Keindahan Pulau Wetar

Keindahan alam yang bisa kamu temukan di Pulau Wetar, Maluku

Table of Contents

Indonesia adalah negara yang berbentuk kepulauan. Indonesia memiliki kekayaan berupa ribuan pulau yang beragam. Mulai dari pulau berukuran besar, hingga pulau berukuran kecil bisa kamu temukan di setiap sudut Negara Indonesia. Provinsi Maluku merupakan sebuah provinsi yang wilayahnya berbentuk gugusan kepulauan. Terdapat banyak pulau-pulau kecil di dalam wilayah Provinsi ini. Salah satu pulau indah yang terdapat di Provinsi Maluku adalah Pulau Wetar. Dahulu, Pulau Wetar ini masuk ke dalam wilayah administratif Negara Timor Leste, dan kini sudah menjadi satu kesatuan dengan Negara Indonesia. Lalu apakah yang bisa kamu temukan di Pulau Wetar, Maluku? Berikut adalah ulasannya.

 

Pulau Wetar, pulau terluar Negara Indonesia yang berbatasan laut dengan Negara Timor Leste.

pulau wetar

Pulau Wetar merupakan salah satu pulau yang terletak di Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Pulau Wetar terletak di ujung paling selatan Negara Indonesia yang berbatasan laut dengan Negara Timor Leste. Yap, tepatnya Pulau ini berada di sebelah utara dari negara Timor Leste. Pulau Wetar ini terbagi dengan 4 wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Wetar, Kecamatan Wetar Barat, Kecamatan Wetar Timur, dan Kecamatan Wetar Utara.

 

Kekayaan alam milik Pulau Wetar, Maluku

pantai di pulau wetar

Salah satu jenis wisata alam yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur di Pulau Wetar adalah mengunjungi deretan pantai yang ada di Pulau Wetar. Kamu bisa menikmati keindahan hamparan hutan mangrove yang tumbuh di kawasan pesisir pantai Pulau Wetar. Hamparan hutan mangrove tersebut menciptakan suasana pantai yang sejuk dan terlihat sangat asri. Letak Pulau Wetar yang berada di tengah Laut Banda menyebabkan pulau ini memiliki kekayaan bawah laut yang sangat luar biasa. Ekosistem terumbu karang tersebar luas di sekitar laut Pulau Wetar, terutama di kawasan pesisir bagian utara dan selatan Pulau Wetar. Kamu juga bisa menemukan beberapa spesies biota laut yang hidup di sekitar Pulau Wetar, seperti Ikan Kembung, Ikan Tuna, Ikan Kerapu, dan Ikan Ekor Kuning. Lokasi Pulau Wetar yang terletak jauh dari hiruk pikuk perkotaan, sehingga menjadikan pulau ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata untuk mencari sebuah ketenangan.

Baca  Menjelajahi keindahan alam yang ada di Pulau Seram, Maluku

 

Pesona keindahan Danau Tihu dan sejarahnya.

danau tihu

Danau Tihu adalah satu-satunya danau yang terdapat di Pulau Wetar. Danau Tihu ini terletak di atas gunung dengan ketinggian sekitar 6000 kaki, konon katanya lokasi Danau Tihu ini merupakan habitat buaya air tawar. Danau Tihu ini tidak ramai dikunjungi oleh penduduk sekitar, karena mereka percaya bahwa Danau Tihu merupakan sebuah tempat keramat. Konon katanya, menurut cerita legenda yang turun menurut di kalangan masyarakat setempat, bahwa di sekitar area Danau Tihu ini, hidup raksasa jahat yang berhasil dikalahkan oleh dua orang saudara kembar. Namun tak lama, dua orang saudara kembar tersebut tiba-tiba menghilang secara misterius. Mulai saat itulah, masyarakat setempat mulai percaya bahwa ada buaya berkepala dua hidup di dalam Danau Tihu yang merupakan jelmaan kedua saudara kembar tersebut.

 

Aktivitas kehidupan penduduk Pulau Wetar, Maluku.

penduduk pulau wetar

Sebagian besar masyarakat yang bertempat tinggal di Pulau Wetar merupakan penduduk asli dan sebagian sisanya merupakan pendatang yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, Timor Leste, dan beberapa wilayah lainnya. Sebagian besar penduduk Pulau Wetar bermatapencaharian sebagai nelayan, peternak babi dan kambing, serta sebagian bercocok tanam. Penduduk Pulau Wetar hidup dalam kesederhanaan karena masih terbatasnya kendaraan umum dan belum adanya askes PLN disana. Kini terdapat jalan aspal yang dibangun di jalur utama Pulau Wetar beberapa waktu yang lalu. Walau memiliki akses yang cukup sulit untuk kesana karena minimnya trasnportasi umum dan terletak lumayan jauh dari Pusat Provinsi Maluku, bukan berarti menyurutkan niat para wisatawan untuk mengunjungi Pulau Wetar yang indah dan mempesona ini.

 

Cara untuk menuju Pulau Wetar

kapal pangrango

Untuk sampai ke Pulau Wetar ini, kamu bisa memulai perjalanan kamu menggunakan kapal Pangrango yang memiliki rute perjalanan Kupang-Ilwaki-Kisar-Leti-Tepa-Saumlaki-Ambon. Kapal ini yang dapat kamu gunakan sebagai transportasi penyeberangan laut dalam perjalanan pulang dan pergi.

Baca  Tempat wisata yang terdapat di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara

Selain cara di atas, kamu juga dapat memilih untuk menggunakan transportasi udara yang memiliki rute penerbangan dari Ambon menuju ke Saumlaki. Untuk penerbangan ini, kamu akan menghabiskan waktu sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan. Setelah tiba di Saumlaki, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan transportasi laut menuju ke Ilwaki. Perjalanan laut ini akan membutuhkan waktu tempuh sekitar kurang lebih 20 jam perjalanan.

 

Walau hanya memiliki luas wilayah sekitar 2.600 kilometer persegi saja, Pulau Wetar ini tetap memiliki keindahan pesona alam yang sangat menakjubkan dan menjadi salah satu surga tersembunyi yang terdapat di Provinsi Maluku. Apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke Pulau Wetar ini?

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *