Tempat wisata di Asmat

8 Objek wisata yang bisa kamu kunjungi di Asmat, Papua Selatan

Table of Contents

Indonesia memiliki banyak provinsi yang kaya akan keindahan alam yang mempesona. Jika kamu memiliki rencana untuk berlibur ke kawasan timur Negara Indonesia, kamu bisa mengunjungi Papua Selatan. Provinsi Papua Selatan merupakan salah satu provinsi pemekaran dari Provinsi Papua. Papua Selatan terletak di dataran rendah dan berbatasan langsung dengan Negara Papua Nugini. Papua Selatan memiliki banyak rawa-rawa dan sungai besar. Papua Selatan kaya akan keindahan alam yang sangat mempesona, khususnya di wilayah Asmat. Asmat adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Papua Selatan. Asmat memiliki kekayaan alam yang tidak kalah indah dengan wilayah lainnya.

 

8 Objek wisata yang bisa kamu kunjungi di Asmat, Papua Selatan

 

Kabupaten Asmat memiliki keindahan alam berupa pantai dan beberapa objek wisata lainnya. Berikut adalah 8 Objek wisata yang bisa kamu kunjungi di Asmat, Papua Selatan.

 

Pulau Tiga

Pulau Tiga Asmat

Pulau Tiga merupakan sebuah wilayah yang terletak di Distrik Joerat, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan. Pulau Tiga ini juga kerap disebut dengan nama Pulau Somel. Pulau Tiga merupakan batas antara Kabupaten Asmat dengan Kabupaten Mimika. Pulau Tiga memiliki Keindahan alam yang sangat mempesona. Selain itu, Pulau Tiga juga memiliki penduduk yang sangat ramah.

 

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz merupakan sebuah taman nasional yang terletak di Kabupaten Asmat. Taman Nasional Lorentz memiliki julukan yakni bentang alam terletak di Asia Tenggara dan Pasifik. Taman Nasional Lorentz memiliki luas sekitar kurang lebih 2,4 juta hektar. Taman Nasional ini diresmikan oleh UNESCO sebagai situs alam warisan dunia pada 12 Desember 1999. Taman Nasional Lorentz ini dikenal akan ekosistem alamnya yang lengkap, seperti pegunungan, danau, dan hutan hujan. Taman Nasional Lorentz ini memiliki banyak spot berfoto di setiap sudutnya. Ini merupakan daya tarik wisatawan untuk mengunjungi taman nasional ini.

Baca  Tempat wisata paling populer di Raja Ampat, Papua Barat Daya

Terdapat sekitar 30 lebih vegetasi ada di Taman Nasional Lorentz, seperti Hutan Sagu, Padang Rumput, dan Rawa. Selain itu, Taman Nasional Lorentz adalah alam liar habitat para burung beterbangan bebas. Menurut catatan terdapat kurang lebih sekitar 600 jenis burung terdapat di Taman Nasional Lorentz, seperti Cendrawasih, Maleo, hingga Kasuari.

 

Pantai Pek

Pantai Pek

Pantai Pek merupakan sebuah pantai yang terdapat di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan. Kamu akan menemukan suasana pantai yang masih sangat alami di Pantai Pek ini. Hamparan pasir membentang di pantai ini dari selatan hingga ke timur. Pantai Pek ini memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga sangat cocok dikunjungi oleh para penyuka ketenangan. Jika kamu ingin berkunjung ke pantai ini, disarankan mengajak tour guide, karena sebagian besar penduduk di sekitar Pantai Pek ini masih menggunakan bahasa Asmat yang sangat kental. Walau demikian, penduduk sekitar Pantai Pek ini terkenal akan keramahannya.

 

Pulau Mamats

Pulau Mamats

Pulau Mamats merupakan sebuah pulau yang terletak di Distrik Sawaerma, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan. Pulau Mamats ini juga memiliki nama lain, yakni Pulau lak atau laag yang dalam bahasa Belanda memiliki arti daratan rendah. Sedangkan menurut masyarakat, Pulau ini memiliki nama asli yakni Pulau Jat. Sebagian besar wilayah Pulau ini bermaterial lumpur. Kamu bisa mengamati keseharian penduduk suku Asmat yang tinggal di Pulau Lak ini secara langsung.

 

Rawa Baki

Rawa Baki

Rawa Baki ini terletak di Distrik Akat, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan. Rawa Baki ini dikenal sebagai surganya para pemancing. Rawa Baki ini merupakan spot yang sangat cocok untuk berburu ikan Baramundi. Di sekitar Rawa Baki juga terdapat penginapan dan camp-camp untuk beristirahat. Wilayah ini terkenal akan kekayaan kayu meranti dan kayu gaharunya. Karena merupakan wilayah dengan potensi kayu meranti dan kayu gaharu terbanyak di Papua, menjadikan banyak terdapat beragam souvenir di sekitar wilayah ini. Rawa Baki juga dikenal akan kekayaan tanaman anggreknya. Di  wilayah ini kamu bisa menemukan lebih dari 600 jenis tanaman anggrek. Terdapat juga berbagai jenis umbi-umbian di sekitar wilayah ini. Kamu bisa mencoba umbi-umbian khas Asmat ini.

Baca  Destinasi wisata terpopuler yang ada di Maybrat, Papua Barat Daya

 

Rumah Atas Pohon

Rumah Atas Pohon

Kamu juga bisa mengunjungi wisata adventure di Asmat, yakni Rumah Atas Pohon. Wisata Rumah Atas pohon Asmat merupakan kombinasi antara alam dengan sosial penduduk setempat. Rumah atas pohon yang satu ini pastinya berbeda dengan rumah atas pohon pada umumnya, karena semua bahan yang digunakan adalah bahan dari alam, jadi kamu tidak akan menemukan cat ataupun paku di rumah atas pohon Asmat ini.

Rumah pohon ini biasanya memiliki ketinggian sekitar 15 hingga 50 meter di atas permukaan tanah. Tiang utama rumah pohon ini berasal dari pohon sagu dengan atap menggunakan daun sagu yang sudah disusun rapi menggunakan tali rotan. Kamu bisa menyaksikan secara bagaimana proses gotong royong suku Asmat dalam pembuatan rumah atas pohon jika beruntung.

 

Pantai Bokap

Pantai Bokap

Pantai Bokap merupakan salah satu pantai yang bisa kamu kunjungi di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan. Pantai ini merupakan salah satu pantai unik di Kabupaten Asmat. Pantai Bokap ini kerap juga disebut dengan pantai berlumpur. Disebut dengan pantai berlumpur karena ketika air laut surut, beberapa sudut bibir pantai ini akan dipenuhi oleh lumpur. Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seru di pantai ini seperti berburu keong sembari menikmati panorama sunset di sore hari. Kamu juga bisa menyaksikan aktivitas nelayan tradisional di sekitar pantai ini.

 

Pantai Bayun

Pantai Bayun

Pantai Bayun merupakan sebuah pantai yang terletak di Kawasan Distrik Pantai Kasuari, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan. Kamu bisa menemukan hamparan hutan mangrove di tepi pantai ini. Pantai ini menawarkan suasana pantai yang masih sangat terjaga keasriannya. Walaupun belum terkena dampak modernisasi, pantai ini sangat diminati oleh masyarakat setempat untuk menghabiskan waktu liburan. Kamu bisa melakukan piknik sembari menunggu panorama sunset di sore hari.

Baca  Objek wisata yang terdapat di Lampung Barat, Lampung

 

Demikianlah 8 Objek wisata yang bisa kamu kunjungi di Asmat, Papua Selatan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk rencana liburan kamu. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu objek wisata di atas?

Rate this post

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://kelilink com/8-objek-wisata-yang-bisa-kamu-kunjungi-di-asmat-papua-selatan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *