tempat wisata di sumba tengah

9 Rekomendasi Destinasi Wisata terbaik di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur

Table of Contents

Sumba Tengah merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kabupaten Sumba Tengah memiliki kekayaan alam yang sangat beragam destinasi wisata alam yang sangat indah dan mempesona. Sumba Tengah terkenal akan keindahan pantainya.

 

9 Rekomendasi Destinasi Wisata terbaik di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur.

 

Di Sumba Tengah, kamu bisa menemukan wisata alam berupa pantai hingga perbukitan. Berikut adalah 9 rekomendasi destinasi wisata terbaik di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur.

 

  1. Wisata Pantai Maloba

pantai maloba

Pantai Maloba merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Konda Maloba, Kecamatan Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga. Pantai ini memiliki ombak yang sangat tenang. Disana kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti bermain pasir, bermain air, menikmati keindahan pantai, dan berbagai aktivitas lainnya. Pantai ini dikelilingi bebatuan yang cantik serta terdapat hamparan pasir putih yang bersih di dampingi dengan air laut berwarna biru kehijauan yang sangat jernih menambah daya tarik wisatawan.

 

  1. Wisata Pantai Aili

pantai aili

Pantai Aili merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Konda Maloba, Kecamatan Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini terletak di sebelah selatan Pantai Maloba. Pantai ini memiliki laut biru kehijauan yang sangat memanjakan mata. Kamu bisa menyewa kano atau perahu tradisional milik warga sekitar untuk bisa menikmati keindahan laut Pantai Aili dari permukaan air. Selain itu, kamu juga bisa melakukan snorkeling, menikmati keindahan bawah laut Pantai Aili, berenang kesana kemari bersama ikan-ikan cantik sembari menikmati keindahan terumbu karang yang ada disana.

 

  1. Wisata Bukit Mamboro

bukit mamboro

Bukit Mamboro merupakan sebuah bukit yang terletak di Desa Cendana, Kecamatan Mamboro, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Bukit Mamboro menawarkan suasana alam yang sangat asri dan penuh ketenangan di tengah-tengah hamparan padang rumput yang sangat mempesona. Ini merupakan salah satu daya tarik wisatawan karena sangat cocok dijadikan spot untuk berfoto. Disana kamu akan menikmati kawasan padang rumput yang menghijau dan ditemani dengan deretan perbukitan yang mengelilingi destinasi wisata ini. Kamu bisa hunting foto di tempat ini.

Baca  12 tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di kawasan Klungkung, Bali

 

  1. Wisata Air Terjun Harunda

air terjun harunda

Air Terjun Harunda terletak di Desa Soru, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Air terjun ini terletak di tengah hutan Sumba Tengah. Ketika sampai disana kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan aliran air terjun yang mengalir cukup deras dari sela-sela tebing bebatuan, menyerupai tirai alam yang sangat indah dan terdapat kolah kecil di bawahnya.

Di kolam yang terbentuk secara alami tersebut, kamu bisa berenang atau mandi sembari menikmati segarnya air yang sangat jernih milik Air Terjun Harunda. Namun untuk sampai ke air terjun ini, pastinya akan membutuhkan perjuangan untuk menyusuri jalan setapak yang cukup panjang. Tebing batu mengelilingi sehingga air terjun ini terasa air terjun privat dan milik sendiri.

 

  1. Wisata Air Terjun Matayangu

air terjun matayangu

Air Terjun Matayangu merupakan sebuah air terjun yang terletak di Desa Manurara, Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Air Terjun ini terletak jauh dari hiruk pikuk kota sehingga membuat suasana menjadi tenang. Air terjun ini memiliki suasana yang masih sangat asri karena dikelilingi pepohonan yang masih rimbun. Hal tersebut tentu menyebabkan air terjun ini memiliki suasana yang sangat segar dan sejuk. Kamu bisa duduk santai di atas bebatuan yang ada di sekitar air terjun ini untuk melakukan meditasi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 50 meter. Air Terjun Matayangu ini memiliki sebuah keunikan, yakni airnya mengalir keluar dari dalam goa sehingga menghasilkan pemandangan yang sangat indah dan eksotis.

 

  1. Wisata Pantai Lenang

pantai lenang

Pantai Lenang merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Lenang, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memiliki hamparan laut biru yang kehijauan serta sangat jernih sehingga pemandangan bawah lautnya terlihat dengan jelas dari atas permukaan air. Di sekeliling pantai terdapat pepohonan yang tumbuh rimbun sehingga menciptakan suasana yang segar dan sejuk. Pepohonan ini bisa dijadikan tempat untuk berteduh dari teriknya sinar matahari.

Baca  10 Rekomendasi Gunung Indah Favorit Wisatawan di Nusa Tenggara Timur.

 

  1. Bukit Waibakul

bukit waibakul

Bukit Waibakul merupakan sebuah bukit yang terletak di Desa Makata Keri, Kecamatan Katiku Tana, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Bukit ini sangat cocok untuk dijadikan spot berfoto dan hunting foto. Bukit ini memiliki hamparan rumput hijau yang memberikan suasana yang sejuk dan sangat asri.

 

  1. Wisata Pantai Kapulit

pantai kapulit

Pantai Kapulit merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Watu Asa, Kecamatan Mamboro, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Kamu bisa bermain air bersama keluarga di pantai ini karena memiliki ombak yang cukup tenang. Walaupun pantai ini memiliki rute yang cukup sulit, namun panorama yang disuguhkan sangatlah indah dan menawan. Terdapat hamparan pasir putih yang membentang memanjang di pantai ini. Pantai ini biasa digunakan untuk spot memancing dan hunting foto.

 

  1. Wisata Hutan Tandaru

hutan tandaru

Hutan Tandaru terletak di Desa Maradesa, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, Kabupaten Sumba Tengah. Di tengah hutan ini, kamu bisa menikmati sebuah ketenangan dan kesejukan yang memberikan kenyamanan sehingga betah berlama-lama disana. Pepohonan rindang yang tumbuh dengan rimbun menjadikan tempat ini menjadi teduh. Kamu juga bisa mengeksplor Hutan Tandaru untuk menemukan berbagai satwa liar yang melalukan aktivitasnya.

 

Itulah 9 rekomendasi destinasi wisata terbaik di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Sungguh destinasi wisata yang sangat indah. Kamu bisa mengunjungi destinasi di atas bersama teman ataupun keluarga. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata di atas?

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *