Objek wisata yang ada di Empat Lawang, Sumatera Selatan

Objek wisata yang ada di Empat Lawang, Sumatera Selatan

Table of Contents

Objek wisata yang ada di Empat Lawang, Sumatera Selatan – Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Jambi. Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Palembang. Provinsi Sumatera Selatan memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Empat Lawang. Empat Lawang merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Ibu kota Kabupaten Empat Lawang berada di Tebing Tinggi.  Kabupaten Empat Lawang ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Empat Lawang.

 

Objek wisata yang ada di Empat Lawang, Sumatera Selatan

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Empat Lawang, Sumatera Selatan. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata yang ada di Empat Lawang, Sumatera Selatan.

 

Air Terjun Tujuh Panggung

 

Air Terjun Tujuh Panggung terletak di bawah Gunung Dempo, Kecamatan Lintang Kanan, tepatnya di Desa Tanjung Alam. Objek wisata ini juga menjadi salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga karena keindahan alamnya yang memikat.

Dengan ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, Air Terjun Tujuh Panggung menawarkan nuansa segar pegunungan. Terletak di antara deretan Bukit Barisan, kompleks wisata ini memiliki tujuh tingkat, sesuai dengan namanya.

Baca  Objek wisata yang ada di Bulukumba, Sulawesi Selatan

Di tingkat pertama, terdapat enam deret air mancur dengan tinggi sekitar dua meter. Di tingkat kedua dan seterusnya, air terjun memiliki ketinggian sekitar lima hingga empat belas meter. Pada tingkat paling atas, terdapat sumber air yang memiliki pusaran air yang cukup kuat. Jika Anda berada di paling atas, perlu berhati-hati karena sebanding dengan keindahan yang akan Anda lihat.

Akses menuju Air Terjun Tujuh Panggung cukup jauh, sekitar 2,5 jam dari Tebing Tinggi. Selain itu, Anda juga perlu berjalan kaki untuk mencapai lokasi. Meskipun waktu tempuhnya cukup lama, semua akan terbayar dengan keindahan alam yang dimiliki Objek wisata ini.

Lokasi: Desa Tanjung Alam, Kecamatan Lintang Kanan, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Tugu Emas

 

Berada di pusat kota, Anda dapat menemukan Tugu Emas yang merupakan lambang dan ikonik dari Kabupaten Empat Lawang. Banyak pengunjung datang ke lokasi tugu ini untuk melihat panorama kota Tebing Tinggi, mulai dari keramaian jalan, jembatan kereta api, hingga jembatan Jalintengsum yang bersebelahan atau sering disebut jembatan Gandeng. Berkunjung ke tempat ini memberikan pemandangan cantik karena kedua jembatan tersebut melintang di atas Sungai Musi.

Anda dapat mengunjungi lokasi ini saat sore hari untuk menikmati pemandangan yang menarik dan bersantai. Selain itu, Anda juga dapat berada di puncak tebing belakang Tugu Emas untuk menikmati keindahan sore hari di Kota Tebing Tinggi.

Lokasi: Tebing Benteng, Pasar Tebing Tinggi, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Air Terjun Kemangmanis

 

Kemangmanis adalah desa yang terletak di Kecamatan Tebing Tinggi yang memiliki tiga air terjun di tiga lokasi yang berbeda, yaitu air terjun Curug Bengkuang, air terjun Taman Jodoh, dan air terjun Batu Jambat Akar. Masing-masing air terjun memiliki ciri khasnya sendiri, dengan ketinggian antara 20-25 meter dan dikelilingi oleh kolam dan batu-batuan. Anda dapat mencapai lokasi ini dengan berjalan kaki sekitar 1,5 km dari pemukiman warga atau sekitar 3,5 km dari ibu kota Kabupaten Empat Lawang.

Baca  Destinasi wisata terindah yang ada di Serdang Bedagai, Sumatera Utara

Lokasi: Desa Kemang Manis, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Air Terjun Sangeh

 

Salah satu Objek wisata menarik di Empat Lawang adalah air terjun Sangeh, yang memiliki keindahan tak kalah dengan air terjun lainnya. Aliran airnya berasal dari Sungai Sangeh yang mengalir dari Bukit Barisan dengan air yang jernih.

Pengunjung dapat berenang di air terjun ini sambil menikmati panorama yang cantik. Akses ke lokasi juga tidak terlalu sulit, sekitar 7 km dari kota Tebing Tinggi, tepatnya di Desa Terusanbaru. Anda dapat menggunakan ojek gandeng atau bentor yang banyak tersedia untuk mencapai lokasi.

Lokasi: Terusan Baru, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Air Terjun Batu Betiang

 

Jika Anda menyukai wisata yang menantang, Anda harus mengunjungi air terjun Batu Betiang. Terletak di Desa Ulakdabuk, Kecamatan Talangpadang, air terjun ini menawarkan panorama yang indah.

Namun, untuk mencapai lokasi ini, Anda harus melewati jalan yang terjal dengan medan tebing dan melalui hutan. Namun, setelah melewati tantangan tersebut, Anda akan dapat menikmati pemandangan istimewa yang sebanding dengan perjalanan yang dilalui.

Lokasi: Desa Ulakdabuk, Kecamatan Talangpadang, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Demikianlah Objek wisata yang ada di Empat Lawang, Sumatera Selatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *