objek wisata di Bener Meriah

Objek wisata paling populer di Bener Meriah, Aceh

Table of Contents

Aceh merupakan salah satu provinsi yang terletak di Ujung Utara Pulau Sumatera. Provinsi Aceh ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Banda Aceh. Provinsi Aceh memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Bener Meriah. Bener Meriah merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Aceh. Ibu kota Kabupaten Bener Meriah berada di Simpang Tiga Redelong. Kabupaten Bener Meriah ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Bener Meriah.

 

Objek wisata paling populer di Bener Meriah, Aceh

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Bener Meriah, Aceh. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata paling populer di Bener Meriah, Aceh.

 

Air Terjun Tansaran Bidin

 

Air Terjun Tansaran Bidin terletak di Desa Wonosari, Bandar. Kabupaten ini dikenal memiliki banyak objek wisata air terjun, dan salah satunya adalah Air Terjun Tansaran Bidin. Air Terjun ini memiliki aliran air yang deras dengan ketinggian sekitar 50 meter dan udara yang sangat segar di sekitarnya.

Untuk mencapai objek wisata ini, pengunjung harus berjalan kaki selama sekitar 20 menit melalui hutan karena Air Terjun Tansaran Bidin terletak di tengah hutan. Pengunjung disarankan membawa air, minuman, dan perlengkapan sholat karena fasilitas di objek wisata ini masih sangat minim.

Baca  Rekomendasi Destinasi wisata yang terdapat di Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah

Lokasi: Tansaran Bidin, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh.

 

Air Terjun Reje Ilang

 

Air Terjun Reje Ilang terletak di Desa Meriah Jaya, Timang Gajah. Air terjun ini menawarkan pemandangan yang masih asri dengan banyaknya pohon dan air terjun yang deras serta segar. Pengunjung diharuskan berjalan kaki sekitar 1000 meter dari desa karena objek wisata ini jauh dari pemukiman penduduk.

Fasilitas yang tersedia di objek wisata ini masih minim, sehingga disarankan untuk membawa sendiri perbekalan dan alat-alat keperluan lainnya. Harga tiket masuk mungkin berubah-ubah dalam beberapa waktu tertentu, namun tetap terjangkau bagi semua kalangan wisatawan yang berkunjung.

Lokasi: Desa Meriah Jaya, Kecamatan Gajah Putih, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh.

 

Air Terjun Bintang Musara

 

Air Terjun Bintang Musara terletak di Kecamatan Bandar, tepatnya di Bintang Musara. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang memukau, dengan air yang jernih dan segar. Untuk menuju ke air terjun ini, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 4 km dari Kampung Bintang Musara dan berjalan sekitar 25 meter lagi untuk mencapai lokasi air terjun.

Jika pengunjung kesulitan menemukan lokasi, mereka dapat bertanya pada penduduk sekitar yang dapat memandu mereka sampai ke objek wisata ini.

Lokasi: Desa Bintang Musara, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh.

 

Arung Jeram Samar Kilang

 

Arung Jeram Samar Kilang merupakan objek wisata petualangan yang terletak di Sungai Jambu Aye, Kampung Samar Kilang, Bener Meriah. Meskipun masih dalam tahap perkembangan, tempat ini cocok bagi pengunjung yang mencari tantangan ekstrem dan memacu adrenalin. Pengunjung bisa menikmati kegiatan arung jeram menyusuri sungai berbatu. Meskipun fasilitasnya masih minim, tetapi pengunjung tetap bisa merasakan sensasi seru dari arung jeram.

Baca  Tempat wisata paling populer yang terdapat di Bulungan, Kalimantan Utara

Untuk mencapai lokasi wisata ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 38 km dari Simpang Tiga Redeolong, dan memakan waktu sekitar satu jam dalam perjalanan.

 

Puncak Burni Telong

 

Puncak Burni Telong terletak di Gayo Takengon. Puncak ini memiliki ketinggian hingga 2600 mdpl, yang cukup menantang untuk pendakian. Perjalanan menuju lokasi membutuhkan usaha yang cukup melelahkan.

Di Puncak Burni Telong, pengunjung dapat melihat awan bergerak layaknya berada di atas awan. Terkadang, pengunjung berkesempatan melihat bunga Edelweis yang langka, tetapi tidak diperbolehkan untuk memetiknya.

Lokasi: Burni Telong, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh.

 

Danau Lut Kucak

 

Danau Lut Kucak merupakan salah satu wisata alam favorit yang ada di Bener Meriah. Danau ini berlokasi di sebelah Burni Telong. Nama Lut Kucak berasal dari bahasa dari Aceh yang berarti Laut Kecil. Sebelumnya danau ini pernah terabaikan dan tidak terawat, seiring berjalannya waktu, Danau Lut Kucak ini mulai berkembang kembali. Ketika mengunjungi Danau Lut Kucak ini kamu akan disuguhkan pesona panorama alam yang sangat indah dan terdapat juga perkebunan milik warga sekitar.

Lokasi: Lut Kucak, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh.

 

Tugu Radio Rimba Raya

 

Tugu Perjuangan Radio Rimba Raya adalah sebuah monumen bersejarah yang terletak di Rimba Raya, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah. Tugu ini melambangkan pentingnya stasiun radio yang dulu bernama Radio Rimba Raya, salah satu stasiun radio bersejarah di Indonesia. Meskipun saat ini stasiun radio tersebut telah ditutup dan namanya diganti menjadi Radio Republik Indonesia (RRI), Tugu Radio Rimba Raya tetap menjadi simbol penting dalam sejarah Indonesia. Tugu ini dapat menjadi objek wisata sejarah bagi pengunjung yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang perjuangan dan sejarah Indonesia pada masa lalu.

Baca  Tempat wisata yang terdapat di Tanah Datar, Sumatera Barat

 

Demikianlah Objek wisata paling populer di Bener Meriah, Aceh. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *