objek wisata di Teluk Wondama

5 Objek wisata yang wajib dikunjungi di Teluk Wondama, Papua Barat

Table of Contents

Papua Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Papua bagian barat. Provinsi Papua Barat beribukota di Kota Manokwari. Provinsi Papua Barat memiliki beberapa wilayah yang kaya akan pesona alam yang sangat indah dan budaya unik yang sangat beragam, salah satu wilayah tersebut adalah Teluk Wondama. Teluk Wondama adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua Barat, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Rasiey. Kabupaten ini mulai terbentuk pada tanggal 12 April 2003 sebagai hasil dari pemekaran Kabupaten Manokwari. Kabupaten Teluk Wondama ini kaya akan tempat wisata alam yang sangat menakjubkan dan tempat wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi pantai-pantainya hingga hutan di Teluk Wondama.

Masih belum banyak wisatawan yang tahu tentang daerah ini. Padahal Teluk Wondama memiliki keindahan tempat wisata yang sangat indah dan menakjubkan. Teluk Wondama memiliki berbagai macam objek wisata menarik yang sangat bagus dijadikan sebagai tujuan wisata dengan tema edukasi. Wisata edukasi di Teluk Wondama ini seperti mengenal jenis-jenis fauna endemik dan beberapa burung di beberapa wilayah di Teluk Wondama ini. Ada juga gereja tua bersejarah, ada juga hutan mangrove dan beberapa objek wisata lainnya.

 

5 Objek wisata yang wajib dikunjungi di Teluk Wondama, Papua Barat

 

Ada banyak objek wisata indah lainnya yang bisa kamu jelajahi di beberapa lokasi di Teluk Wondama ini. Selain memiliki objek wisata yang cukup banyak dan menarik para wisatawan, Di Teluk Wondama juga menyimpan berbagai macam kisah religi dan budaya. Berikut adalah 5 Objek wisata yang wajib dikunjungi di Teluk Wondama, Papua Barat.

 

Bukit Aitumeri

Bukit Aitumeri

Bukit Aitumeri merupakan salah satu objek wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur di Papua Barat. Bukit Aitumeri ini terletak di Desa Maniwak, Distrik Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Dahulunya Bukit Aitumeri ini merupakan sebuah tempat yang dijadikan sebagai pusat untuk belajar atau pusat pendidikan untuk anak-anak dan pemuda pemudi di Papua. Di Bukit Aitumeri ini para putra dan putri terbaik dari Papua dibentuk. Papua pernah memperoleh penghargaan untuk putra dan putri terbaik dengan prestasi emas.

Baca  Objek wisata paling populer di Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Sedikit tentang sejarahnya, yakni di kaki Bukit Aitumeri ini terdapat sebuah forum pendidikan yang memiliki nama forum belajar Aitumeri. Di forum belajar ini terdapat 6 orang murid yang belajar menggunakan batu-batuan sebagai tempat duduk mereka. Kini disebut sebagai bebatuan yang meninggalkan kisah peradaban bagi Papua. Selain itu, kamu bisa menikmati panorama laut lepas dari ketinggian bukit ini.

 

Pulau Roon

Pulau Roon

Pulau Roon merupakan sebuah pulau yang bisa kamu temukan di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Dari pelabuhan Wasior, kamu bisa menaiki longboat menuju Pulau Roon dengan perjalanan yang memakan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan.  Penduduk Pulau Roon ini menempati tempat tinggal yang dibuat di atas air. Masyarakat desa Yande melakukan berbagai macam aktivitas kehidupannya di atas air ini. Di Desa Yande ini terdapat sebuah gereja tua yang memiliki sebuah kitab suci yang sudah diterbitkan sekitar tahun 1898. Biasanya para pengunjung berkunjung ke pulau ini untuk melakukan beberapa aktivitas seru seperti snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan bawah laut Pulau Roon.

 

Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon merupakan salah satu pulau yang terletak di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Pulau Rumberpon ini memiliki hamparan pasir putih di sepanjang tepi pulaunya. Ini merupakan salah satu daya tarik yang diincar oleh para wisatawan. Kamu akan menemukan pasir putih bersih dan lembut tanpa karang di setiap pantai yang ada di Pulau Rumberpon ini. Air pantai di sekitar pulau Rumberpon ini sangat jernih dengan biota laut yang ada di bawahnya bisa terlihat dengan jelas dari permukaan air. Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seru di Pulau ini seperti snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan panorama bawah laut yang ada di sekitar Pulau Rumberpon. Kamu juga bisa memancing di lautnya. Di pulau Rumberpon ini juga kaya akan fauna endemik khas Papua.

Baca  Deretan destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi di Mamberamo Tengah, Papua Pegunungan

 

Pulau Kukusa

Pulau Kukusa

Pulau Kukusa merupakan salah satu pulau yang terletak di Kabupaten Teluk Wondama. Pulau Kukusa ini letaknya berdekatan dengan Pulau Rumberpon. Yang menjadi daya tarik dari pulau Kukusa ini adalah keindahan pulaunya yang sangat asri dan panorama ekosistem bawah lautnya yang sangat mempesona, sangat cocok dijadikan sebagai spot untuk snorkeling dan diving. Banyak wisatawan yang mengunjungi pulau ini untuk bisa mencoba diving atau snorkeling di sekitar Pulau Kukusa. Mereka ada yang datang dari luar Indonesia dan ada juga yang merupakan wisatawan lokal. Kamu bisa menikmati keindahan berbagai macam terumbu karang yang mampu menarik minat para wisatawan untuk melakukan diving atau snorkeling di sekitar Pulau Kukusa. Kamu bisa sampai ke Pulau Kukusa dengan berangkat dari Pulau Rumberpon menggunakan longboat yang sudah disediakan.

 

Pulau Nusrowi

Pulau Nusrowi

Pulau Nusrowi berlokasi di Wetitindau, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Pulau Nusrowi ini terletak di sebelah barat Pulau Rumberpon. Lokasi Pulau ini cukup berdekatan dengan Pulau Rumberpon. Pulau ini hanya memiliki luas wilayah sekitar 4 hektar. Kamu bisa menikmati pantai yang ada disekitar Pulau ini. Pantai-pantai yang ada di sekitar Pulau Nusrowi ini terbilang cukup dangkal, sehingga kamu bisa menikmati pantai dengan cukup aman.

 

Demikianlah 5 Objek wisata yang wajib dikunjungi di Teluk Wondama, Papua Barat. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu objek wisata yang ada di atas?

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *