Tempat wisata di Kaimana

5 Tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kaimana, Papua Barat

Table of Contents

Papua Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Papua bagian barat. Provinsi Papua Barat beribukota di Kota Manokwari. Provinsi Papua Barat memiliki beberapa wilayah yang kaya akan pesona alam yang sangat indah dan budaya unik yang sangat beragam, salah satu wilayah tersebut adalah Kaimana. Kaimana adalah salah satu kabupaten yang terletak di Papua Barat. Kabupaten Kaimana ini kaya akan tempat wisata alam yang sangat menakjubkan dan tempat wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi pantai-pantainya hingga hutan di Kaimana.

 

5 Tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kaimana, Papua Barat

 

Jika kamu memiliki rencana untuk menjalankan liburan di kawasan timur Indonesia, khususnya pulau Papua, kamu bisa mencoba untuk mengunjungi Kabupaten Kaimana, di sana kamu bisa menikmati keindahan alamnya dan wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah 5 Tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kaimana, Papua Barat.

 

Situs Sejarah Kerajaan Namatota

Situs Sejarah Kerajaan Namatota

Situs bersejarah Namatota merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Kaimana. Namatota merupakan sebuah kampung kecil yang terletak di Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat. Namatota ini menyimpan sebuah situs bersejarah. Di Namatota ini, kamu bisa menemukan barang peninggalan bersejarah zaman kerajaan dan juga barang peninggalan bersejarah zaman penjajahan Belanda. Di Namatota ini kamu juga bisa menemukan makam raja yang pernah memimpin daerah Kaimana. Dahulu, Kerajaan Namatota yang ada di daerah Kaimana ini memiliki nama Kerajaan Kowial. Kerajaan Kowial adalah Kerajaan islam pertama yang ada di Pulau Papua. Kerajaan ini memiliki sebuah keunikan yang cukup berbeda dengan kerajaan-kerajaan di daerah lainnya. Keunikan tersebut yakni Kerajaan ini tidak memiliki bangunan yang mewah serta megah, namun raja yang memimpin pada saat itu hanya memiliki sebuah rumah sederhana yang disebut dengan rumah adat. Saat ini rumah adat Kerajaan Namatota ini dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang peninggalan sejarah Kerajaan. Tempat ini masih dijaga dan hingga kini masih tertata dengan rapi.

Baca  Rekomendasi objek wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur di Pegunungan Arfak, Papua Barat

 

Lukisan Dinding Batu

Lukisan Dinding Batu

Tempat wisata yang satu ini terletak di Desa Mai-Mai, Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat. Konon katanya menurut masyarakat sekitar, lukisan yang ada pada dinding baru ini telah ada sejak zaman prasejarah. Di dinding batu ini terdapat cukup banyak jenis lukisan, yakni seperti lukisan telapak tangan, lukisan bunga, lukisan ikan dan ada juga lukisan kapal. Sepertinya lukisan-lukisan tersebut menggambarkan kisah kehidupan masa lampau yang hingga saat ini masih belum dapat diartikan. Lukisan dinding batu ini kerap disebut dengan lukisan dinding purba oleh warga setempat. Lukisan tersebut terdapat di tebing karang yang memiliki panjang sekitar 1 kilometer dengan tinggi sekitar 10 meter.

 

Benteng Fort Du Bus

Benteng Fort Du Bus

Benteng Fort Du Bus adalah salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Kabupaten Kaimana. Benteng Fort Du Bus ini terletak di Desa Lobo, Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat. Benteng Fort Du Bus ini diresmikan pada tanggal 24 Agustus 1828. Benteng Fort Du Bus ini merupakan benteng pertama yang dibangun oleh pemerintah pada saat itu. Benteng ini dibangun sebagai tempat perlindungan dari musuh. Nama benteng ini berasal dari L.P.J Burggraaf du Bus de Gisignis, ia adalah seorang jenderal berkuasa yang berasal dari Hindia Belanda. Benteng ini sekarang sudah beralih fungsi menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan domestik ataupun wisata mancanegara.

 

Danau Kamaka

Danau Kamaka

Danau Kamaka merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Lobo, Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat. Danau Kamaka ini kerap dijadikan sebagai tempat wisata oleh penduduk sekitar. Danau Kamaka merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di daerah ini. Danau Kamaka ini memiliki sebuah keunikan yang tidak bisa ditemukan di danau daerah lainnya, yakni danau Kamaka memiliki masa pasang dan surut selama 8 tahun atau 5 tahun sekali. Pada saat danau ini mengalami masa surut, maka penduduk sekitar akan bercocok tanam di sekitar danau ini, namun ketika danau ini mengalami musim pasang, maka penduduk setempat akan beralih profesi dari petani menjadi nelayan. Danau Kamaka memiliki pemandangan yang sangat indah. Danau ini memiliki air danau yang biru. Pepohonan yang tumbuh rimbun di sekitar danau ini membuat suasana disana menjadi sejuk dn terasa sangat asri. Banyak wisatawan yang datang mengunjungi Danau Kamaka untuk mendapatkan latar berfoto yang sangat luar biasa.

Baca  Destinasi wisata paling populer yang terdapat di Sekadau, Kalimantan Barat

 

Kolam Sisir

Kolam Sisir

Kolam Sisir merupakan sebuah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Kaimana. Kolam Sisir ini terletak di Kaimana Kota, Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat. Ketika berkunjung ke Kolam Sisir ini kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan kolam yang memiliki Air berwarna kehijauan. Kamu akan menemukan suasana yang nyaman dan tenang. Danau ini sangat cocok dikunjungi untuk melepas penat ketika sehabis bekerja. Lokasi Kolam Sisir ini tidak terlalu jauh dari pusat Kota, kamu akan menempuh sekitar 20 menit perjalanan untuk sampai ke Kolam Sisir dari Pusat Kota.

 

Demikianlah 5 Tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kaimana, Papua Barat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Rate this post

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

wisata pulau seram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *