Kuliner khas Kalimantan Barat

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Barat

Table of Contents

Indonesia memiliki beraneka ragam tipe kuliner khas yang terhambur di sebagian besar wilayahnya. Dari 34 provinsi yang terdapat, Kalimantan Barat ialah salah satu wilayah yang memiliki kuliner khas yang amat enak. Mulai dari kuliner asin hingga manis dapat ditemui dengan gampang di wilayah ini.

 

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Barat

 

Tidak cuma soal rasa, wujud serta cara pengolahan kuliner khas dari Kalimantan Barat ini amat istimewa serta menarik buat diketahui. Perihal ini akan membuat wisatawan penasaran alhasil terpikat buat menjajalnya. Ditambah lagi, provinsi ini ialah wilayah yang menyediakan surga kuliner untuk siapapun yang datang bertamu.

Berikut adalah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Barat

 

Kerupuk Basah

 

Kerupuk umumnya sama dengan cemilan kering yang digoreng memakai minyak panas sampai mengembang. Tetapi, kerupuk yang satu ini justru kebalikannya. Kerupuk basah ataupun ada pula yang memanggilnya dengan nama temet, memiliki tekstur yang basah serta elastis.

Kuliner khas wilayah kabupaten Kapuas Hulu ini dibuat dari daging ikan sungai. Umumnya dinikmati bersama dengan sambal kacang. Untuk yang kurang suka teksturnya yang basah serta cenderung amis, dapat pula dimakan dengan cara digoreng, loh.

 

Bubur Pedas

 

Kuliner penuh rempah serta daun- daunan asal Kabupaten Sambas ini telah populer dimana- mana. Bubur pedas ataupun biasa pula diucap bubur paddas ialah kuliner khas melayu yang pula populer hingga Serawak, Malaysia.

Kuliner ini dibuat dari beras yang telah dihaluskan serta dicampur dengan daun ataupun sayur- mayur khas, seperti daun kesum, wortel, tauge, serta masih banyak lagi. Kacang tanah, ikan teri, serta bawang goreng umumnya ditambah di atas bubur selaku topping.

Baca  Objek wisata yang ada di Balangan, Kalimantan Selatan

 

Amplang

 

Nah, jika kuliner yang satu ini agak menyerupai semacam kerupuk. Wujudnya saja yang berbeda dari kerupuk pada umumnya. Amplang memiliki tekstur yang enak serta wujud yang agak bulat serta gemuk. Umumnya dibuat dari ikan tenggiri serta jadi oleh- oleh khas wilayah Ketapang. Amplang pula dapat ditemui di wilayah lain serta dapat dengan gampang diperoleh di pusat oleh- oleh.

 

Pengkang

 

Pengkang merupakan kuliner yang gampang ditemui di Kota Pontianak serta sekelilingnya. Kuliner ini dibuat dari ketan serta diisi dengan udang kering. Umumnya, pengkang berupa segitiga serta dibungkus dengan daun pisang yang setelah itu akan dibakar di atas bara api. Rasa ketan yang enak, ditambah aroma daun pisang yang khas membuat kita ketagihan menyantapnya. sepintas serupa dengan lemper, ya?

 

Chai Kwe

 

Chai kwe dapat dengan gampang di temui di Pontianak. Mulai dari di tepi jalan hingga restoran di dalam mall sekalipun. Wujudnya semacam pasta, tetapi teksturnya lembut serta elastis. Umumnya di dalam chai kwe diisi dengan isian sayur- mayur seperti bengkuang ataupun dedaunan. Teknik makannya ialah dicelupkan bersama dengan sambal cair.

 

Bingke

 

Sesudah yang asin- asin, terdapat pula kuliner manis. Kue bingke ataupun dapat pula diucap bingka ialah panganan manis serta halus yang dibuat dari santan, telur, gula, serta tepung terigu. Meski dari bahannya terdengar simpel, cara pembuatannya cukup memakan waktu sebab akan dipanggang hingga matang dengan sempurna. Tidak hanya teksturnya yang halus, bingke pula dicetak pada cetakan bunga yang khas alhasil nampak menawan serta menarik.

 

Asam Pedas

 

Tidak hanya banyak makanan ringan, terdapat pula kuliner yang lumayan berat, loh. Asam pedas biasanya ialah olahan khas Melayu serta Minangkabau. Tetapi, kuliner ini pula memiliki karakteristik khas tertentu di wilayah Kalimantan Barat. Umumnya dikonsumsi selaku lauk bersama dengan nasi.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Riau

 

Mie Sagu

 

Meski mie sagu dikenal di sebagian wilayah, yang dihidangkan di Kalimantan Barat pasti berbeda dari mie wilayah lain. Serupa seperti bubur pedas, kuliner ini mengenakan kacang tanah, ikan teri, serta bawang goreng selaku topping. Tekstur mie sagu yang elastis buatnya enak disantap baik dengan cara digoreng ataupun dengan kuah.

 

Sotong Pangkong

 

Serupa seperti namanya, sotong pangkong ialah kuliner laut yang diproses dengan cara dipangkong ataupun dipukul yang setelah itu wujudnya jadi pipih. Sotong sendiri pula biasa kita kenal dengan nama cumi. Kuliner ini amat gampang ditemukan baik dikala bulan ramadhan ataupun hari biasa.

Nah, seperti itu beberapa kuliner khas dari wilayah Kalimantan Barat yang harus dicoba. Sebagian besar merupakan jajanan street food alhasil kalian bisa menemukannya dengan gampang. Jika memiliki peluang buat bertamu ke wilayah ini, janganlah lupa buat menjajalnya.

 

Demikianlah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Barat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kamu dan orang terdekat.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *