Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Sumatera Barat

Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Sumatera Barat

Table of Contents

Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Sumatera Barat

 

Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Sumatera Barat – Sumatera Barat menawarkan pemandangan alam yang indah, termasuk keberadaan danau. Danau-danau di Sumatera Barat memiliki berbagai fungsi, seperti tempat budidaya ikan, sebagai salah satu sumber air bagi sungai, dan juga sebagai destinasi pariwisata. Bahkan, beberapa di antaranya termasuk dalam kategori danau terluas di Indonesia. Berikut adalah Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Sumatera Barat.

 

Danau Maninjau

 

Danau Maninjau terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Danau Maninjau merupakan danau vulkanik dengan luas sekitar 94,5 kilometer persegi dan berada pada ketinggian sekitar 460 meter di atas permukaan laut. Danau Maninjau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera Barat. Kawasan Danau Maninjau dikelilingi oleh pegunungan yang menawarkan pemandangan alam yang indah.

Danau Maninjau menawarkan berbagai aktivitas wisata yang menarik, seperti berburu foto, memancing, dan menyewa perahu dari warga setempat. Danau ini terkenal dengan Puncak Lawang, sebuah tempat yang menawarkan pemandangan spektakuler dan panoramik dari ketinggian. Selain itu, terdapat juga kelok Ampek-ampek atau 44 tikungan yang terkenal di sekitar danau ini.

Danau Maninjau adalah destinasi yang cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan ketenangan di tengah pegunungan. Anda dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan, menjelajahi sekitar danau dengan perahu, atau hanya bersantai sambil menikmati pesona alam yang memukau.

Alamat: Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

 

Danau Singkarak

 

Danau Singkarak terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Luas Danau Singkarak mencapai 107,8 kilometer persegi, menjadikannya danau terluas kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Danau Singkarak juga merupakan danau terluas di Sumatera Barat. Pembentukan Danau Singkarak berasal dari proses tektonik yang dipengaruhi oleh Sesar Sumatera. Danau ini merupakan bagian dari cekungan Singkarak-Solok yang terletak di segmen Sesar Sumatera. Cekungan tersebut terbendung oleh material vulkanik hasil letusan gunung api di sekitarnya, yang menghasilkan Danau Singkarak.

Baca  Destinasi wisata paling populer yang terdapat di Pidie Jaya, Aceh

Kedalaman Danau Singkarak mencapai 268 meter dengan ketinggian 363,5 meter di atas permukaan laut. Danau Singkarak juga merupakan sumber dari sungai atau Batang Ombilin. Namun, sebagian air dari danau dialirkan melalui terowongan yang melintasi Bukit Barisan untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak.

Danau Singkarak menawarkan panorama alam yang memukau. Anda dapat menikmati keindahan danau yang luas sambil menikmati pemandangan pegunungan yang mengelilinginya. Danau ini juga menjadi tempat yang populer bagi para penggemar olahraga air, seperti berperahu, memancing, atau sekadar bersantai di tepi danau yang tenang.

Alamat: Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

 

Danau Diatas

 

Danau Diatas terletak di dataran Bukit Barisan, tepatnya di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Danau ini juga dikenal sebagai Danau Kembar karena terdapat Danau Dibawah yang berjarak sekitar 300 meter dari danau tersebut. Danau Diatas, yang juga dikenal sebagai Danau Dieteh, menawarkan panorama alam yang indah yang dapat dinikmati dari ketinggian. Salah satu cara untuk menikmati keindahan danau ini adalah melalui dermaga di kawasan wisata Danau Kembar. Di area wisata ini, Anda dapat menemukan warung jajanan dan kursi-kursi untuk menikmati pemandangan alam di sekitar danau.

Alamat: Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat.

 

Danau Dibawah

 

Panorama Danau Dibawah hampir serupa dengan Danau Diatas. Sebelum melihat keindahan Danau Diatas, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan alam Danau Dibawah terlebih dahulu. Danau ini dapat dilihat dari sisi jalan Alahan Panjang, Kabupaten Solok. Di sepanjang tepi Danau Dibawah, terdapat banyak penduduk yang bercocok tanam dengan menanam tanaman hortikultura seperti wortel dan kol. Letak kedua danau ini agak membingungkan. Danau yang terletak di atas bukit disebut Danau Dibawah, sementara danau yang berada di bawah bukit disebut Danau Diatas. Danau Dibawah memiliki kedalaman 886 meter dengan ketinggian 1.566 meter di atas permukaan laut. Jika Anda ingin mengunjungi kedua danau ini, siapkan pakaian hangat karena suhunya cenderung sejuk hingga dingin.

Baca  Tempat wisata yang terdapat di Bungo, Jambi

Alamat: Jalan Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat.

 

Danau Talang

 

Danau Talang terletak di Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Danau Talang merupakan sebuah reservoir yang terbentuk dari Gunung Talang. Kawasan ini memiliki potensi keindahan yang dikelilingi oleh rangkaian bukit-bukit Gunung Talang. Air danau ini memiliki warna yang sangat jernih sehingga dapat melihat dasar danau yang menggoda untuk mandi atau bermain air. Di sekitar danau juga terdapat hamparan kebun teh dan sayuran yang menambah keindahan panorama sekitar danau. Danau Talang memiliki kedalaman sekitar 90 meter dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Alamat: Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat.

 

Demikianlah Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Sumatera Barat.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *