tempat wisata di Aceh Selatan

Rekomendasi tempat wisata yang ada di Aceh Selatan, Aceh

Table of Contents

Aceh merupakan salah satu provinsi yang terletak di Ujung Utara Pulau Sumatera. Provinsi Aceh ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Banda Aceh. Provinsi Aceh memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Aceh Selatan. Aceh Selatan merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Aceh. Ibu kota Kabupaten Aceh Selatan berada di Tapak Tuan. Kabupaten Aceh Selatan ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Aceh Selatan.

 

Rekomendasi tempat wisata yang ada di Aceh Selatan, Aceh

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Aceh Selatan, Aceh. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Rekomendasi tempat wisata yang ada di Aceh Selatan, Aceh.

 

Pantai Lhok Rukam

 

Kabupaten Aceh Selatan dikenal dengan keberagaman pantainya yang indah. Salah satu pantai yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Pantai Lhok Rukam. Pantai ini menyuguhkan panorama alam yang sangat luar biasa. Pantainya yang luas dengan pasir putih menjadi tempat yang sempurna untuk duduk santai di pinggir pantai. Gugusan pantai ini juga terkenal dengan keindahannya yang memukau.

Salah satu keunggulan Pantai Lhok Rukam adalah kelestarian alamnya yang terjaga dengan baik. Bahkan pantai ini termasuk dalam wilayah “kampung hijau”. Kondisi alamnya masih sangat asri dan indah. Banyak pohon yang tumbuh di sepanjang pantai, menambah kesegaran di sekitar area pantai.

Baca  Destinasi wisata paling populer yang terdapat di Bangka, Kepulauan Bangka Belitung

Alamat: Jalan Tapaktuan – Subulussalam, Desa Lhok Rukam, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh.

 

Puncak Grapela

 

Bagi pecinta hiking atau petualangan yang seru, Puncak Grapela adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Wisata alam ini menawarkan keindahan alami dan udara yang sejuk. Namun, perjuangan diperlukan untuk menikmati keindahannya. Pengunjung harus mendaki menuju puncak untuk mencapai tujuan. Mengenai akses jalan, tidak perlu khawatir karena dapat dilalui dengan aman.

Puncak Grapela sebenarnya adalah Tempat wisata yang relatif baru. Tempat yang memukau ini belum lama dibuka untuk umum. Setelah sampai di puncak, rasa lelah selama perjalanan akan hilang.

Disini kamu dapat melihat dengan jelas panorama alam yang sangat indah berupa perbukitan, Samudera Hindia, dan juga perkampungan.

Alamat: Desa Panton Luas, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh.

 

Wisata Tapak Tuan Tapa

 

Wisata Tapak Tuan Tapa merupakan destinasi legendaris yang terletak di Kabupaten Aceh Selatan. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Keberadaan banyak spot cantik dengan keindahan alam yang memukau menjadi daya tarik utamanya. Selain itu, di tempat ini juga terdapat situs budaya berupa jejak kaki manusia raksasa yang berada di Lereng Gunung Lampu.

Wisata Tapak Tuan Tapa tidak hanya menawarkan pemandangan yang memikat, tetapi juga memiliki kisah legenda yang sangat menarik untuk disimak. Konon, jejak tapak tersebut merupakan bukti kehebatan Tuan Tapa setelah memperoleh ilmu dari seekor naga. Kehebatannya itu membuatnya meninggalkan jejak legendaris yang terlihat hingga kini.

Namun, bagi yang penasaran untuk melihat jejak Tapak Tuan yang legendaris, diperlukan sedikit usaha untuk mencapai lokasi. Waktu perjalanan yang dibutuhkan pun tidak sebentar. Wisatawan dapat mencapai tempat ini melalui Pantai Lambu. Penting juga untuk diketahui bahwa setiap pengunjung harus mematuhi peraturan yang berlaku setelah tiba di kawasan wisata.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Selatan

Alamat: Pasar, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh.

 

Air Terjun Tingkat Tujuh

 

Di Tapak Tuan, Aceh, terdapat Tempat wisata yang tidak hanya terbatas pada pantai yang indah. Salah satu destinasi lainnya adalah Air Terjun Tingkat Tujuh yang terkenal akan keindahannya. Wisata alam ini menampilkan serangkaian air terjun yang terdiri dari tujuh tingkatan. Kejernihan airnya dan keberadaan pepohonan di sekitar menciptakan suasana yang nyaman di tempat wisata yang indah ini.

Meskipun menjadi Tempat wisata favorit, pengunjung juga perlu menyiapkan tenaga ekstra saat ingin mengunjungi air terjun ini, terutama jika ingin melihat seluruh tingkatan curug. Terdapat fasilitas berupa tangga yang memudahkan pendakian. Untungnya, arus air terjun di sini tidak terlalu deras, sehingga pengunjung dapat menikmati berenang sepuasnya.

Alamat: Batu Itam, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh.

 

Taman Pala Tapak Tuan

 

Taman Pala Tapak Tuan adalah destinasi rekreasi yang terbuka untuk umum. Namun, berbeda dengan tempat rekreasi lainnya, taman ini menawarkan berbagai fasilitas yang membuat siapa pun betah ketika berkunjung. Salah satu fasilitas yang tersedia adalah perpustakaan mini atau pojok baca yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, Taman Pala Tapak Tuan juga menyediakan beberapa spot foto yang dirancang khusus. Anda dapat bersantai dan berfoto di spot-spot yang telah disediakan. Beberapa orang bahkan memanfaatkan taman ini sebagai tempat untuk berolahraga, seperti jogging atau bermain voli.

Alamat: Pasar, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh.

 

Pulau Dua Bakongan

 

Pulau Dua Bakongan adalah pilihan wisata yang menarik ketika Anda berkunjung ke Aceh Selatan. Wisata alam ini memiliki keunikan karena sebelumnya Pulau Bakongan hanya digunakan sebagai tempat istirahat para nelayan. Namun, berkat keindahan alamnya, pulau ini kini menjadi tujuan yang ramai dikunjungi oleh pengunjung.

Baca  Tempat wisata yang ada di Sibolga, Sumatera Utara

Sesuai dengan namanya, pulau ini terdiri dari dua pulau yang berdekatan. Keindahan alam di pulau ini masih sangat terjaga keasriannya. Pengunjung akan betah dengan udara sejuk dan pemandangan alam yang indah. Untuk mencapai Pulau Dua Bakongan, pengunjung perlu menyewa kapal terlebih dahulu.

Alamat: Desa Ujung Pulo Rayeuk, Kecamatan Bakongan Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh.

 

Demikianlah Rekomendasi tempat wisata yang ada di Aceh Selatan, Aceh. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *