Kuliner di Papua

10 Rekomendasi Makanan Khas Papua yang Bisa Kamu Coba!

Table of Contents

Papua, pulau ini memiliki banyak daya tarik wisatawan, selain destinasi wisata yang sangan indah, Papua juga memiliki maknan khas yang unik dan menarik. Berikut makan unik dan menarik khas Papua yang bisa kamu coba;

 

10 Rekomendasi Makanan Khas Papua yang Bisa Kamu Coba!

 

Kue Lontar

Maknan khas papua yang satu ini sangat dikenal oleh banyak orang, makanan ini memiliki bentus persis seperti pie susu atau cheesetart, olahan yang digunakan untuk membuat Kue Lontar ini adalah susu dan gula.

 

Ikan Bakar Manokwari

Sama seperti namanya yaitu Ikan Bakar Manokwari sudah pasti berasal dari Manokwari, Papua. Kuliner yang satu ini wajib kamu coba, kamu bisa menemukan kuliner ini di warung warung atau rumah makan pinggir jalan yang ada di Papua, kuliner ini menggunakan ikan tongkol yang diberi sambal khas Papua yang pedas, menambah cita rasa nikmat dari makanan ini, apalagi ditambah nasi putih hangat sudah pasti kamu akan ketahihan mencoba kuliner yang satu ini.

 

Ikan Bungkus

Kuliner Papua selanjutnya adalah Ikan Bungkus, makanan ini merupakan ikan yang diberi rempah rempah khas Papua. Proses pembuatan Ikan Bungkus ini lumayan lama karena dibakar di atas api kecil agar bumbunya meresap dedalam ikan.

 

Sagu Lempeng

Kudapan Sagu Lempeng ini merupakan kudapan yang banyak dijual di pinggir jalan, biasanya warga sekitar menikmati kue Sagu Lempeng ini dengan secangkir kopi atau teh. Sagu Lempeng ini sangat keras, hal ini lah yang menjadi ciri khas dari kue Sagu Lempeng.

 

Papeda

Tentunya kamu tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini, Papeda merupakan makanan yang sangat terkenal. Dengan tekstur yang kental membuat wisatawan penasaran dengan rasanya, Papeda berbahan dasar tepung sagu yang membuatnga menjadi kental. Cara makan Papeda pun sangat unik yaitu dengan menggunakan gata-gata yang terbuat dari bambu, lalu digulung hingga menjadi gumpalan.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sulawesi Barat

 

Udang Selingkuh

Selain manusia ternyata udang juga bisa seingkuh lohh. Dinamakan udang selingkuh karena bentuk capit dari udang ini menyerupai capit kepiting, oleh karenanya disebut Udang Selingkuh. Makanan ini disajikan dengan cara di masak entah itu direbus,  digoreng ataupun dibakar.

 

Sate Ulat Sagu

Makanan selanjutnya yaitu Sate Ulat Sagu, mendengar namanya saja sudah sangat geli apalagi memakannya. Tetapi kandungan yang ada dalam ulat sagu sangat sehat loh, jika kamu suka mencoba makanan aneh, Sate Ulat Sagu cocok untuk kamu coba, masyarakat sana mengatakan cita rasa dari ulat sagu ini manis, asin, dengan tekstur yang sangat kenyal.

 

Kue Bagea

Kur Bagea merupakan makanan yang biasanya dijadikan oleh oleh khas Paupa, biasanya disebut dengan Abon Gulung. Kudapan ini memiliki beberapa isian yaitu seperti ayam, cokelat, stroberi, dan masih banyak lagi. Jika dilihat kue ini mirip dengan bolu gulung tetapi bahan yang digunakan berbeda.

 

Sarang Semut

Sama seperti namanya kuliner ini memiliki bentuk seperti sarang semut. Sarang Semut merupakan tanaman yang memiliki banyak kandungan menyehatkan, banyak wisatawan yang berburu sarang semut ini karena kandungannya.

 

Sambal Colo-colo

Jika di kota lain memiliki sambal yang beragam cita rasa, di Papua kamu bisa menemukan sambal yang bernama Colo-colo. Sebenarnya sambal Colo-colo ini berasal dari Manado dan Ambon, tetapi sambal ini sangat familiar di Papua. Rasa pedas dari sambal Colo-colo ini sangat khas dan ada rasa asam yang berasal dari jeruk nipis.

 

Itulah beberapa list makanan khas Papua yang dimana banyak makanan yang tidak kita temukan di kehidupan sehari-hari.

Rate this post

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

sup mie cucu makanan khas landakMakanan Khas Indonesia Yang Berbahan Hewani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *