat di Maluku Utara mempunyai objek wisata menarik bernama Air Mata Belanda. Dari namanya saja nyatanya membuat orang penasaran, semacam apa sesungguhnya objek wisata yang terdapat di Halmahera Selatan ini. Sesungguhnya tempat ini merupakan suatu wisata Sungai yang mempunyai air bening.

 

Air Mata Belanda, Objek wisata Alam populer di Maluku Utara

 

Julukan yang istimewa ini berawal dari suatu narasi hikayat warga setempat mengenai satu keluarga berkebangsaan Belanda yang lagi berekreasi di Sungai ini. Seketika salah satu badan keluarga menjatuhkan perlengkapan makan, serta dikala hendak mengambilnya, salah satu badan keluarga itu turut larut ke Sungai, serta dikala keluarga yang lain mau menolongnya pula turut larut. Alhasil satu keluarga Belanda itu meratap histeris. Dari peristiwa itu sehingga tempat ini dikenal Air Mata Belanda.

 

Sungai dengan Air yang Jernih

 

Daya tarik penting dari tempat ini merupakan ada suatu gerakan Sungai yang mempunyai situasi air yang bening, bersih serta adem. Tempatnya tercantum di banat membuat suasana area di sekelilingnya masih amat natural serta asri. Menapaki Sungai merupakan kegiatan mengasyikkan yang dapat dicoba turis yang tiba ke sini.

Gradasi alam yang adem, hening serta natural membuat area wisata ini jadi tempat sempurna buat melepas capek serta tekanan pikiran hendak kegiatan rutinitas yang meletihkan. Situasi jeramnya yang semi lurus membagikan karakteristik tertentu dalam Sungai yang terdapat di wisata alam ini.

 

Trekking Melampaui Area Hutan Hujan Tropis

 

Daya tarik yang lain yang membuat banyak turis penasaran buat tiba ke mari merupakan rute trackingnya. Rute trekking buat dapat hingga ke Air Mata Belanda ini merupakan area hutan hujan tropis. Buat mengawali ekspedisi ke lokasinya tidak jauh dari Labuha yang terdapat di balik Kantor DPRD Halmahera Selatan. Setelah itu turis wajib berjalan sekitar 1 km melampaui padang rumput yang amat bagus sampai ke asal Sungai.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Pulau Morotai, Maluku Utara

Namun terdapat ketentuan yang wajib dipatuhi oleh turis yang tiba ke mari. Ialah tidak bisa memetik buah coklat dari tumbuhan yang sudah diikat memakai pita kuning ataupun pita merah. Sebab bagi keyakinan masyarakat setempat, bila terdapat yang berani mengutip buah itu sehingga dapat terserang teluh.

 

Alam yang Masih asri

 

Sebab lokasinya yang lumayan terasing, membuat situasi alam yang terdapat di sekitar area wisata jadi amat natural serta asri. Di area wisata ini ada banyak pepohonan yang menjulang besar serta amat produktif bercorak hijau yang memanjakan mata.

Tidak hanya turis bisa menikmati kebugaran dari air Sungai yang dingin, suasana sejuk pula dapat turis rasakan dikala ada di tempat ini. Ini ialah kombinasi yang amat pas buat yang mau melepas capek serta mencari kenyamanan benak dikala liburan di wilayah Maluku Utara.

Bila Kamu terpikat buat mendatangi Air Mata Belanda, Kamu wajib mendatangi Pulau Bacan yang terdapat di Kabupaten Halmahera Selatan di Maluku Utara. Buat dapat hingga ke lokasinya, Kamu dapat memakai alat transportasi individu dari pusat Kota Labuha ataupun memakai angkutan biasa.

Kamu bisa mengawali tracking dari balik Kantor Kabupaten Halmahera Selatan. Sehabis hingga di posisi, Kamu wajib melaksanakan ekspedisi berjalan kaki melewati tracking padang rumput serta hutan tropis sepanjang 1 km.

Harga karcis masuk ke Air Mata Belanda free tidak dipungut lazim nya, sebab lokasinya yang tidak diatur selaku objek wisata. Sebab itu dikala mendatangi posisi ini turis tidak dipungut bayaran serupa sekali nama lain free.

Sebab tidak terdapatnya pengelolaan wisata di tempat ini, membuat tempat ini pula tidak terdapat jam operasionalnya. Turis dapat tiba ke mari di jam berapapun, sebab dibuka sepanjang 24 jam. Namun durasi terbaik buat tiba melancong ke mari merupakan di pagi hari. Sebab dikala pagi hari suasana alam disini masih amat sejuk serta dingin, dibandingkan siang hari yang lebih panas.

Baca  Objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara

 

Aktivitas yang Menarik Dicoba di Air Mata Belanda, Halmahera Selatan

 

Menikmati Pemandangan Alam

 

Salah satu kegiatan menarik yang dapat turis miliki di area wisata di Maluku Utara ini merupakan menikmati pemandangan alam. Situasi alam yang masih asri di Air Mata Belanda, membuat orang yang mendatanginya bisa menikmati pemandangan alam buat melenyapkan tekanan pikiran.

Campuran antara air Sungai yang bening serta dingin, dan suasana area sekitar yang asri serta adem. Membuat siapapun yang tiba ke mari hendak merasa hening serta rukun. Ditambah lagi keributan serta banyak aktivitas perkotaan tidak hendak dialami di tempat ini. Alhasil turis hendak betul- betul merasa aman dikala liburan di tempat ini.

 

Main Air serta Berenang

 

Kegiatan menarik yang lain yang bisa dicoba oleh turis yang bertamu ke mari merupakan main air serta berenang di Sungai. Nyatanya turis yang tiba ke mari kala memandang situasi air Sungai yang bening serta dingin disini hendak terpikat buat main air serta menceburkan diri buat berenang.

Namun dikala mau berupaya berenang di Air Mata Belanda, yakinkan betul- betul dapat berenang. Meski di salah satu titik di gerakan Sungai ini tidak sangat kencang serta pada. Namun turis wajib lebih berjaga- jaga dikala berenang, serta wajib menanya pada masyarakat setempat apakah posisi itu diperbolehkan buat berenang serta main air.

 

Susur Sungai Sembari Mencari Spot Foto

 

Tidak hanya main air serta berenang di Air Mata Belanda, turis pula bisa melaksanakan kegiatan yang lain ialah menapaki Sungai. Kala menapaki Sungai turis hendak menciptakan banyak spot menarik yang dapat dijadikan selaku spot gambar pastinya.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Bantaeng, Sulawesi Selatan

Di kala menapaki Sungai nyatanya turis hendak menciptakan bermacam pemandangan alamnya yang mempesona hendak memanjakan mata. Alhasil selama ekspedisi bisa ditentukan tidak hendak merasa keletihan. Sebab situasi alamnya yang masih natural serta asri, membagikan kesegaran serta kenyamanan tertentu buat yang bertamu ke mari.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *