Gunung tertinggi di Maluku Utara

Deretan gunung tertinggi di kawasan Maluku Utara

Table of Contents

Maluku Utara terkenal sebagai pulau penghasil rempah, banyaknya gunung yang terdapat di provinsi tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri.

Gunung adalah bagian kerak bumi yang lebih tinggi dari area sekitarnya. Di Maluku Utara, gunung-gunungnya menjadi objek wisata dan sebagian masih ada yang aktif.

Selain memberikan pemandangan yang memanjakan mata, mendaki gunung dan sampai ke puncaknya merupakan tantangan yang tidak setiap orang mampu melakukannya.

Menaklukan gunung dengan tinggi di atas 1.000 meter di atas permukaan laut merupakan kebanggaan tersendiri, apalagi mampu mendaki lebih tinggi dari angka tersebut.

 

Deretan gunung tertinggi di kawasan Maluku Utara

 

Gunung Batusibela

Gunung Batusibela

Gunung Batusibela merupakan sebuah gunung yang bisa kamu temukan di Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Gunung Batusibela ini bukan termasuk gunung berapi. Gunung Batusibela memiliki ketinggian sekitar kurang lebih mencapai 2.111 Mdpl. Gunung Batusibela ini menjadi titik tertinggi di Pulau Bacan.

 

Gunung Kie Matubu

Gunung Kie Matubu

Gunung Kie Matubu adalah salah satu gunung tertinggi di kawasan Maluku Utara. Gunung Kie Matubu ini juga dikenal dengan sebutan Gunung Tidore. Gunung Kie Matubu ini terdapat di tengah-tengah kota Tidore. Gunung Kie Matubu atau Gunung Tidore ini menjadi salah satu gunung terfavorit di kalangan para pendaki. Gunung Kie Matubu ini terkenal memiliki medan yang cukup memacu adrenalin. Di Gunung Kie Matubu, para pendaki bisa menyaksikan secara langsung panorama matahari terbit da juga matahari terbenam dari atas puncaknya. Selain itu, kamu bisa menikmati pemandangan alam sekitar dan juga kota Ternate serta kota Tidore dari atas ketinggian puncak Gunung Kie Matubu. Gunung Kie Matubu memiliki ketinggian sekitar 1.730 mdpl.

Baca  Tempat wisata paling populer di Pulau Buru, Maluku

 

Gunung Gamalama

Gunung Gamalama 1

Gunung Gamalama merupakan salah satu gunung yang bisa kamu temukan di Maluku Utara. Gunung Gamalama termasuk Gunung Stratovolcano kerucut yang merupakan keseluruhan dari Pulau Ternate, Provinsi Maluku Utara. Pulau ini berada di pesisir barat Pulau Halmahera. Gunung Gamalama ini memiliki ketinggian sekitar kurang lebih mencapai 1.715 mdpl. Gunung Gamalama ini diselimuti Hutan Montane di ketinggian 1.200 hingga 1.500 meter dan diselimuti Hutan Ericaceous di ketinggian di atas 1.500 meter.

 

Gunung Gamkonora

Gunung Gamkonora 1

Gunung Gamkonora merupakan salah satu gunung yang terdapat di Pulau Halmahera. Gunung Gamkonora ini berlokasi di Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara. Puncak Gunung Gamkonora ini menjadi titik tertinggi di Pulau Halmahera ini. Letusan Gunung berapi ini menyebabkan kawah gunung yang memanjang dari sebelah utara ke sisi sebelah selatan. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 1.635 mdpl.

 

Gunung Kie Besi

Gunung Kie Besi

Gunung Kie Besi merupakan sebuah gunung yang terletak di Pulau Makian. Gunung Kie Besi ini juga kerap disebut dengan Gunung Makian. Gunung Kie Besi ini termasuk gunung berapi stratovolcano. Gunung Kie Besi terletak di Pulau Makian yakni di sebelah barat Pulau Halmahera. Gunung Kie Besi ini terletak di kecamatan Pulau Makian, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Gunung Kie Besi ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 1.357 mdpl.

 

Gunung Dukono

Gunung Dukono

Gunung Dukono adalah salah satu gunung yang terletak di kawasan sebelah utara Pulau Halmahera. Gunung Dukono ini terdiri dari beberapa kawah berapi dengan aktivitas yang cukup tinggi. Gunung Dukono memiliki ketinggian kurang lebih mencapai sekitar 1.335 mdpl.

 

Gunung Ibu

Gunung Ibu

Gunung Ibu merupakan salah satu gunung yang berjenis stratovolcano. Gunung Ibu ini terletak di kawasan sebelah barat laut Pulau Halmahera. Di puncak Gunung Ibu terdapat sebuah kawah vulkanik. Kawah ini memiliki lebar sekitar 1 kilometer dengan kedalaman sekitar 400 meter. Sementara itu, bagian luar memiliki lebar sekitar 1,2 kilometer. Kamu akan menemukan banyak kerucut parasit di sebelah timur laut puncak Gunung Ibu dan juga terdapat bagian kecil di bagian barat daya Gunung Ibu. Kamu juga bisa menemukan lelehan lava di sebelah barat dataran gunung. Di sana juga terdapat kawah-kawah kecil yang diakibatkan oleh letusan gunung di bagian sebelah barat dan juga utara. Gunugn Ibu ini memiliki ketinggian sekitar 1.325 mdpl.

Baca  Tempat Wisata Menarik di Maluku Tenggara Yang Wajib Kamu Datangi

 

Demikianlah Deretan gunung tertinggi di kawasan Maluku Utara. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan kamu. Apakah kamu tertarik untuk menjelajahi salah satu gunung yang ada di atas?

 

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *