Objek wisata yang ada di Banyuasin, Sumatera Selatan

Objek wisata yang ada di Banyuasin, Sumatera Selatan

Table of Contents

Objek wisata yang ada di Banyuasin, Sumatera Selatan – Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Jambi. Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Palembang. Provinsi Sumatera Selatan memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Banyuasin. Banyuasin merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Ibu kota Kabupaten Banyuasin berada di Pangkalan Balai. Kabupaten Banyuasin ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Banyuasin.

 

Objek wisata yang ada di Banyuasin, Sumatera Selatan

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Banyuasin, Sumatera Selatan. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata yang ada di Banyuasin, Sumatera Selatan.

 

Taman Nasional Sembilang

 

Taman Nasional (TN) Sembilang adalah salah satu Objek wisata yang menawarkan kekayaan alam dan keindahan yang wajib dikunjungi. Untuk mencapai lokasi ini, Anda perlu menggunakan kendaraan air karena kawasan ini terletak di perairan. Umumnya, akses dapat dilakukan dengan menggunakan speedboat.

Taman Nasional Sembilang memiliki luas sebesar 2.051 kilometer persegi. Di dalamnya terdapat hutan rawa air tawar, hutan rawa gambut, dan hutan riparian. Anda dapat menemukan berbagai habitat hewan dan tanaman di sini, termasuk harimau Sumatera, tapir Asia, rusa Sambar, siamang, kucing emas, buaya muara, ikan sembilang, penyu, lumba-lumba, dan berbagai jenis burung.

Baca  Destinasi wisata yang terdapat di Deli Serdang, Sumatera Utara

Berbagai aktivitas dapat dilakukan di tempat ini, seperti menjelajahi sungai dan hutan mangrove menggunakan perahu, bertemu dengan hewan langka seperti burung migran dari Siberia, dan menyaksikan atraksi lumba-lumba. Anda juga dapat mengunjungi semenanjung Banyu Asin, Benawan Bay, Teluk Sekanak, atau Pulau Betet.

Untuk masuk ke area Taman Nasional ini, Anda perlu memperoleh Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi) di kantor TN Sembilang dengan biaya sekitar Rp. 20.000.

Lokasi: Tanah Pilih, Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Danau Biru Banyuasin

 

Danau Biru, sesuai dengan namanya, adalah salah satu Objek wisata yang menawarkan panorama alam danau berwarna biru yang jernih, dikelilingi oleh pohon-pohon rindang. Bukit-bukit batu kapur di sekitar danau dan tekstur tanah yang khas menambah keindahan tempat ini.

Danau ini terbentuk akibat kegiatan penambangan. Lokasinya berada di Dusun Talang Bungin, Kecamatan Talang Kelapa, Kelurahan Air Batu.

Lokasi: Air Batu, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Pulau Ekor Tikus

 

Pulau Ekor Tikus terletak di wilayah Desa Sungsang 2, Banyuasin. Pulau ini diberi nama karena bentuknya yang mirip dengan ekor tikus. Warga sekitar juga sering menyebutnya sebagai Alangan Tikus, karena pulau ini dahulu merupakan habitat yang sangat banyak udang dan ikan.

Keindahan pulau ini tidak kalah dengan Raja Ampat di Papua. Pulau ini merupakan salah satu destinasi ekowisata yang terus dikembangkan oleh pemerintah daerah saat ini. Selain terkenal sebagai habitat udang dan ikan, pengunjung juga dapat menikmati hutan bakau dan pemandangan alam yang indah. Akses ke lokasi cukup mudah, hanya sekitar 20 menit dari pelabuhan.

Baca  Destinasi wisata terindah yang ada di Lampung Timur, Lampung

Lokasi: Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Danau Air Batu

 

Danau Air Batu merupakan salah satu danau indah lain yang dimiliki oleh Banyuasin. Bahkan, danau ini pernah diakui sebagai salah satu dari tujuh danau terindah di Indonesia. Untuk dapat memasuki kawasan ini, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp. 5.000.

Sebenarnya, danau ini terbentuk dari bekas tambang yang kemudian tergenang air. Perpaduan antara dinding-dinding indah hasil galian alat berat dengan air yang sangat jernih dan berwarna biru menjadikan danau ini sebagai salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi.

Lokasi: Air Batu, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Taman Pertanian Sekayu

 

Selain Objek wisata di laut dan danau, Banyuasin juga memiliki Objek wisata agrowisata yang layak untuk dikunjungi. Taman Pertanian Sekayu, yang mengusung konsep agrowisata, memiliki luas sekitar 93 hektar. Taman ini terbagi menjadi empat bagian, yaitu taman orkid untuk bunga-bungaan, taman eksotika untuk buah-buahan, taman rekreasi, dan taman permainan anak-anak.

Anda dapat menjumpai berbagai jenis buah dan bunga-bungaan yang ada di Indonesia di Taman Pertanian Sekayu. Anda juga bisa memetik buah yang sudah matang langsung dari pohonnya dan memakannya di tempat atau membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Anda hanya perlu membayar berdasarkan berat buah yang Anda petik.

Lokasi: Jl. Praja Mukti, Serasan Jaya, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Demikianlah Objek wisata yang ada di Banyuasin, Sumatera Selatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *