Garuda Wisnu Kencana

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Table of Contents

Bosan dengan suasana pantai, kamu bisa mengunjungi sesuatu yang berbeda di kawasan Bali Selatan yaitu :

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (Garuda Wisnu Kencana Cultural Park) atau biasa di sebut GWK

Ya, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan nama ini, taman budaya ini sudah menjadi icon pariwisata di Pulau Bali loh…

Buat yang belum tau, kamu bisa simak informasi di bawah dulu yaa…

gwk1

Taman Budaya GWK adalah sebuah taman wisata budaya di kawasan selatan pulau Bali. Taman Budaya GWK berlokasi di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Kurang lebih 30 kilometer di selatan pusat Kota Denpasar. Di taman budaya ini terdapat sebuah patung megah atau bisa dibilang sebagai landmark pulau Bali, yakni patung Garuda Wisnu Kencana. Patung tersebut menggambarkan Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, yakni burung Garuda, dengan tinggi patung 121 meter. Kawasan Taman Budaya GWK berada di ketinggian 263 meter di atas permukaan laut.

Di area tersebut juga ada patung Garuda yang ada tepat di belakang Plaza Wisnu adalah Plaza Garuda di mana patung kepala Garuda dengan tinggi 18 meter diletakkan.

garuda plaza

Sekarang ini, Plaza Garuda jadi titik fokus dari lorong besar pilar berukir batu kapur yang luasnya lebih dari 4000 meter persegi, ruang terbuka yang bernama Lotus Pond. Lotus Pond berhasil menciptakan aksen ruang yang sangat eksotis. Lotus Pond telah menjadi tempat sempurna untuk mengadakan acara-acara besar, kamu bisa mengadakan acara besar baik berskala nasional maupun internasional.

Tanggal 22 September 2018 menjadi tanggal peresmian Patung Garuda Wisnu Kencana oleh Presiden Joko Widodo.

 

Tempat Rekreasi di Kawasan GWK

Baca  Make a beauty selfie 2020: new life to go, a short the story across the world.

Buat informasi tambahan, GWK Cultural Park ini dikelola oleh group PT. Alam Sutera Realty Tbk. Dan memiliki beberapa tempat rekreasi yang bisa kamu kunjungi, yakni:

  • Plaza Wisnu

Plaza Wisnu adalah titik tertinggi di area GWK dimana disana ada potongan patung Dewa Wisnu dengan tinggi 23 meter. Dari Plaza Wisnu kamu bisa menikmati pemandangan di sekitar area GWK. Patung Wisnu di titik pusat Plaza Wisnu dikelilingi beberapa air mancur dan sumber mata air suci yang konon katanya tidak pernah kering walaupun pada saat musim kemarau. Kamu bisa berfoto disini dengan latar foto adalah patung Dewa Wisnu yang besar dan megah.

 

  • Street Theater

street theatre

Street Theater adalah titik awal dan akhir saat kamu berkunjung ke Taman Budaya GWK. Di sini kamu akan menemukan toko-toko dan restoran. Kamu bisa mendapatkan merchandise GWK disana. Ada pula spa Bali dan beberapa produk aroma terapi disana. Di sini juga terdapat beberapa pusat hidangan dengan menu dan harga yang terbaik.

 

  • Lotus Pond

Lotus Pond adalah kawasan outdoor paling besar di area GWK. Maka dari itu, Lotus Pond menjadi tempat yang tepat untuk mengadakan acara berskala besar dengan pemandangan yang indah pastinya.

GWK memiliki reputasi dan telah dipercaya untuk menjadi tempat untuk mengadakan acara berskala besar. Lotus Pond sudah biasa dijadikan tempat untuk mengadakan acara seperti konser musik, pertemuan nasional maupun internasional. Lotus Pond memiliki pemandangan yang unik yakni pilar batu kapur yang mengelilinginya dengan patung Garuda berdiri dengan megah sebagai latar belakang.

Lotus Pond berasal dari teratai. Teratai sebagai simbol keindahan, kesuburan, dan kemakmuran. Dewa Wisnu selalu membawa bunga teratai di tangannya dan hampir semua dewa di agama Hindu duduk di atas teratai dan ada juga yang membawa bunga teratai di tangannya.

Baca  Quick Simple and Downright Comforting Dishes for Busy Weeknights.

 

  • Indraloka Garden

indraloka garden

Di sini kamu bisa mengadakan pesta kecil atau menengah, seperti upacara pernikahan. Ini adalah salah satu tempat terfavorit di GWK. Kamu bisa menikmati pemandangan alam sekitar GWK bersama sanak keluarga atau teman dari atas Indraloka Garden.

 

  • Amphitheatre

amphitheatre

Ini adalah tempat outdoor untuk pertunjukan khusus dengan akustik yang sudah dirancang dengan baik. Pada sore hari kamu bisa menonton pertunjukan tari kecak yang keren dan pastinya gratis yaitu pada pukul 18.30 – 19,30 WITA. Biasanya tari kecak ini dikolaborasikan dengan tarian daerah lainnya. Kamu bisa mengabadikan kerennya pertunjukkan tari kecak kolaborasi disana.

 

  • Tirta Agung

tirta agung

Tirta Agung merupakan sebuah ruang outdoor yang biasa digunakan untuk acara menengah. Karena lokasinya berdekatan dengan konter tiket Plaza Bhagawan, maka Tirta Agung kerap dijadikan tempat drop off dan parkir.

 

  • Tirta Amertha

tirta amerta

Tirta Amertha adalah gerbang masuk menuju ke area GWK. Disini terdapat miniatur patung GWK dan dihiasi air mancur. Lokasi ini merupakan salah satu tempat terfavorit untuk wisatawan berfoto sebelum memasuki kawasan GWK, Di sebelah timurnya, ada dinding besar dengan lukisan mural yang menggambarkan kisah Ramayana.

 

  • Bali Parade

Ini adalah sebuah pertunjukkan yang menampilkan beberapa penari dan pemain alat musik mengelilingi kawasan GWK. Parade ini dilakukan sebagai persiapan warga sekitar sebelum melakukan persembahyangan. Penari membawa beberapa sesajen yang biasa dihaturkan saat persembahyangan. Lalu penari akan melakukan pertunjukkan tepat di depan patung Dewa Wisnu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *