Destinasi Wisata di Taman Nasional Komodo

8 Rekomendasi Destinasi Wisata yang bisa kamu kunjungi di Taman Nasional Komodo!

Table of Contents

Taman Nasional Komodo ini terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Taman Nasional Komodo ini terdiri dari 3 pulau besar, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta terdapat beberapa pulau-pulau kecil. Disana kamu bisa melihat Komodo, yakni spesies kadal terbesar di dunia yang masih hidup di Bumi. Komodo yang memiliki nama lain Varanus Komodoensis ini habitat alaminya hanya di Indonesia. Taman Nasional Komodo juga memiliki keindahan alam yang sangat mempesona.

 

Ada banyak destinasi wisata di Taman Nasional Komodo yang wajib banget kamu kunjungi. Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata yang ada di Taman Nasional Komodo.

 

8 Rekomendasi Destinasi Wisata yang bisa kamu kunjungi di Taman Nasional Komodo!

 

  1. Pulau Komodo

Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan pulau utama di Taman Nasional Komodo, di pulau ini lah kadal terbesar di dunia, yakni Komodo hidup. Kamu bisa turun langsung untuk melihat secara langsung habitat asli Komodo dengan ditemani seorang ranger yang akan mendampingi mu selama perjalanan. Kamu akan melakukan trekking untuk bisa melihat Komodo di habitat aslinya tersebut. Jadi persiapkan diri dan gunakan lah pakaian yang nyaman ya. Selain melihat Komodo, kamu juga bisa mengunjungi Pink Beach di Pulau Komodo ini.

 

  1. Pulau Rinca

Pulau Rinca

Pulau Rinca merupakan salah satu pulau dari tiga pulau terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau ini juga menjadi habitat hidup Komodo. Uniknya, pulau ini memiliki kondisi geografis yang berbeda dengan Pulau Komodo.

Di Pulau Komodo terdapat hutan yang cukup rimbun, Sedangkan Pulau Rinca ini terdapat padang savana yang cukup luas, hal ini menjadikan pulau ini sangat cocok dijadikan spot berfoto. Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Rinca agar kamu bisa hunting foto.

Baca  10 Tempat wisata terpopuler yang ada di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur

 

  1. Pulau Padar

Pulau Padar

Pulau Padar merupakan salah satu pulau dari tiga pulau terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau Padarini memiliki spot foto yang paling terkenal di Taman Nasional Komodo. Pulau Padar ini memiliki bentuk yang unik. Kamu bisa menikmati pemandangan sembari hunting foto dari titik tertinggi Pulau Padar.

Pulau Padar juga ditumbuhi oleh padang savana. Kamu akan menemukan padang savana yang menguning karena kering jika kamu datang di musim kemarau dan kamu akan menemukan Pulau Padar yang menghijau di musim hujan.

 

  1. Pink Beach

Pink Beach

Pink Beach atau pantai merah adalah salah satu pantai yang terletak di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki sebuah keunikan yakni pasir pantainya terlihat berwarna merah muda. Tidak banyak pantai di dunia ini yang memiliki pasir yang berwarna pink. Warna pink ini disebabkan oleh keberadaan Foraminifera, yang menghasilkan pigmen merah di terumbu karang. Hal ini juga merupakan salah satu daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo.

 

  1. Taka Makassar

Taka Makassar

Taka Makassar adalah sebuah gosong pasir atau kawasan seperti pulau pasir yang muncul di permukaan  laut dan dikelilingi laut yang berwarna hijau tosca. Tempat ini sangat indah sehingga menjadikan tempat ini menjadi tempat yang wajib kamu kunjungi ketika liburan ke Taman Nasional Komodo.

 

  1. Pulau Kelor

Pulau Kelor

Pulau Kelor merupakan salah satu pulau kecil yang terdapat di Taman Nasional Komodo. Pulau Kelor ini terletak tak jauh dari Pulau Komodo. Walaupun ini hanya pulau kecil yang tidak berpenghuni, pulau ini cukup populer di kalangan wisatawan karena memiliki spot foto yang cukup terkenal di Taman Nasional Komodo ini. Di sekitar Pulau Kelor, terdapat area snorkeling yang menyuguhkan pemandangan bawah laut yang sangat indah.

Baca  9 Objek wisata yang ada di Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur

Namun karena Pulau Kelor ini masih kalah terkenal dibandingkan dengan tiga pulau utama di Taman Nasional Komodo, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar, Pulau ini jadi masih jarang dikunjungi wisatawan.

 

  1. Pulau Kalong

Pulau Kalong

Pulau Kalong merupakan salah satu pulau kecil yang terdapat di kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau Kalong merupakan sebuah objek wisata yang unik. Disana kamu akan disuguhkan sebuah atraksi yang sangat luar biasa, yakni ribuan kalong akan terbang di sekitar pulau ini dengan latar belakang langit senja yang sangat indah.

Pulau Kalong merupakan rumah bagi ribuan kelelawar, yang akan terbang bebas di sore hari untuk mencari makan.

 

  1. Gili Lawa

Gili Lawa

Gili Lawa merupakan salah satu pulau kecil yang terdapat di kawasan Taman Nasional Komodo. Gili Lawa ini sebenarnya terbagi menjadi dua pulau yang berbeda, yakni Gili Lawa Darat dan Gili Lawa Laut. Gili Lawa menjadi populer karena memiliki pemandangan yang sangat unik, yakni salah satu ujung kedua pulau ini memanjang dan hampir bertemu, sehingga menyisakan area laut yang sangat sedikit dan terlihat seperti selat. Gili Lawa memiliki beberapa bukit yang menjadi jalur hiking. Kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah dari atas bukit di salah satu pulau ini.

 

Nah itu dia 8 rekomendasi objek wisata yang bisa kamu kunjungi di kawasan Taman Nasional Komodo. Apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya?

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *