tempat wisata di alor

10 destinasi wisata yang ada di Alor, Nusa Tenggara Timur, sangat cocok buat kamu pecinta snorkeling dan diving

Table of Contents

Alor merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Alor berupa gugusan kepulauan yang berada di timur pulau Flores. Pulau Alor memiliki destinasi wisata yang sangat indah yakni berupa pantai dengan air lautnya yang sangat jernih serta memiliki beragam biota laut di dalamnya. Kamu bisa berkunjung ke Pulau Alor untuk melakukan beberapa aktivitas seru seperti snorkeling dan diving.

 

10 destinasi wisata yang ada di Alor, Nusa Tenggara Timur.

 

Teluk Kabola

teluk kabola

Teluk Kabola merupakan sebuah teluk yang terletak di Kecamatan Kabola, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Di Teluk ini kamu bisa bertemu dengan Mawar, yakni seekor Dugong jantan yang biasa menghuni kawasan Suaka Alam Perairan Selat Pantar, Alor, sudah sejak tahun 1999. Untuk bisa bertemu dengan Mawar, kamu harus berangkat bersama nelayan menggunakan perahu ke tepi pantai Mali yang berjarak hanya sekitar 1,5 kilometer dari bandara Mali.

 

Desa Adat Takpala

desa adat takpala

Desa Adat Takpala merupakan sebuah Kampung tradisional yang terletak di Desa Lembur Barat, Kecamatan Alor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Desa ini dihuni oleh masyarakat suku abui. Desa ini memiliki sebuah keunikan, yakni hingga saat ini desa ini masih hidup tanpa menggunakan listrik. Untuk sampai ke desa ini kamu akan menempuh waktu sekitar 30 menit karena Desa ini berada di lereng bukit.

 

Boluwai Loro

boluwai loro

Boluwai Loro merupakan spot snorkeling yang terletak di Desa Marisa, Pulau Kangge, Kecamatan Pantar Barat Laut, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Di destinasi wisata ini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang memiliki air yang sangat jernih, dan hamparan ladang rumput laut yang sangat menyegarkan mata. Kamu juga bisa menemukan berbagai macam biota laut dan terumbu karang di tengah lautnya. Kamu tidak perlu membayar tiket untuk masuk ke destinasi wisata ini, namun kamu perlu menyewa perahu dari nelayan lokal.

Baca  8 Rekomendasi Destinasi Wisata yang bisa kamu kunjungi di Taman Nasional Komodo!

 

Pantai Watu Peti

pantai watu peti

Pantai Watu Peti merupakan sebuah pantai yang terletak berdekatan dengan Desa Marisa, Pulau Kangge, Kecamatan Pantar Barat laut, Kabupaten Alor. Untuk sampai ke pantai ini kamu akan menempuh waktu sekitar satu setengah jam dari Desa Marisa dengan menggunakan sekoci. Pantai ini memiliki nama yang berarti sebagai berikut, Watu berarti batu dan Peti berarti peti. Sehingga arti dari Watu Peti merupakan batu yang berbentuk menyerupai peti. Batu ini terletak di tepi pantai yang agak menjorok ke lautan. Pantai ini memiliki warna air laut gradasi hijau kebiruan dan hamparan pasir putih yang halus, sehingga menjadikan suasana pantai yang sangat eksotis.

 

Pantai Sebanjar

pantai sebanjar

Pantai Sebanjar merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Alor Besar, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor. Untuk sampai ke pantai ini kamu akan menempuh jarak sekitar 20 km dari Kota Kalabahi. Pantai ini memiliki beberapa daya tarik yakni hamparan pasir putih yang bersih, air laut yang sangat jernih, terumbu karang yang sangat unik, dan ada beberapa spot foto yang cukup menarik.

 

Pantai Maimol

pantai maimol

Pantai Maimol merupakan sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Kabola, Nusa Tenggara Timur. Dari bandara Mali, kamu akan menempuh jarak sekitar 6 kilometer untuk sampai ke pantai ini. Di pantai ini kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seru seperti bersantai sembari menikmati keindahan panorama pantai yang disuguhkan.

 

Museum 1000 Moko

museum 1000 moko

Museum 1000 Moko terletak di Jalan Diponegoro, Kota Kalabahi, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Moko merupakan benda yang berbentuk seperti tambur yang memiliki tutup di bagian atas dan bawah. Moko digunakan sebagai alat musik oleh masyarakat Alor. Uniknya, di museum ini kamu tidak hanya akan menemukan Moko dan nekara, namun kamu juga akan menemukan pakaian tradisional masyarakat Alor. Kamu juga akan banyak menemukan benda peninggalan bersejarah di sana.

Baca  10 Rekomendasi Gunung Indah Favorit Wisatawan di Nusa Tenggara Timur.

 

Pulau Rusa

pulau rusa

Pulau rusa merupakan sebuah pulau yang terletak di Desa Puntaru, Kecamatan Pantar Barat, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Sesuai dengan namanya Pulau ini merupakan tempat tinggal dari ribuan rusa liar. Pulau ini memiliki sebuah keunikan, yakni kamu tidak akan menemukan seekor rusa pun jika tidak didampingi oleh juru kunci.

 

Pantai Ling Al

pantai ling al

Pantai Ling Al atau Lingal merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Halerman, Kecamatan Alor Barat Daya, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Untuk sampai ke pantai ini kamu akan menempuh jarak sekitar 150 kilometer dari pusat Kota Kalabahi. Kamu bisa sampai ke pantai ini dengan berlayar menggunakan kapal. Di perjalanan menuju pantai ini kamu akan melewati Pulau Pura, dan jika beruntung kamu bisa melihat sekawanan lumba-lumba.

 

Gugusan Kepulauan

gugusan kepulauan alor

Kabupaten Alor terkenal dengan kabupaten yang memiliki gugusan kepulauan. Maka tak heran lagi jika Kabupaten ini memiliki beberapa pulau. Semua pulau yang terdapat di kabupaten Alor memiliki keindahan dan daya tarik masing-masing. Kamu bisa menjelajahi beberapa kepulauan tersebut sambil berlayar menggunakan kapal. Diantaranya kamu bisa mengunjungi beberapa pulau yang letaknya tak jauh dari Kota Kalabahi, seperti Pulau Kepa, Pulau Pura, dan Pulau Ternate.

 

Nah demikianlah 10 destinasi wisata yang ada di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata di atas?

Rate this post

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

padang savana banyuwangiair terjun paorama taman nasional rinjanisavana sadengan banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *