Gunung tertinggi di bali

Keren! Ini dia 10 Gunung tertinggi yang ada di Pulau Bali!

Table of Contents

Bali adalah sebuah pulau yang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Mulai dari gunung hingga pantai bisa kamu temukan di pulau ini. Sungguh menjadi incaran para wisatawan baik domestik, maupun mancanegara. Memiliki gunung-gunung yang megah dan menjulang tinggi serta kekayaan alam yang indah lainnya membuat pulau Bali kerap disebut “pulau surga”.

Wisatawan di Bali lebih dominan berkunjung ke pantai daripada mengunjungi gunungnya. Padahal Bali memiliki banyak gunung yang menyuguhkan keindahan alam yang sangat keren terutama panorama matahari terbit yang sangat memanjakan mata. Namun pastinya membutuhkan tenaga ekstra untuk meraihnya.

 

  1. Gunung Agung

Gunung Agung

Gunung Agung adalah sebuah gunung berapi aktif dan gunung ini merupakan gunung tertinggi yang ada di Bali. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.124 mdpl. Gunung Agung terletak di bagian timur pulau Bali, tepatnya berada di Kabupaten Karangasem. Gunung Agung ini terkenal akan pendakian matahari terbit (sunrise trekking). Namun karena memiliki tingkat kesulitan pendakian yang lumayan, menyebabkan Gunung Agung kurang populer dikalangan turis dibandingkan dengan Gunung Batur. Ada 3 jalur menuju puncak gunung ini, yakni lewat Desa Junggul, lewat Desa Pucang (sisi barat gunung), lewat Pura Pasar Agung (jalur terpendek dan terpopuler), dan lewat jalur Kedampal dekat Amed.

 

  1. Gunung Batukaru

Gunung Batukaru

Gunung Batukaru adalah gunung tertinggi kedua di pulau Bali, memiliki ketinggian 2.276 mdpl. Terdapat sebuah pura di lereng gunung bagian selatan bernama Pura Luhur Batukaru. Gunung yang berada di Kabupaten Tabanan ini termasuk kurang populer karena jalur pendakiannya tertutup hutan lebat yang menutupi pandangan. Gunung ini memiliki tiga jalur pendakian utama menuju puncaknya, yakni lewat Desa Jatiluwih, lewat Pura Batukaru, dan lewat sisi barat laut Desa Pujungan.

Baca  Menikmati keindahan panorama bawah laut milik Pulau Menjangan, Bali

 

  1. Gunung Abang

Gunung Abang

Gunung Abang adalah gunung tertinggi ketiga yang ada di pulau Bali. Gunung ini memiliki ketinggian 2.152 mdpl. Gunung yang terletak di Kawasan Kintamani menjadi jalur pendakian yang cukup populer karena tidak begitu sulit untuk menuju puncaknya. Sampai dipuncak, kamu akan disuguhkan panorama indah yang disajikan Gunung Batur dan Danau Batur. Gunung ini juga cocok menjadi tempat untuk menikmati sunrise. Ada dua jalur pendakian menuju puncak Gunung Abang, yakni lewat jalur Desa Suter (Jalur terpopuler) dan lewat jalur Desa Songan  (Jalur horizontal terpanjang di Bali sekitar 7,8 kilometer, jalur ini kurang populer karena membutuhkan waktu yang cukup lama.)

 

  1. Gunung Catur

Gunung Catur

Gunung Catur adalah sebuah gunung yang terletak di Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali. Dengan memiliki ketinggian 2.098 mdpl membuat gunung ini menjadi gunung tertinggi keempat di pulau Bali. Gunung ini juga dikenal dengan nama Puncak Mangu karena terdapat pura yang bernama Pura Pucak Mangu di Gunung Catur ini. Gunung ini mampu menyuguhkan pemandangan indah dari atas puncaknya. Gunung ini memiliki dua jalur pendakian, yakni melewati area objek wisata Bedugul (disana harus melewati jalan tanah dan hutan yang lebat sehingga kurang diminati pendaki) dan bisa juga melewati desa Petang (disana kamu akan melewati jalan semen hingga sampai di area Pura Pucak Mangu (jalur yang populer di kalangan pendaki).

 

  1. Gunung Sanghyang

Gunung Sanghyang

Gunung Sanghyang adalah sebuah gunung yang terletak di kabupaten tabanan. Gunung Sanghyang juga biasa disebut dengan Sengjang atau Sengayang. Memiliki tinggi sekitar 2.074 mdpl membuat gunung ini menjadi gunung tertinggi kelima di Pulau Bali. Gunung ini memiliki dua puncak yang berdiri megah di antara Gunung Batukaru dan Pucak Adeng. Gunung ini kurang populer di kalangan pendaki karena minimnya akses menuju puncak. Satu-satunya akses menuju puncak hanya jalan setapak sisa dari kerajaan yang menghubungkan Tamblingan dan Jatiluwih.

Baca  Tempat wisata yang terdapat di Langkat, Sumatera Utara

 

  1. Gunung Pohen

Gunung Pohen

Gunung Pohen adalah sebuah gunung berapi tidak aktif yang terletak di Kabupaten Tabanan. Gunung ini memiliki ketinggian 1.063 mdpl. Jalur pendakian menuju puncak gunung ini bisa melewati jalur Geothermal yang merupakan jalur satu-satunya yang berada di sebelah selatan.

 

  1. Gunung Tapak

Gunung Tapak

Gunung Tapak adalah sebuah gunung yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Buleleng. Gunung ini juga biasa disebut Pucak Keramat karena disana terdapat Makam Wali Islam Bali dan Pura Pesimpangan Pucak Terate Bang. Gunung ini memiliki tinggi sekitar 1.909 mdpl dan terletak di utara Kebun Raya Bedugul. Untuk mendaki gunung ini, kamu bisa melalui jalur Desa Pancasari dari arah utara dan kamu juga bisa melalui Kebun Raya Bedugul.

 

  1. Gunung Lesung

Gunung Lesung

Gunung Lesung terletak di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Gunung ini terdapat di sebelah selatan Danau Tamblingan. Gunung ini memiliki ketinggian 1.865 mdpl. Kamu bisa mendaki gunung ini melalui Desa Tamblingan.

 

  1. Gunung Adeng

Gunung Adeng

Gunung Adeng adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Tabanan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.826 mdpl. Jalur pendakian menuju puncak gunung ini bisa melalui Pura Pucak Adeng yang terdapat di lereng sebelah selatan gunung ini, lalu naik menuju Pura Pucak Anyar dan mengikuti jalan setapak.

 

  1. Gunung Batur

Gunung Batur

Gunung Batur adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Bangli. Memiliki ketinggian sekitar 1.717 mdpl. Gunung ini sangat tepat sebagai tempat untuk menikmati sunrise. Jalur pendakian menuju gunung ini bisa melalui Jalur Pura Jati dan toya bungkah.

 

Di Bali, gunung-gunung sangat disucikan oleh masyarakatnya. Sebagai pendaki yang baik, sudah seharusnya ikut menjaga kesucian dan kebersihan gunung, serta menjaga etika saat berada mendaki Gunung yang ada di Bali.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *