Tempat wisata di bangli

Deretan tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Bangli, Bali

Table of Contents

Kabupaten Bangli adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Pulau Bali. Kabupaten bangli merupakan satu satunya kabupaten yang tidak memiliki wilayah pantai, hal tersebut terjadi karena kabupaten ini terletak di antara kabupaten Karangasem, Buleleng, dan Badung.

Walaupun tidak punya objek wisata bahari, Bangli masih memiliki banyak daya tarik objek wisata yang berbeda. Berupa dataran tinggi, air terjun, dan lain-lain, sudah cukup untuk Kabupaten Bangli menyaingi objek wisata di daerah lain.

Mari kita kupas objek wisata yang ada di Kabupaten Bangli.

 

  1. Danau Batur

Danau Batur

Disini kamu akan disuguhkan oleh keindahan alam yang asri dengan hawa yang sangat sejuk, sungguh pemandangan yang sangat menyegarkan mata dan pikiran.

Danau Batur memiliki sebuah keunikan yang belum tentu ditemukan di danau lainnya, yakni air danaunya bisa berubah warna karena mengandung belerang yang berasal dari Gunung Batur. Pemandangan sebuah danau alami hasil Gunung Batur ini sungguh menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya dan berfoto disana.

Lokasi: Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

 

  1. Gunung Batur

Gunung Batur

Buat kamu yang suka mendaki gunung, kamu bisa mencoba mendaki gunung ini. Memiliki jalur pendakian yang sangat jelas membuat para wisatawan sangat tertarik untuk mendaki di Gunung Batur.

Dengan ketinggian 1.717 mdpl, gunung ini sangat cocok untuk didaki oleh pendaki pemula. Banyak wisatawan yang mulai mendaki sekitar jam dua pagi untuk bisa menikmati keindahan matahari terbit. Di puncak terdapat banyak warung yang menjual makanan dan minuman sehingga pengunjung tidak perlu banyak membawa bekal.

Lokasi: Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

 

  1. Pura Tirta Sudamala

Pura Tirta Sudamala

Pura ini setiap harinya digunakan untuk sembahyang oleh warga sekitar, sehingga memiliki kesan spiritual yang kental. Disana terdapat sebelas pancuran yang biasa digunakan wisatawan untuk membersihkan aura negatif yang ada dalam tubuh. Untuk mengunjungi pura ini, kamu diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat khas agama hindu di Bali.

Baca  Keren! Ini dia 10 Gunung tertinggi yang ada di Pulau Bali!

Lokasi: Bebalang, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

 

  1. Museum Geopark Batur

Museum Geopark Batur

Ini merupakan suatu objek wisata edukasi. Diresmikan pada April 2016, kamu bisa melihat koleksi budaya, geologi dan aneka ragam hayati yang ada di wilayah Gunung Batur disini.

Selain itu kamu bisa belajar disini karena terdapat penjelasan yang lebih detail tentang sejarah Gunung Batur yang disertakan dengan beragam miniatur alam. Musuem ini sangat cocok dikunjungi oleh kamu yang suka liburan sambil belajar.

Lokasi: Jalan Raya Penelokan, Batur Selatan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

 

  1. Desa Penglipuran Bangli

Desa Penglipuran

Desa pengelipuran menjadi objek wisata yang selalu ramai pengunjung, hal ini karena desa ini masih menjaga kebudayaan luhur, seperti bentuk bangunan, cara hidup, dan tradisi yang ada disana.

Desa pengelipuran termasuk desa terbersih yang ada di dunia. Bukannya masyarakat desa ini menolak kemajuan teknologi, namun hanya saja ingin mempertahankan apa yang sudah diwariskan oleh nenek moyang mereka. Hal ini yang menyebabkan desa ini meraih sejumlah penghargaan bergengsi, bahkan tingkat dunia.

Lokasi: Jl. Penglipuran, Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

 

  1. Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Disebut juga dengan pemandian panelokan. Selain untuk menrelaksasikan tubuh dengan hangatnya air disana. Pemandangan yang masih asri sangat memanjakan mata. Selain itu, belerang yang terkandung pada air pemandian ini bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Lokasi: Desa Pekraman Batur, Toya Bungkah, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

 

  1. Air Terjun Dusun Kuning

Air Terjun Dusun Kuning

Untuk sampai di air terjun ini, kamu perlu tenaga ekstra mengingat letaknya berada di dataran tinggi. sampai disana kamu akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang luar biasa, ditambah sejuknya udara disana, sungguh memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Baca  Objek wisata paling populer di Bontang, Kalimantan Timur

Selain itu, daya tarik dari air terjun ini adalah suara dari gemercik air yang jatuh dari ketinggian membuat kesan yang sangat menenangkan.

Lokasi: Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

 

  1. Anjungan Tukad Melangit

Anjungan Tukad Melangit

Yang menjadi daya tarik dari Anjungan Tukad Melangit ini adalah pemandangan lembah dan area perbukitan yang terdapat di sekitar tampat ini. Dilihat dari jauh, anjungan di tempat ini terlihat bagaikan sebuah kapal sehingga menarik perhatian pengunjung untuk berfoto disana.

Lokasi: Jehem, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali.

 

  1. Desa Trunyan

Desa Trunyan

Desa trunyan bisa dibilang sebagai tempat wisata yang cukup menguji nyali. Di sana kamu bisa menyaksikan tradisi pemakaman yang sangat unik. Hal tersebut karena mayat yang ada di pemakaman ini tidak dikubur ataupun dibakar, namun diletakkan begitu saja di atas tanah yang berada di bawah pohon menyan, dan dikelilingi pagar bambu. Konon katanya pohon ini bisa mengeluarkan bau yang wangi sehingga tidak ada bau busuk sedikitpun di pemakaman Desa Trunyan. Pohon ini juga yang menjadi nama desa ini yakni “Taru Menyan” (penyebutan dari bahasa warga sekitar) yang berarti pohon menyan dan menjadi “Trunyan”.

Lokasi: Trunyan, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.

 

  1. Pura Kehen

Pura Kehen

“Kehen” berarti api (dalam bahasa bali). Yang jadi daya tarik di pura ini adalah pintu masuknya seperti candi. Ini merupakan salah satu pura yang menjadi tempat persembahyangan sekaligus tempat wisata. Sangat menarik dikunjungi karena menyimpan nilai budaya yang kental.

Lokasi: Jalan Sriwijaya No.8, Cempaga, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

 

  1. Air Terjun Pengibul

Air Terjun Pengibul

Bagi pencinta alam tentu air terjun ini tidak boleh terlewatkan. Yang menjadi daya tarik adalah air terjun ini berupa air terjun bertingkat dan punya area kucuran air yang membentuk kolam alami. Kamu bisa berenang di area kolam tersebut.

Baca  Tempat Wisata Anti Mainstream Yang Wajib Dikunjungi Setelah Pandemi Corona

Lokasi: Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali.

 

  1. Gunung Abang

Gunung Abang

Gunung Abang merupakan sebuah objek wisata yang masih berada di area wisata Gunung Batur. Bahkan posisi Gunung Abang dan Gunung Batur saling berhadapan. Kamu bisa mencoba mendaki gunung ini

Dengan jalur pendakian yang cukup menanjak pastinya mendaki gunung ini akan menantang adrenalinmu.

Lokasi: Desa Abangsongan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

 

  1. Resto Apung

Resto Apung

Kurang rasanya jika berkunjung ke Bangli namun tidak mencicipi kuliner disana. Kamu bisa mecoba kulineran disini. Disebut resto apung karena letaknya mengapung di atas Danau Batur. Disana menyajikan beraneka ragam olahan khas Bali. Selain menyajikan makanan, Resto Apung juga menyediakan bungalow bagi yang mau menginap untuk berlibur di sekitar sana.

Lokasi: Jalan Raya Kedisan, Kintamani, Songan B, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

 

  1. Desa Pinggan

Desa Pinggan

Kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit tanpa harus mendaki di Bangli. Kamu bisa menemukannya di Desa Pinggan. Kamu hanya perlu menyewa akomodasi, disana terdapat bukit yang bisa menjadi tempat untuk menyaksikan indahnya panorama matahari terbit dengan dipadukan kemegahan siluet Gunung Batur yang menambah kesan eksotis didalamnya.

Lokasi: Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

 

Itulah beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Kabupaten Bangli, Apakah kamu tertarik mengunjungi salah satunya?

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *